Kemenag Luncurkan Sistem Pengamanan Bank

INFO HAJI

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Agama (Kemenag) bersama 4 bank penerima setoran (BPS) haji meluncurkan sistem pengamanan perbankan bagi jemaah haji asal Indonesia. Jemaah disarankan untuk tak membawa uang dalam jumlah banyak.

"Cukup simpan di dalam rekening. Jemaah cukup berbekal kartu debit. Jika sewaktu-waktu membutuhkan uang, tinggal ditarik tunai melalui ATM di kota-kota perhajian, yakni Mekkah, Madinah, dan Jeddah," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu, Senin (9/9/2013) malam di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Ia mengungkapkan bahwa 4 BPS yang bekerja sama dengan Kemenag itu adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, dan Bank Syariah Mandirim "Sistem ini kami luncurkan untuk mengantisipasi kehilangan uang. Soalnya, setiap tahun, ribuan jemaah kehilangan uang, terutama ketika berada di Mekkah. Ini sebagai layanan tambahan kami buat jemaah. Tidak diwajibkan, tetapi hukumnya sunnah," tuturnya.

Selain itu, kata dia, layanan ini juga diperuntukkan bagi jemaah yang belum memiliki tabungan dan kartu kredit. "Jika sudah punya, silakan kartu debit itu dipergunakan. Selagi memiliki fasilitas cirrus atau maestro, kartu itu bisa digunakan untuk menarik uang tunai di seluruh dunia, termasuk Arab Saudi. Dalam hal ini, intinya, kami meminta jemaah untuk tak membawa uang tunai dalam jumlah banyak karena itu rentan sekali. Ya, rentan terhadap tindak pidana, rentan pula terjatuh atau ketinggalan ketika jemaah sedang beribadah," ucapnya. (A-125/A-147)***

Baca Juga

Haji 1436 H

Cegah Penularan, Calhaj Kota Cimahi Jalani Vaksinasi Meningitis

INFO HAJI

CIMAHI, (PRLM).- Para calon jemaah haji (calhaj) menjalani pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi meningitis di Kota Cimahi. Pelayanan vaksinasi dilakukan di seluruh puskesmas, dilakukan untuk mencegah para calhaj terserang penyakit tersebut di Tanah Suci.

Walimah Safar Sebagai Wujud Syukuran Haji

INFO HAJI

BANDUNG, (PRLM).- Bagi dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisba, Adang Tsaury Muttaqin, setiap Muslim pasti memiliki cita-cita dan keinginan untuk dapat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Bahkan sejak kecil keinginan itu sudah ada.

Haji 1436 H

Maman Tuntut Dirjen PHU Mundur

INFO HAJI

CIREBON, (PRLM).- Anggota DPR RI Komisi VIII, Maman Imanulhaq minta Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umroh untuk mundur dari jabatannya, kalau tidak bisa menuntaskan persoalan visa puluhan jemaah calon haji yang gagal berangkat sesuai jadwal.

Haji 1436 H

Visa Haji Akan Segera Selesai

INFO HAJI

BANDUNG, (PRLM).- Pemerintah Arab Saudi mengawasi penyelesaian visa jemaah haji Indonesia maupun negara-negara lain yang terkendala akibat penerapan elektronik haji (e-hajj) mulai tahun ini.