Situasi Filipina Selatan Memanas: MNLF Ingin Memerdekan Diri

LUAR NEGERI

ZAMBOANGA, (PRLM).- Situasi di Filipina Selatan kembali memanas setelah kelompok separatis bersenjata Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) bentrok dengan tentara Filipina di Kota Zamboanga, Filipina selatan. Insiden itu terjadi saat pemerintah dan kelompok separatis lainnya, Front Pembebasan Islam Moro (MILF), akan bersiap menandatangani perjanjian damai sebelum Presiden Benigno Aquino mundur pada 2016.

Kantor Berita Reuters, Selasa (10/9/13), yang mengutip keterangan seorang saksi mata, menyebutkan, gerilyawan MNLF membakari rumah sejumlah warga dan menguasai lima distrik di Kota Zamboanga.

Para pemberontak Moro itu juga dilaporkan sempat menyandera 30 warga dan berencana menaikkan bendera mereka di Balai Kota Zamboanga sekaligus mengumumkan kemerdekaan Zamboanga pada Selasa malam. (A-133/A-108)***

Baca Juga

Militan Islamis Kuasai Kamp Pengungsi Yarmouk

LUAR NEGERI

DAMASKUS, (PRLM).- Sebuah kelompok pemantau hak asasi manusia mengatakan militan Islamis menguasai sebagian besar kamp pengungsi Palestina yang luas di pinggiran ibukota Suriah, Damaskus.

ISIS Hancurkan Artefak Kuno di Irak

LUAR NEGERI

BAGDAD, (PRLM).- Video yang diunggah kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS mengukuhkan sejumlah laporan bahwa kelompok tersebut menghancurkan artefak-artefak kuno di Irak yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO.

Pasukan Khusus AS Meremehkan Anggota Perempuan

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Penemuan baru mengungkap bahwa para pria di pasukan-pasukan khusus militer Amerika Serikat tidak yakin bahwa perempuan dapat memenuhi tuntutan fisik dan mental untuk menjalankan tugas komando dalam pasukan khusus, dan khawatir Pentagon akan menurunkan standar untuk memasukkan

Beberapa Jam Sebelum Sidang, Senator Prancis Bunuh Diri

LUAR NEGERI

PARIS, (PRLM).- Seorang senator dari Partai Sosialis di Prancis bunuh diri, hari Selasa (7/4/2015), hanya beberapa jam sebelum diadili dalam kasus korupsi.