Akan TInjau Ulang Rencana PLTSa Gedebage

Ridwan Kamil Ajak Warga Kurangi Produksi Sampah

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Wali Kota Bandung terpilih Ridwan Kamil mengajak warga untuk menyelesaikan persoalan sampah dengan cara preventif terlebih dahulu. Menurut dia, apabila cara itu bisa dilakukan, rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) bisa jadi tak diperlukan.

"Saya ingin mengajak warga Kota Bandung menyelesaikan sampah dahulu tanpa PLTSa dengan mengurangi sampah, mengubah gaya hidup, mengurangi kantong plastik, memilah sampah, memperbanyak biopori. Kalau itu dilakukan siapa tahu kita mungkin tak perlu PLTSa," kata Ridwan saat ditemui dalam sebuah acara di Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI) di Jalan Wastukencana, Selasa (10/9/2013).

Dia menginginkan, upaya mengatasi persoalan sampah dilakukan dengan cara preventif atau pencegahan di lingkungan warga.

Terkait rencana pembangunan PLTSa Gedebage yang masih menunggu keputusan DPRD Kota Bandung, Ridwan menyatakan akan melakukan review dahulu.Setelah dirinya dilantik pada 16 September 2013, Ridwan akan mempelajari rencana pembangunan PLTSa dari tiga aspek, yakni lokasi, teknologi, dan bisnis.

"Apakah ada masalah atau tidak terkait dengan pemilihan lokasi. Kedua, aspek teknologi kan ada kekhawatiran mengenai dioksin dan sebagainya," ujarnya.

Tak hanya itu, Ridwan pun masih mempertimbangkan, persoalan tipping fee dalam aspek bisnis pembangunan PLTSa Gedebage. "Ada rencana pembayaran tipping fee senilai Rp 88 miliar pertahun. Jika dikali 20 tahun angkanya mendekati Rp 1,8 triliun, itu kan APBD yag diharus dipertanggungjawabkan," ucapnya. (A-201/A-88)***

Baca Juga

Dua Bulan, Sampah dari Sungai dan Saluran Terbuka Mencapai 100 Truk

BANDUNG RAYA
Dua Bulan, Sampah dari Sungai dan Saluran Terbuka Mencapai 100 Truk

BANDUNG, (PRLM).- Volume sampah yang diangkut dari 18 sungai dan saluran terbuka di Kota Bandung selama dua bulan terakhir mencapai lebih dari 100 bak truk ukuran sedang. Mayoritas merupakan sampah non-organik yang dibuang sembarangan.

Istri Punya Pacar Baru, Suami Nekat Membacok

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Rekonstruksi pembunuhan seorang ibu rumah tangga, Fitri (25), yang dibunuh suaminya, Gungun Sugara (36) digelar di Mapolres Cimahi Jln. Jend. Amir Mahmud Kota Cimahi, Senin (3/8/2015). Sedikitnya 40 reka adegan digelar dalam rekonstruksi tersebut.

Pegawai Bea Cukai Ikuti Pendidikan di Lanud Sulaiman

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Komandan Skadron Pendidikan 204 Mayor Pas Banu Kusworo membuka Pendidikan dan Latihan Tenis Umum (DTU) Kesamaptaan Semester II Tahun Anggaran 2015 Bea dan Cukai, bertempat di lapangan upacara Skadron Pendidikan (Skadik) 204 Lanud Sulaiman, Selasa(4/8/2015).

Liga Spanyol

Gareth Bale Tegaskan Bahagia di Real Madrid

BANDUNG RAYA

MADRID, (PRLM).- Gareth Bale mengungkapkan rasa bahagianya berada di Real Madrid meski musim terakhirnya di Santiago Bernabeu tak berjalan mulus.