Kemenag Luncurkan Sistem Pengamanan Bank

INFO HAJI

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Agama (Kemenag) bersama 4 bank penerima setoran (BPS) haji meluncurkan sistem pengamanan perbankan bagi jemaah haji asal Indonesia. Jemaah disarankan untuk tak membawa uang dalam jumlah banyak.

"Cukup simpan di dalam rekening. Jemaah cukup berbekal kartu debit. Jika sewaktu-waktu membutuhkan uang, tinggal ditarik tunai melalui ATM di kota-kota perhajian, yakni Mekkah, Madinah, dan Jeddah," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu, Senin (9/9/2013) malam di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Ia mengungkapkan bahwa 4 BPS yang bekerja sama dengan Kemenag itu adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, dan Bank Syariah Mandirim "Sistem ini kami luncurkan untuk mengantisipasi kehilangan uang. Soalnya, setiap tahun, ribuan jemaah kehilangan uang, terutama ketika berada di Mekkah. Ini sebagai layanan tambahan kami buat jemaah. Tidak diwajibkan, tetapi hukumnya sunnah," tuturnya.

Selain itu, kata dia, layanan ini juga diperuntukkan bagi jemaah yang belum memiliki tabungan dan kartu kredit. "Jika sudah punya, silakan kartu debit itu dipergunakan. Selagi memiliki fasilitas cirrus atau maestro, kartu itu bisa digunakan untuk menarik uang tunai di seluruh dunia, termasuk Arab Saudi. Dalam hal ini, intinya, kami meminta jemaah untuk tak membawa uang tunai dalam jumlah banyak karena itu rentan sekali. Ya, rentan terhadap tindak pidana, rentan pula terjatuh atau ketinggalan ketika jemaah sedang beribadah," ucapnya. (A-125/A-147)***

Baca Juga

Biro Perjalanan Umrah Harus Pentingkan Pelayanan

INFO HAJI

BANDUNG,(PRLM).- Salah satu faktor yang mendukung terhadap kesuksesan program umrah yakni faktor pelayanan khususnya pelayanan prima. Hal itu menjadi dambaan atau harapan bagi setiap jemaah yang akan berangkat ke tanah suci.

Pelayanan Umrah Sebelum dan Sesudah Keberangkatan

INFO HAJI

BANDUNG, (PRLM).- Faktor pelayanan dalam ibadah umrah bersifat luas karena sebelum dan setelah berangkat ibadah. Pelayanan sebelum umrah, seperti pelayanan memberikan informasi di kantor, transaksi/pendaftaran, dan bimbingan manasik.

Umrah Itu Sederhana tapi Berkesan

INFO HAJI

BANDUNG,(PRLM).- Ibadah umrah sebenarnya sederhana hanya terdiri lima rukun yaitu niat, tawaf, sai, tahallul dan tertib. Para pembimbing seperti pembimbing Qiblat tour biasanya membimbing jemaahnya untuk melaksanakan seluruh rangkaian pekerjaan itu dalam satu waktu yang berkesinambungan.

Berangkat ke Masjidilharam Dua Jam Sebelum Azan

INFO HAJI

BANDUNG,(PRLM).- Di Kota Mekkah al Mukarromah setiap jemaah umrah tentu ingin memfokuskan diri beribadah di Masjidilharam. Sebagaimana isyarat dalam QS. Albaqarah: 125, kegiatan utama di Masjidilharam adalah tawaf, salat dan itikaf.