Irfan, "DPRD juga Mengatur Kebijakan"

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) mengingatkan perencanaan dalam provinsi harus disusun oleh lembaga eksekutif dan lembaga legislatif. Hal ini disampaikannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2008-2013 di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Selasa (10/9/2013).

"Kami dari DPRD punya fungsi lain selain menjalankan fungsi pemerintah, kami juga perwakilan rakyat. Selain melakukan regulasi kami juga mengatur kebijakan. Artinya perencanaan tidak hanya milik eksekutif yang produknya berupa pergub dan RKPD tetapi juga ada produk DPRD yaitu reses, musrenbang, dan KUA dan PPAS. Ini perlu saya kupas agar jelas susunan perencanaan ini disusun oleh eksekutif dan legislatif," kata Irfan.

Dengan begitu, Irfan menegaskan DPRD merupakan cerminan masyarakat. Selama ini, dia menilai DPRD seolah dinas perwakilan rakyat. Irfan juga meyakini dalam proses perencanaan, semuanya boleh berencana namun ketukan paripurna yang akhirnya menentukan.

Irfan menilai musrenbang kali ini sangat penting di samping juga menjadi amanat undang-undang. Soalnya, musrenbang. juga dilakukan setelah Gubernur Jabar Ahmad Heryawan terpilih kembali. "Janjinya juga harus masuk dalam RPJMD. Baik tentang kesehatan, pendidikan, pertanian, dll semuanya bisa diadopsi dari janji gubernur," katanya. (A-199/A-147)***

Baca Juga

PT DAM Donasikan Buku ke Panti Asuhan

BANDUNG RAYA
MARKETING Communication PT Daya Adicipta Mustika Aris Djatmiko (kiri) memberikan donasi bantuan buku layik baca kepada perwakilan dari Panti Asuhan Muhammadiyah Bayi Sehat, di Jalan Merdeka, Kota Bandung, Minggu (17/5/2015).

BANDUNG, (PRLM).- Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional, pada Minggu (17/5/2015), PT Daya Adicipta Mustika (DAM) memberikan donasi buku layak pakai ke panti asuhan. Buku tersebut nantinya diharapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi anak-anak yatim.

Polda Keluarkan SP3 Kasus Edi Sukamto

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Polda Jabar dikabarkan sudah menghentikan penyidikan kasus dugaan penggelapan uang miliaran rupiah yang dilaporkan seniman Nyoman Nuarta dengan terlapor Edi Sukamto.

Tak Terjadi Peningkatan Kasus DB di Bandung

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Tidak terjadi peningkatan kasus demam berdarah dengue di Kota Bandung. Namun kewaspadaan diperlukan karena Bandung termasuk wilayah endemis DBD.

Yance Optimistis Akan Bebas

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kasus dugaan korupsi PLTU Sumuradem Indramayu dengan terdakwa Irianto MS. Syafiuddin kembali digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (20/5/2015).