Situasi Filipina Selatan Memanas: MNLF Ingin Memerdekan Diri

LUAR NEGERI

ZAMBOANGA, (PRLM).- Situasi di Filipina Selatan kembali memanas setelah kelompok separatis bersenjata Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) bentrok dengan tentara Filipina di Kota Zamboanga, Filipina selatan. Insiden itu terjadi saat pemerintah dan kelompok separatis lainnya, Front Pembebasan Islam Moro (MILF), akan bersiap menandatangani perjanjian damai sebelum Presiden Benigno Aquino mundur pada 2016.

Kantor Berita Reuters, Selasa (10/9/13), yang mengutip keterangan seorang saksi mata, menyebutkan, gerilyawan MNLF membakari rumah sejumlah warga dan menguasai lima distrik di Kota Zamboanga.

Para pemberontak Moro itu juga dilaporkan sempat menyandera 30 warga dan berencana menaikkan bendera mereka di Balai Kota Zamboanga sekaligus mengumumkan kemerdekaan Zamboanga pada Selasa malam. (A-133/A-108)***

Baca Juga

ISIS Aktif di Tiga Provinsi di Afghanistan

LUAR NEGERI

KABUL, (PRLM).- Seorang pejabat Afghanistan mengatakan, kelompok ISIS kini diketahui eksis di tiga proVinsi namun pemerintah bertekad untuk mengusirnya.

Tersangka Pemenggalan di Prancis Bantah Ada Motif Agama

LUAR NEGERI

PARIS, (PRLM).- Pria yang ditahan di Perancis atas dugaan memenggal atasannya dan mencoba meledakkan sebuah pabrik, mengatakan kepada penyelidik tidak ada motif atas dasar agama di balik serangan ini, menurut sebuah sumber, Senin (29/6/2015).

Negosiasi Krisis Yunani Berlanjut

LUAR NEGERI

ATHENA, (PRLM).- Dalam konferensi darurat hari Selasa (30/6/2015) malam, ke-19 menteri keuangan zona euro membahas permintaan Yunani untuk mendapat kredit selama dua tahun. Konferensi itu berlangsung hanya beberapa jam sebelum program dana talangan negara itu kedaluwarsa Selasa tengah malam.

Pemberontak Suriah Filmkan Penembakan Milisi ISIS

LUAR NEGERI

DAMASKUS, (PRLM).- Kelompok pemberontak Islamis garis keras di Suriah mengeluarkan video yang memperlihatkan pejuangnya menembak mati milisi dari kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.