Pilkada Garut

Persaingan Ketat, Pilkada Garut Berpotensi Dua Putaran

POLITIK

GARUT, (PRLM).-Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Garut kemungkinan besar berlangsung dua putaran. Dari penghitungan cepat sementara, belum ada pasangan calon yang memonopoli dominasi raihan suara.

"Pilkada Garut akan berlangsung 2 putaran apabila tidak ada calon yang mencapai 30 persen suara. Jadi nantinya diambil dua pasangan dengan jumlah suara terbanyak untuk bersaing pada putaran kedua. Tapi kita lihat saja, belum semua suara masuk," ujar Anggota KPUD Garut Abdal di Kantor KPUD Garut, Jalan Suherman, Minggu (8/9/2013).

Berdasarkan penghitungan cepat KPUD Garut pukul 17.00 WIB kemarin, pasangan no 8 Rudy Gunawan dan Helmi Budiman untuk sementara memang unggul . Namun, perolehan suara pasangan ini ditempel ketat dengan petahana Agus Hamdani-Abdusy Syakur Amin.

Berdasarkan data penghitungan cepat KPUD Garut, dari sekitar 567.804 suara sah yang masuk Rudy-Helmi yang diusung PKS, PBB, Gerindra meraih 138.027 suara atau meraih 24,31 persen . Adapun DPT Garut mencapai 1,76 juta pemilih.

Perolehan suara pasangan Rudy-Helmi ditempel ketat pasangan nomor 5 Agus-Syakur (PPP-PKB) yang meraih 129.801 atau 22,86 persen suara. Sementara itu, pasangan no 4 Memo Hermawan-Ade Ginanjar (PDIP-Golkar) meraih 101.829 atau 17,93 persen. (A-168/A-89)***

Baca Juga

Kewibawaan Bupati Hilang, Ditariknya Kewenangan Pemkab ke Propinsi

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) akan lakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) agar merevisi UU No 23 Tahun 2014 tentang Pokok-pokok Pemerintahan Daerah.

Pilkada Serentak 2015

Rekomendasi Palsu di Pilkada Cederai Demokrasi

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Beredarnya dugaan surat rekomendasi palsu yang diberikan sejumlah partai politik kepada bakal pasangan calon kepala daerah yang akan maju pada pilkada serentak di Tanah Air sangat memprihatinkan.

Lumbung Kosong tak Ada Dalam Demokrasi

POLITIK

JAKARTA,(PRLM).- DPR RI menegaskan tak ada dalam demokrasi dan Pilkada itu melawan lumbung kosong, sehingga calon tunggal jika sampai pada batas perpanjangan pendaftaran juga tetap tunggal, maka sebaiknya Pilkada itu harus ditunda sampai 6 bulan ke depan atau tetap sampai 2017.

Ada Mobilisasi, Bawaslu Awasi Khusus Petahana di 12 Kab/Kota

POLITIK

SEMARANG, (PRLM).- Sebanyak 12 kabupaten/kota dari 21 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak dalam pengawasan khusus Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah. Majunya para petahana berpotensi "memainkan" PNS, birokrasi, dan anggaran daerah agar bisa menang Pilkada.