Situasi Filipina Selatan Memanas: MNLF Ingin Memerdekan Diri

LUAR NEGERI

ZAMBOANGA, (PRLM).- Situasi di Filipina Selatan kembali memanas setelah kelompok separatis bersenjata Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) bentrok dengan tentara Filipina di Kota Zamboanga, Filipina selatan. Insiden itu terjadi saat pemerintah dan kelompok separatis lainnya, Front Pembebasan Islam Moro (MILF), akan bersiap menandatangani perjanjian damai sebelum Presiden Benigno Aquino mundur pada 2016.

Kantor Berita Reuters, Selasa (10/9/13), yang mengutip keterangan seorang saksi mata, menyebutkan, gerilyawan MNLF membakari rumah sejumlah warga dan menguasai lima distrik di Kota Zamboanga.

Para pemberontak Moro itu juga dilaporkan sempat menyandera 30 warga dan berencana menaikkan bendera mereka di Balai Kota Zamboanga sekaligus mengumumkan kemerdekaan Zamboanga pada Selasa malam. (A-133/A-108)***

Baca Juga

Sejak 2011 Kelompok Ekstremis di Libia Meningkat

LUAR NEGERI

TRIPOLI, (PRLM).- Pemerintahan Libia saat ini menghadapi masa-masa yang sangat sulit karena sejak Muammar Qaddafi tumbang empat tahun lalu, jumlah kelompok ektrimis pun bertambah.

Sejumlah Wilayah Afganistan Berhasil Dikuasai Taliban

LUAR NEGERI

KABUL, (PRLM).- Pemimpin Taliban Mullah Omar yang punya satu mata tersebut - karena mata lainnya rusak - selama ini menjadi pemimpin Taliban yang sangat dekat dengan Alqaidah.

PM Cameron Tegaskan Posisi Inggris Soal Migran di Calais

LUAR NEGERI

LONDON, (PRLM).- Inggris tidak akan menjadi "tempat penampungan" bagi para migran di Calais, kata PM Inggris David Cameron, sesudah ratusan pengungsi terus berusaha menyeberang ke Inggris.

Sadis, Pemukim Yahudi Bakar Rumah, Bayi Palestina Tewas

LUAR NEGERI

TEL AVIV, (PRLM).- Seorang bayi Palestina tewas dalam aksi pembakaran yang diduga dilakukan oleh pemukim Yahudi di Tepi Barat, kata polisi Israel.