Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis Sampaikan Visi-Misi

POLITIK

CIAMIS, (PRLM).-Mengawali masa kampanye, para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis menyampaikan visi, misi, dan program kerjanya untuk lima tahun ke depan. Pemaparan visi dan misi tersebut disampaikan dalam sidang paripurna istimewa di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis, Kamis (5/9/2013).

Pimpinan sidang yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Asep Roni, memberikan kesempatan selama 15 menit kepada para pasangan calon untuk menjelaskan visi, misi, dan program kerja mereka.

Meski sidang paripurna berlangsung aman dan lancar, Asep Roni beberapa kali mengingatkan agar para pendukung tidak gaduh saat para pasangan calon menyampaikan visi-misinya. Hal itu dilakukan untuk menciptakan suasana khidmat saat sidang berlangsung. Namun, nampaknya imbauan pimpinan sidang tersebut sesekali tidak dihiraukan para pendukung dari masing-masing pasangan calon.

“Diharapkan para pendukung dari masing-masing calon untuk tidak bertepuk tangan saat pasangan calon menyampaikan visi dan misinya. Kita mengharapkan sidang ini berjalan kondusif,” ungkap Asep.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim mengatakan, penyampaian visi misi ini merupakan awal dimulainya kampanye para pasangan calon hingga 18 September mendatang.

Dijelaskan Kikim, para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis yang sudah disahkan KPUD Kabupaten Ciamis secara berurutan yaitu, pasangan Iing Syam Arifin-Jeje Wiradinata (Sajiwa) yang diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan, dan PPP.

Kemudian pasangan calon Bagus Arief Wiwaha-Akasah (Berkah) yang diusung Partai Demokrat, pasangan calon Budi Kurnia-Mita Permatasari (Bumi) diusung PAN, PBB, PKB, PKS, Hanura, dan Gerindra. Selanjutnya pasangan calon Heddy Suhendra-Yedi, dari jalur independen atau perseorangan.

Dalam visi-misinya, pasangan calon Iing Syam Arifien dan Jeje Wiradinata (Sajiwa) bertekad mewujudkan visi Ciamis maju berkualitas menuju kemandirian tahun 2019.

Di antaranya dengan meningkatkan kualitas SDM, mewujudkan birokrasi dan aparatur yang efektif dan efisien, menguatkan kemitraan pemerintah dunia usaha dan masayarakat.

Lebih jauh, pasangan calon ini lebih terfokus pada pembangunan desa, penguatan infrastruktur, ekonomi desa, kesejahteraan aparatur desa, dan program pengaspalan jalan desa dalam dua tahun pertama.

Pasangan calon Bagus Arief Wiwaha dan H. Akasah (Berkah) memiliki visi terwujudnya masyarakat Kabupaten Ciamis yang sejahtera, mandiri, dan berprestasi melalui tata kelola sumber daya strategis yang berdaya saing berlandaskan iman dan taqwa. Di antaranya, dengan menjadikan Kabupaten Ciamis sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat.

Kemudian, paparan visi dan misi dari pasangan calon Budi Kurnia dan Mita Permatasari (Bumi), menyandang visi terwujudnya Kabupaten Ciamis bersih, rancage, dan unggul. Di antaranya dengan meningakatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan dalam berbangsa, bernegara, dan bermasayarakat.

Pasangan calon ini pun berjanji mewujudkan pemerintahan yang baik dan peningkatan sumber daya manusia yang profesional, serta menggairahkan perekonomian melalui optimalisasi pengembangan sumber daya alam berwawasan lingkungan dengan tidak meninggalkan kearifan lokal berbudaya.

Dilanjutkan dengan penyampaian visi dan misi dari pasangan calon Heddy Suhendra dan Yedi (Heded), mengambil visi mewujudkan masyarakat Kabupaten Ciamis yang sejahtera dan mandiri melalui optimalisasi SDM yang berdaya saing berlandaskan iman dan taqwa.

Di antaranya dengan menciptakan pemerintahan yang baik, profesional, berwibawa, berintegrasi tinggi, dan bersih korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Dalam jalannya sidang, para pasangan calon disambut dengan antusiasme para pendukungnya. Sebelum para pasangan calon ini menyampaikan visi dan misinya, para pendukung diperbolehkan pimpinan sidang untuk menyerukan yel-yel dari masing-masing pasangan calon.

Setelah sidang istimewa itu selesai, kemudian para pasangan calon pun beralih ke Alun-alun Ciamis untuk penandatanganan deklarasi kampanye damai. Setelah itu, para pasangan calon pun diarak berkeliling jalan utama Kabupaten Ciamis untuk menyapa para warga. (A-198/A-89)***

Baca Juga

Akbar Tanjung Anggap Kasus Yance Bermuatan Politis

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Politisi senior Partai Golkar Akbar Tanjung, menyatakan kasus PLTU Sumuradem yang menyeret Irianto MS Syafiudin (Yance) bermuatan politis. Pasalnya sejauh ini tidak ada bukti yang bisa dijadikan dasar bahwa Yance melakukan tindakan korupsi.

Effendi Simbolon Merasa Perlu Ajukan Hak Angket BBM

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi I FPDIP DPR Effendi MS Simbolon menilai selama setengah tahun memerintah ini sudah banyak pelanggaran konstitusi yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi-JK khususnya terhadap kenaikan harga BBM yang diserahkan ke mekanisme pasar.

Kisruh Golkar

Kubu Agung tak Berwenang Putuskan Pencalonan Pilkada

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Menindaklanjuti putusan sela Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta untuk Partai Golkar, Kuasa Hukum kubu Aburizal Bakrie menegaskan DPP Golkar hasil Munas Pekanbaru yang berwenang mencalonkan.

Mobil Dinas

Dadang Rusdiana, "‎Anggota DPRD Boleh Gunakan Mobil Negara, DPR Tidak"

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-‎ ‎Sejumlah elemen masyarakat meminta Pemerintah membatalkan pemberian subsidi uang muka pembelian mobil pribadi untuk pejabat negara termasuk DPR. Menanggapi hal itu, Anggota DPR Dadang Rusdiana menilai kebijakan Pemerintah bukan hal yang berlebihan.