Lokasi Paralayang di Batu Dua, Gunung Lingga, Terbaik di Indonesia

SUMEDANG, (PRLM).- Lokasi lepas landas (take off) olah raga paralayang di Batu Dua di Gunung Lingga di Kec. Cisitu, Kab Sumedang sangat layak dan ideal dipakai event dunia paralayang. Di lokasi itu, terdapat kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata. Bahkan kondisi geografis di sekitar Gunung Lingga, terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa memengaruhi paralayang terbang lebih lama di udara.

“Kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata ini, sangat ideal untuk pertandingan paralayang di nomor cross country (lintas alam). Dengan kondisi geografis itu lah, Gunung Lingga dengan lokasi take off-nya di Batu Dua menjadi tempat diselenggarakannya event bergengsi ‘Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open’ tanggal 29 September sampai 4 Oktober nanti,” ujar Atlet Pelatnas Paralayang asal Kab. Sumedang, Aries Priabaya usai Rapat Panitia “Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open” di aula rapat Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kab. Sumedang, Senin (9/9/2013).

Menurut dia, kondisi geografis di Gunung Lingga dengan berbagai keunggulannya itu, tak kalah bersaing dengan lokasi lainnya yang dipakai kejuaraan paralayang tingkat dunia. Seperti halnya tempat kejuaran dunia paralayang tahun ini di Turki. Terlebih lokasi paralayang di Batu Dua, ditunjang dengan pemandangan alam yang elok dan eksotik.

“Tahun 2011 lalu, lokasi event paralayang di Batu Dua ini sempat dipakai Pra PON. Sebanyak 83 payung paralayang menghiasi langit Sumedang. Makanya sangat tepat lokasi Batu Dua di Gunung Lingga dengan ketinggian 950 meter dpl (di atas permukaan laut) ini, dipilih menjadi tempat digelarnya event paralayang tingkat dunia. Jadi, dari kondisi geografis sangat mendukung,” kata Aries.

Hanya saja, kata dia, kondisi infrastruktur dan sarana prasarananya yang perlu pembenahan. Seperti halnya ruas jalan ke lokasi perlu ada perbaikan. Yang terpenting juga, yakni sarana dan prasarana untuk kebersihan dan pemeliharaan lokasi lepas landas serta keselamatan dan keamanan para pilotnya. (A-67/A-88)***

Baca Juga

200 Layang-layang Meriahkan Langit Pantai Batu Namprak

PALABUHANRATU, (PR).- Festival Layang-layang turut mewarnai Ciletuh Pelabuhanratu Geopark Festival 2016, Sabtu dan Minggu, 27-28 Agustus 2016 di Pantai Batu Namprak, Ujung Genteng, Kec. Ciracap Kab. Sukabumi. Sebanyak 200 layang-layang diterbangkan peserta dari enam negara.

Irigasi Jebol, Sawah Terancam Kekurangan Air

CIAMIS,(PR).- Tidak mampu menahan derasanya aliran air , paska turun hujan lebat, saluran irigasi Cikumuntir, Lingkungan Bolenglang, Kertasari, Ciamis jebol. kejadian itu mengakibatkan puluhan hekatre persawahan dan tidak kurang dari seratus kolam ikan terancam kekurangan air.

Warga Cimerak Serahkan Buaya Muara ke BKSDA

PARIGI, (PR).- Seekor buaya muara ditemukan oleh warga di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Buaya tersebut berhasil diamankan oleh warga. Kini hewan yang tergolong dilindungi tersebut berada di Cagar Alam Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangandaran.