Irfan, "DPRD juga Mengatur Kebijakan"

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) mengingatkan perencanaan dalam provinsi harus disusun oleh lembaga eksekutif dan lembaga legislatif. Hal ini disampaikannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2008-2013 di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Selasa (10/9/2013).

"Kami dari DPRD punya fungsi lain selain menjalankan fungsi pemerintah, kami juga perwakilan rakyat. Selain melakukan regulasi kami juga mengatur kebijakan. Artinya perencanaan tidak hanya milik eksekutif yang produknya berupa pergub dan RKPD tetapi juga ada produk DPRD yaitu reses, musrenbang, dan KUA dan PPAS. Ini perlu saya kupas agar jelas susunan perencanaan ini disusun oleh eksekutif dan legislatif," kata Irfan.

Dengan begitu, Irfan menegaskan DPRD merupakan cerminan masyarakat. Selama ini, dia menilai DPRD seolah dinas perwakilan rakyat. Irfan juga meyakini dalam proses perencanaan, semuanya boleh berencana namun ketukan paripurna yang akhirnya menentukan.

Irfan menilai musrenbang kali ini sangat penting di samping juga menjadi amanat undang-undang. Soalnya, musrenbang. juga dilakukan setelah Gubernur Jabar Ahmad Heryawan terpilih kembali. "Janjinya juga harus masuk dalam RPJMD. Baik tentang kesehatan, pendidikan, pertanian, dll semuanya bisa diadopsi dari janji gubernur," katanya. (A-199/A-147)***

Baca Juga

Kinerja DPRD Kab. Bandung Dipertanyakan

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).-Sejumlah pihak mempertanyakan kinerja setahun DPRD Kab. Bandung yang lebih banyak mengadakan kunjungan ke luar daerah maupun menggelar rapat di hotel. Sedangkan rapat kerja di ruangan komisi DPRD jarang diselenggarakan.

Sampah Dibiarkan Menumpuk di Cangkuang

BANDUNG RAYA
Sampah Dibiarkan Menumpuk

SOREANG, (PRLM).- Warga yang melintas di Jalan Raya Soreang-Banjaran khususnya pengendara sepeda motor, merasa terganggu dengan keberadaan tumpukan sampah di pinggir jalan tepatnya di wilayah Cangkuang Kabupaten Bandung.

Tetap Waspada Meski tak Terjadi Peningkatan Kasus Demam Berdarah

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Tidak terjadi peningkatan kasus demam berdarah di Kota Bandung. Meski demikian, perlu tetap waspada terhadap kemungkinan peningkatan kasus tersebut.

Volume Kendaraan Padat, Lalu Lintas Jadi Macet

BANDUNG RAYA
PEMANDANGAN rutin setiap pagi di Jln. Selontongn dan Jln. Sekar Manis  kawasan Buah Batu Kota Bandung, yakni kemacetan lalu lintas. Pengemudi motor dan mobil berusaha saling berebut posisi, Senin (10/08/2015).*