Meriahkan Lomba 17-an di Kedunghalang

Wakil Wali Kota Bogor Main Adu Bunga Bayam

JAWA BARAT

BOGOR, (PRLM) - Perlombaan menyambut Hari Kemerdekaan RI di Graha Indah RT 02/08 Kelurahan Kedunghalang Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor dimeriahkan Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru'yat yang ikut berperan serta dalam perlombaan, Jumat (16/8/2013).

Ru'yat nampak bersemangat ikut bermain adu bunga bayam dengan anak-anak usia di bawah 10 tahun. Menurut dia, permainan ini merupakan permainannya waktu masih kecil dan saat ini jarang sekali dilakukan anak-anak.

"Dulu waktu kecil saya sering main ginian. Sekarang jarang lihat ada yang main ginian. Jadi kayak kembali ke masa kecil," ujar Ru'yat.

Tidak hanya itu, Ru'yat pun ikut balap makan kerupuk bersama anak-anak dan berbagi tips agar menang lomba makan kerupuk. Ru'yat juga mengapresiasi upaya pemuda untuk membangkitkan kembali permainan tradisional. "Perlu kita apresiasi karena itu artinya anak-anak muda tidak lupa pada hal-hal tradisional yang sebenarnya banyak filosofinya," ujar Ru'yat.

Adu bunga bayam merupakan permainan masa lampau yang saat ini sudah hampir tidak ada yang memainkan lagi. Permainan ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita, yakni bunga bayam yang bentuknya seperti jengger ayam, kayu, paku, benang, dan keramik bekas untuk menggesek paku agar benang yang terpasang di paku bergetar. Ketika benang bergetar, bunga bayam di atas benang akan bergerak sendiri seperti layaknya mobil-mobilan.

Bunga bayam yang bisa bertahan lama di atas benang lah yang menjadi pemenangnya. Ketua Panitia Perlombaan, Didin mengatakan sengaja menggelar adu bunga bayam untuk membangkitkan permainan anak-anak masa lampau. "Kami ingin anak-anak tetap ingat dan kenal permainan zaman dulu meski sekarang banyak permainan modern. Padahal, permainan zaman dulu tidak kalah seru dengan permainan zaman sekarang," ujar Didin. (A-155/A-88)***

Baca Juga

Sedikitnya 150 Hektar Sawah Terancam tidak Mendapat Pasokan Air

JAWA BARAT
NURHANDOKO WIYOSO/PRLM

BANJAR,(PRLM).-Sedikitnya 150 hektare persawahan di wilayah Kecamatan Purwaharja dan sekitarnya, Kota Banjar terencam tidak mendapat pasokan air.

Hal itu berkenaan dengan ambrolnya tembok saluran irigasi, menyusul longsornya tanggul Sungai Cijolang.

Aksi Prihatin Ketakjelasan Yayasan

Mahasiswa Stikes BP Buat Kuburan Depan Kampus

JAWA BARAT
NURHANDOKO WIYOSO/PRLM

BANJAR, (PRLM).- Tidak kurang 100 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Putera Kota Banjar menggelar aksi keprihatinan atas minimnya fasilitas dan ketidakjelasan yayasan yang menaungi institusi tersebut.

Kejari Cianjur Akan Cekal H.M

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur akan bertindak tegas terhadap H.M Anggota DPRD Cianjur yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi bantuan keuangan Desa Peradaban, setelah dua kali mangkir dari panggilan Kejari.

Taman Skateboard Kota Bogor Akan Diluncurkan Minggu

JAWA BARAT
KISMI DWI ASTUTI/PRLM

BOGOR, (PRLM).- Pemerintah Kota Bogor akan meluncurkan taman skateboard pertama di Kota Bogor yang berada di Lapangan Sempur Bogor Tengah Kota Bogor, Minggu (29/3/2015).