Lokasi Paralayang di Batu Dua, Gunung Lingga, Terbaik di Indonesia

JAWA BARAT

SUMEDANG, (PRLM).- Lokasi lepas landas (take off) olah raga paralayang di Batu Dua di Gunung Lingga di Kec. Cisitu, Kab Sumedang sangat layak dan ideal dipakai event dunia paralayang. Di lokasi itu, terdapat kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata. Bahkan kondisi geografis di sekitar Gunung Lingga, terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa memengaruhi paralayang terbang lebih lama di udara.

“Kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata ini, sangat ideal untuk pertandingan paralayang di nomor cross country (lintas alam). Dengan kondisi geografis itu lah, Gunung Lingga dengan lokasi take off-nya di Batu Dua menjadi tempat diselenggarakannya event bergengsi ‘Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open’ tanggal 29 September sampai 4 Oktober nanti,” ujar Atlet Pelatnas Paralayang asal Kab. Sumedang, Aries Priabaya usai Rapat Panitia “Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open” di aula rapat Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kab. Sumedang, Senin (9/9/2013).

Menurut dia, kondisi geografis di Gunung Lingga dengan berbagai keunggulannya itu, tak kalah bersaing dengan lokasi lainnya yang dipakai kejuaraan paralayang tingkat dunia. Seperti halnya tempat kejuaran dunia paralayang tahun ini di Turki. Terlebih lokasi paralayang di Batu Dua, ditunjang dengan pemandangan alam yang elok dan eksotik.

“Tahun 2011 lalu, lokasi event paralayang di Batu Dua ini sempat dipakai Pra PON. Sebanyak 83 payung paralayang menghiasi langit Sumedang. Makanya sangat tepat lokasi Batu Dua di Gunung Lingga dengan ketinggian 950 meter dpl (di atas permukaan laut) ini, dipilih menjadi tempat digelarnya event paralayang tingkat dunia. Jadi, dari kondisi geografis sangat mendukung,” kata Aries.

Hanya saja, kata dia, kondisi infrastruktur dan sarana prasarananya yang perlu pembenahan. Seperti halnya ruas jalan ke lokasi perlu ada perbaikan. Yang terpenting juga, yakni sarana dan prasarana untuk kebersihan dan pemeliharaan lokasi lepas landas serta keselamatan dan keamanan para pilotnya. (A-67/A-88)***

Baca Juga

Korban Terseret Arus Sungai Cujurey Belum Ditemukan

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Korban yang terseret arus air Sungai Cijurey, Ruminah (49) warga RT 03/01 Desa Wado Wetan, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka hingga hari ketiga pencarian belum juga ditemukan akibat minimnya sarana untuk pencarian.

Kejagung Kembali Periksa Wakil Bupati Cirebon

JAWA BARAT

JAKARTA, (PRLM).- Tim Penyidik Kejaksaan Agung kembali memeriksa Wakil Bupati Cirebon Tasiya Soemadi Algotas terkait pengusutan perkara dugaan korupsi bantuan sosial. Gotas diperiksa sebagai saksi bagi dua tersangka lain yakni EP dan SS.

Polisi Tahan Tersangka Pengawas KUD

JAWA BARAT

SUMBER, (PRLM).-Polres Cirebon menahan seorang tersangka terkait kejadian longsornya lokasi galian C Gunung Kuda Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Selasa (28/4/2015) petang.

Tersangka SAR (43) warga blok 2 RT 4 Desa Bobos, adalah pengawas di KUD Bumi Karya.

Personel TNI Perbaiki Ruas jalan Penghubung Kecamatan

JAWA BARAT
DANDIM 0605 Subang Yani Ari Sasongko memimpin rapat koordinasi persiapan TMMD dengan para danramil se-kabupaten Subang di Aula Makodim Subang, Rabu (29/4/2015).

SUBANG, (PRLM).- Ratusan personel TNI dari berbagai kesatuan mulai perbaiki ruas jalan penghubung Kecamatan Jalancagak - Ciater yang kondisinya rusak. Sebab ruas jalan tersebut sering dijadikan alternatif pemudik maupun wisatawan pada saat libur Idul Fitri.