Lokasi Paralayang di Batu Dua, Gunung Lingga, Terbaik di Indonesia

JAWA BARAT

SUMEDANG, (PRLM).- Lokasi lepas landas (take off) olah raga paralayang di Batu Dua di Gunung Lingga di Kec. Cisitu, Kab Sumedang sangat layak dan ideal dipakai event dunia paralayang. Di lokasi itu, terdapat kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata. Bahkan kondisi geografis di sekitar Gunung Lingga, terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa memengaruhi paralayang terbang lebih lama di udara.

“Kombinasi antara pegunungan dengan dataran luas yang rata ini, sangat ideal untuk pertandingan paralayang di nomor cross country (lintas alam). Dengan kondisi geografis itu lah, Gunung Lingga dengan lokasi take off-nya di Batu Dua menjadi tempat diselenggarakannya event bergengsi ‘Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open’ tanggal 29 September sampai 4 Oktober nanti,” ujar Atlet Pelatnas Paralayang asal Kab. Sumedang, Aries Priabaya usai Rapat Panitia “Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open” di aula rapat Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kab. Sumedang, Senin (9/9/2013).

Menurut dia, kondisi geografis di Gunung Lingga dengan berbagai keunggulannya itu, tak kalah bersaing dengan lokasi lainnya yang dipakai kejuaraan paralayang tingkat dunia. Seperti halnya tempat kejuaran dunia paralayang tahun ini di Turki. Terlebih lokasi paralayang di Batu Dua, ditunjang dengan pemandangan alam yang elok dan eksotik.

“Tahun 2011 lalu, lokasi event paralayang di Batu Dua ini sempat dipakai Pra PON. Sebanyak 83 payung paralayang menghiasi langit Sumedang. Makanya sangat tepat lokasi Batu Dua di Gunung Lingga dengan ketinggian 950 meter dpl (di atas permukaan laut) ini, dipilih menjadi tempat digelarnya event paralayang tingkat dunia. Jadi, dari kondisi geografis sangat mendukung,” kata Aries.

Hanya saja, kata dia, kondisi infrastruktur dan sarana prasarananya yang perlu pembenahan. Seperti halnya ruas jalan ke lokasi perlu ada perbaikan. Yang terpenting juga, yakni sarana dan prasarana untuk kebersihan dan pemeliharaan lokasi lepas landas serta keselamatan dan keamanan para pilotnya. (A-67/A-88)***

Baca Juga

Aksi Demo di Ruas Jalan Tol Terus Berlanjut

JAWA BARAT
KAPOLRES Majalengka Ajun Komisaris Besar Polisi Yudhi Sulistianto Wahid dan Dandim 0617 Majalengka let Kol Inf Priandy Budi Purnawan menemui masa pendemo dari Bongas Kulon, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka  menjanjikan untuk mempasilitasi agar p

MAJALENGKA, (PRLM).- Aksi demo di ruas jalan tol Cikampek-Palimanan-Kertajati oleh tiga warga, yakni Desa Bongas Kulon, Kecamatan Sumberjaya, serta Desa Jatisura dan Jatiwangi Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka terus berlanjut dengan tuntutan yang berbeda.

Pembangunan Rest Area Mengecewakan Bupati Majalengka

JAWA BARAT
SALAH satu rest area yang ada di ruas jalan Tol Cikampek-Palimanan-Kertajati yang ada di wilayah Majalengka. Bupati Majalengka kecewa dengan tidak dilibatkannya pengusaha Majalengka dalam pembangunan  atau kepemilikan rest area di Tol Cikampek-Palimanan-K

MAJALENGKA, (PRLM).- Bupati Majalengka, Sutrisno mengaku kecewa terkait pembangunan rest area jalan tol Cikampek-Palimanan-Kertajati di wilayah Kabupaten Majalengka tidak melibatkan pengusaha asal Majalengka.

Pemohon Paspor di Kota Tasikmalaya Terpaksa Bikin di Bandung

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Salah seorang warga Kota Tasikmalaya calon pembuat paspor, Azka (35) mengeluhkan adanya kerusakan perangkat server pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya yang rusak. Masalanya ia terpaksa harus pergi ke Kota Bandung agar bisa mendapatkan paspor.

Tiga Pekerja Tewas Tersengat Listrik

JAWA BARAT

CIREBON, (PRLM).-Tiga pekerja tewas seketika, diduga akibat tersengat aliran listrik saat tengah memasang tiang telefon di Jalan Brigjen Dharsono Kota Cirebon, tepatnya di depan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) tepat Jumat (5/6/2015) tengah malam.