Lokasi Paralayang di Batu Dua, Gunung Lingga, Terbaik di Indonesia

SUMEDANG, (PRLM).- Lokasi lepas landas (take off) olah raga paralayang di Batu Dua di Gunung Lingga di Kec. Cisitu, Kab Sumedang sangat layak dan ideal dipakai event dunia paralayang. Di lokasi itu, terdapat kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata. Bahkan kondisi geografis di sekitar Gunung Lingga, terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa memengaruhi paralayang terbang lebih lama di udara.

“Kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata ini, sangat ideal untuk pertandingan paralayang di nomor cross country (lintas alam). Dengan kondisi geografis itu lah, Gunung Lingga dengan lokasi take off-nya di Batu Dua menjadi tempat diselenggarakannya event bergengsi ‘Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open’ tanggal 29 September sampai 4 Oktober nanti,” ujar Atlet Pelatnas Paralayang asal Kab. Sumedang, Aries Priabaya usai Rapat Panitia “Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open” di aula rapat Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kab. Sumedang, Senin (9/9/2013).

Menurut dia, kondisi geografis di Gunung Lingga dengan berbagai keunggulannya itu, tak kalah bersaing dengan lokasi lainnya yang dipakai kejuaraan paralayang tingkat dunia. Seperti halnya tempat kejuaran dunia paralayang tahun ini di Turki. Terlebih lokasi paralayang di Batu Dua, ditunjang dengan pemandangan alam yang elok dan eksotik.

“Tahun 2011 lalu, lokasi event paralayang di Batu Dua ini sempat dipakai Pra PON. Sebanyak 83 payung paralayang menghiasi langit Sumedang. Makanya sangat tepat lokasi Batu Dua di Gunung Lingga dengan ketinggian 950 meter dpl (di atas permukaan laut) ini, dipilih menjadi tempat digelarnya event paralayang tingkat dunia. Jadi, dari kondisi geografis sangat mendukung,” kata Aries.

Hanya saja, kata dia, kondisi infrastruktur dan sarana prasarananya yang perlu pembenahan. Seperti halnya ruas jalan ke lokasi perlu ada perbaikan. Yang terpenting juga, yakni sarana dan prasarana untuk kebersihan dan pemeliharaan lokasi lepas landas serta keselamatan dan keamanan para pilotnya. (A-67/A-88)***

Baca Juga

SALAH satu ruas jalan di Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat yang rusak akibat terlalu sering tergenang banjir cileuncang, Rabu (26/2). Dinas Bina Marga dan Pengairan Karawang mencatat sedikitnya ada 2000 titik jalan yang rusak akibat banjir.*

Rp 3 Triliun untuk Atasi Cileuncang Karawang

KARAWANG, (PR).- Pemerintah Kabupaten Karawang telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk menormalisasi saluran air (drainase) di wilayah perkotaan. Pasalnya, saluran air yang tersumbat, menjadi salah satu penyebab terendamnya pemukiman warga dan perkantoran.

Warga Bogor Antusias Sambut Raja Salman

BOGOR, (PR).- Sejumlah persiapan kini terlihat di Istana Bogor untuk menyambut kedatangan Raja Salman, Rabu 1 Maret 2017. Sejumlah pelajar juga tampak melakukan persiapan-persiapan untuk menyambut kedatangan Raja Salman.

Sopir Angkutan Kota Protes Uji Coba Jalan Satu Arah

KUNINGAN, (PR).- Tak kurang dari 100 orang awak mobil angkutan kota trayek 04 jurusan Cirendang-Kota-Pramuka dan trayek 10 jurusan Kertawangunan-Kota-Pramuka di Kabupaten Kuningan, mendatangi kantor Dinas Perhubungan setempat, Rabu 1 Maret 2017.