Kecewa Hutan Gundul, Penghargaan Kalpataru Dikembalikan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Penghargaan kepada pejuang lingkungan (Kalpataru) oleh pemerintah, kadang tidak dibarengi kebijakan pemerintah untuk melindungi lingkungan. Akhirnya makna Kalpataru menjadi sekadar aktivitas birokrasi.

“Hal itu terjadi dalam pengelolaan lingkungan Danau Toba di Sumatra Utara, justru kebijakan pemerintah merusak Danau Toba. Maka kami mendukung pengembalian dua Kalpataru,” ungkap Sabar Mangadu, Ketua DPP Barisan Relawan Jokowi Presiden (Relawan Jokowi) di Jakarta, Senin (2/9/2013).

Dua Kalpataru yang akan dikembalikan secara simbolik di Tugu Monas Selasa (3/9/2013) besok, adalah yang diterima Marandus Sirait (Kabupaten Toba Samosir) dan Hasoloan Manik (Kabupaten Dairi). Wilmar Simanjorang (Samosir), dalam kesempatan yang sama juga akan mengembalikan penghargaan.

“Kami mengimbau masyarakat pecinta lingkungan turut mendukung pengembalian Kalpataru di Tugu Monas. Kalau kebijakan tidak sesuai dengan motif penghargaan, maka penghargaan itu ditiadakan saja,” kata Sabar.

Isu utama perusakan lingkungan Danau Toba adalah penggundulan hutan di daerah aliran sungai (DAS). Bukannya menggalakkan reboisasi, pemerintah malah memberi ijin penebangan hutan alam, seperti yang terjadi di daerah Tele.

Kemudian penyedotan air oleh Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan, yang hanya peduli pada besar tenaga listrik yang dibutuhkan untuk peleburan aluminium, namun tidak peduli pada tinggi permukaan air Danau Toba.

“Kondisi alamiah Danau Toba adalah 904 sampai 906 di atas permukaan laut (mean sea level). Kini permukaan turun naik tak terkendali, karena air yang disedot (intake) PLTA tak peduli pada tinggi permukaan,” tutur Sabar. (A-147)***

Baca Juga

Nuzulul Quran, Meraih Kedaulatan RI Dengan Taqwa

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Bangsa Indonesia hingga pada hari ini terus dihantui keterpurukan ekonomi akibat anjloknya nilai rupiah. Jika dipandang dar kaca mata keagamaan, seharusnya hal ini tidak menjadi persoalan jika para pemimpin tahu resepnya dan bagaimana menghadapinya.

Ramadan 1436 H

Jokowi Berbuka Puasa Bersama Wartawan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Presiden Joko Widodo melangsungkan acara buka puasa bersama dengan para wartawan yang bertugas di lingkungan Istana Presiden, pada Senin (6/7/2015) sore.

Sutiyoso Lanjutkan Kerja Marciano

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Sutiyoso yang baru dilantik hari ini berencana akan melanjutkan program dan pekerjaan yang didah dilakukan mantan Kepala BIN Marciano Norman.

Kemenag Terima Asset POB Cibeas Sukabumi dari PT PLN

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Agama menerima penyerahan asset lahan dan bangunan Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas Sukabumi dari PT PLN (Persero), Kamis (9/7/15).