Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis Sampaikan Visi-Misi

POLITIK

CIAMIS, (PRLM).-Mengawali masa kampanye, para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis menyampaikan visi, misi, dan program kerjanya untuk lima tahun ke depan. Pemaparan visi dan misi tersebut disampaikan dalam sidang paripurna istimewa di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis, Kamis (5/9/2013).

Pimpinan sidang yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Asep Roni, memberikan kesempatan selama 15 menit kepada para pasangan calon untuk menjelaskan visi, misi, dan program kerja mereka.

Meski sidang paripurna berlangsung aman dan lancar, Asep Roni beberapa kali mengingatkan agar para pendukung tidak gaduh saat para pasangan calon menyampaikan visi-misinya. Hal itu dilakukan untuk menciptakan suasana khidmat saat sidang berlangsung. Namun, nampaknya imbauan pimpinan sidang tersebut sesekali tidak dihiraukan para pendukung dari masing-masing pasangan calon.

“Diharapkan para pendukung dari masing-masing calon untuk tidak bertepuk tangan saat pasangan calon menyampaikan visi dan misinya. Kita mengharapkan sidang ini berjalan kondusif,” ungkap Asep.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim mengatakan, penyampaian visi misi ini merupakan awal dimulainya kampanye para pasangan calon hingga 18 September mendatang.

Dijelaskan Kikim, para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis yang sudah disahkan KPUD Kabupaten Ciamis secara berurutan yaitu, pasangan Iing Syam Arifin-Jeje Wiradinata (Sajiwa) yang diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan, dan PPP.

Kemudian pasangan calon Bagus Arief Wiwaha-Akasah (Berkah) yang diusung Partai Demokrat, pasangan calon Budi Kurnia-Mita Permatasari (Bumi) diusung PAN, PBB, PKB, PKS, Hanura, dan Gerindra. Selanjutnya pasangan calon Heddy Suhendra-Yedi, dari jalur independen atau perseorangan.

Dalam visi-misinya, pasangan calon Iing Syam Arifien dan Jeje Wiradinata (Sajiwa) bertekad mewujudkan visi Ciamis maju berkualitas menuju kemandirian tahun 2019.

Di antaranya dengan meningkatkan kualitas SDM, mewujudkan birokrasi dan aparatur yang efektif dan efisien, menguatkan kemitraan pemerintah dunia usaha dan masayarakat.

Lebih jauh, pasangan calon ini lebih terfokus pada pembangunan desa, penguatan infrastruktur, ekonomi desa, kesejahteraan aparatur desa, dan program pengaspalan jalan desa dalam dua tahun pertama.

Pasangan calon Bagus Arief Wiwaha dan H. Akasah (Berkah) memiliki visi terwujudnya masyarakat Kabupaten Ciamis yang sejahtera, mandiri, dan berprestasi melalui tata kelola sumber daya strategis yang berdaya saing berlandaskan iman dan taqwa. Di antaranya, dengan menjadikan Kabupaten Ciamis sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat.

Kemudian, paparan visi dan misi dari pasangan calon Budi Kurnia dan Mita Permatasari (Bumi), menyandang visi terwujudnya Kabupaten Ciamis bersih, rancage, dan unggul. Di antaranya dengan meningakatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan dalam berbangsa, bernegara, dan bermasayarakat.

Pasangan calon ini pun berjanji mewujudkan pemerintahan yang baik dan peningkatan sumber daya manusia yang profesional, serta menggairahkan perekonomian melalui optimalisasi pengembangan sumber daya alam berwawasan lingkungan dengan tidak meninggalkan kearifan lokal berbudaya.

Dilanjutkan dengan penyampaian visi dan misi dari pasangan calon Heddy Suhendra dan Yedi (Heded), mengambil visi mewujudkan masyarakat Kabupaten Ciamis yang sejahtera dan mandiri melalui optimalisasi SDM yang berdaya saing berlandaskan iman dan taqwa.

Di antaranya dengan menciptakan pemerintahan yang baik, profesional, berwibawa, berintegrasi tinggi, dan bersih korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Dalam jalannya sidang, para pasangan calon disambut dengan antusiasme para pendukungnya. Sebelum para pasangan calon ini menyampaikan visi dan misinya, para pendukung diperbolehkan pimpinan sidang untuk menyerukan yel-yel dari masing-masing pasangan calon.

Setelah sidang istimewa itu selesai, kemudian para pasangan calon pun beralih ke Alun-alun Ciamis untuk penandatanganan deklarasi kampanye damai. Setelah itu, para pasangan calon pun diarak berkeliling jalan utama Kabupaten Ciamis untuk menyapa para warga. (A-198/A-89)***

Baca Juga

Kabinet Harus Lebih Komunikatif

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Pengamat politik dari Populi Center, Nico Harjanto mengatakan, perombakan susunan kabinet yang banyak diusulkan berbagai kalangan bisa saja dilakukan, namun juga perbaikan kinerja pemerintah tetap dapat dilakukan tanpa harus merombak kabinet.

DPR dan KPU Sepakat, Temuan BPK Dibawa Ke Penegak Hukum

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-Perkembangan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap pelaksanaan anggaran Pemilu 2014 yang telah ditindaklanjuti oleh KPU ke KPUD, dimana terdapat indikasi kerugian negara Rp 334 miliar itu, KPU berani melaporkan pihak internalnya jika terbukti menyelewengkan uang Pem

Teten: Soal Reshuffle Kabinet, Sinyal Presiden Sudah Cukup Jelas

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, mengemukakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berulang kali memberikan sinyal yang jelas terhadap kemungkinan dilakukannya perombakan atau reshuffle Kabinet Kerja.

DPR: Mengecewakan! MK Langgengkan Dinasti Politik

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Reza Patria menegaskan kekecewaannya terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang kembali melanggengkan dinasti politik.