Lokasi Paralayang di Batu Dua, Gunung Lingga, Terbaik di Indonesia

SUMEDANG, (PRLM).- Lokasi lepas landas (take off) olah raga paralayang di Batu Dua di Gunung Lingga di Kec. Cisitu, Kab Sumedang sangat layak dan ideal dipakai event dunia paralayang. Di lokasi itu, terdapat kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata. Bahkan kondisi geografis di sekitar Gunung Lingga, terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa memengaruhi paralayang terbang lebih lama di udara.

“Kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata ini, sangat ideal untuk pertandingan paralayang di nomor cross country (lintas alam). Dengan kondisi geografis itu lah, Gunung Lingga dengan lokasi take off-nya di Batu Dua menjadi tempat diselenggarakannya event bergengsi ‘Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open’ tanggal 29 September sampai 4 Oktober nanti,” ujar Atlet Pelatnas Paralayang asal Kab. Sumedang, Aries Priabaya usai Rapat Panitia “Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open” di aula rapat Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kab. Sumedang, Senin (9/9/2013).

Menurut dia, kondisi geografis di Gunung Lingga dengan berbagai keunggulannya itu, tak kalah bersaing dengan lokasi lainnya yang dipakai kejuaraan paralayang tingkat dunia. Seperti halnya tempat kejuaran dunia paralayang tahun ini di Turki. Terlebih lokasi paralayang di Batu Dua, ditunjang dengan pemandangan alam yang elok dan eksotik.

“Tahun 2011 lalu, lokasi event paralayang di Batu Dua ini sempat dipakai Pra PON. Sebanyak 83 payung paralayang menghiasi langit Sumedang. Makanya sangat tepat lokasi Batu Dua di Gunung Lingga dengan ketinggian 950 meter dpl (di atas permukaan laut) ini, dipilih menjadi tempat digelarnya event paralayang tingkat dunia. Jadi, dari kondisi geografis sangat mendukung,” kata Aries.

Hanya saja, kata dia, kondisi infrastruktur dan sarana prasarananya yang perlu pembenahan. Seperti halnya ruas jalan ke lokasi perlu ada perbaikan. Yang terpenting juga, yakni sarana dan prasarana untuk kebersihan dan pemeliharaan lokasi lepas landas serta keselamatan dan keamanan para pilotnya. (A-67/A-88)***

Baca Juga

Syaikhu Terbuka pada Opsi Berpasangan dengan Deddy Mizwar

BEKASI, (PR).- Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu, mengisyaratkan adanya peluang dirinya maju berpasangan dengan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, sebagai kontestan Pemilihan Gubernur Jabar (Pilgub Jabar)  2018-2023.

Purwakarta Buka Lowongan Tukang Ojek Pariwisata (TOP)

PURWAKARTA, (PR).- Pemerintah Kabupaten Purwakarta membuka lowongan pekerjaan berupa rekrutmen bagi warga yang tertarik menjadi sopir ojek pariwisata. Pada tahap awal Pemkab Purwakarta menerima 30 orang.

Indonesia Kembangkan Pesawat Tanpa Awak

CIBINONG, (PR).- Pemerintah pusat mengembangkan teknologi pesawat terbang tanpa awak untuk menjaga perbatasan wilayah negara hingga memerangi terorisme.