Wakil Wali Kota Bogor Main Adu Bunga Bayam

BOGOR, (PRLM) - Perlombaan menyambut Hari Kemerdekaan RI di Graha Indah RT 02/08 Kelurahan Kedunghalang Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor dimeriahkan Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru'yat yang ikut berperan serta dalam perlombaan, Jumat (16/8/2013).

Ru'yat nampak bersemangat ikut bermain adu bunga bayam dengan anak-anak usia di bawah 10 tahun. Menurut dia, permainan ini merupakan permainannya waktu masih kecil dan saat ini jarang sekali dilakukan anak-anak.

"Dulu waktu kecil saya sering main ginian. Sekarang jarang lihat ada yang main ginian. Jadi kayak kembali ke masa kecil," ujar Ru'yat.

Tidak hanya itu, Ru'yat pun ikut balap makan kerupuk bersama anak-anak dan berbagi tips agar menang lomba makan kerupuk. Ru'yat juga mengapresiasi upaya pemuda untuk membangkitkan kembali permainan tradisional. "Perlu kita apresiasi karena itu artinya anak-anak muda tidak lupa pada hal-hal tradisional yang sebenarnya banyak filosofinya," ujar Ru'yat.

Adu bunga bayam merupakan permainan masa lampau yang saat ini sudah hampir tidak ada yang memainkan lagi. Permainan ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita, yakni bunga bayam yang bentuknya seperti jengger ayam, kayu, paku, benang, dan keramik bekas untuk menggesek paku agar benang yang terpasang di paku bergetar. Ketika benang bergetar, bunga bayam di atas benang akan bergerak sendiri seperti layaknya mobil-mobilan.

Bunga bayam yang bisa bertahan lama di atas benang lah yang menjadi pemenangnya. Ketua Panitia Perlombaan, Didin mengatakan sengaja menggelar adu bunga bayam untuk membangkitkan permainan anak-anak masa lampau. "Kami ingin anak-anak tetap ingat dan kenal permainan zaman dulu meski sekarang banyak permainan modern. Padahal, permainan zaman dulu tidak kalah seru dengan permainan zaman sekarang," ujar Didin. (A-155/A-88)***

Baca Juga

SEJUMLAH pegawai negeri sipil (PNS) mengucap ulang saat pengambilan sumpah oleh Bupati Bandung Dadang Naser di Bale Sawala, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Senin (9/3/2015). Sebanyak 49 PNS diangkat dari kategori I terdiri dari

BKD Indramayu Pastikan tak Ada PNS Fiktif

INDRAMAYU, (PR).-Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Indramayu sempat mengalami kesalahan teknis dalam pengiriman data Pegawai Negeri Sipil daerahnya ke pusat. Namun, Sekretaris BKD, Ahmad Syadali memastikan tak ada PNS yang fiktif di daerahnya.

PHK Ratusan Karyawan, PT IMC Tekno Dipanggil Dewan

PURWAKARTA, (PR).- Komisi D DPRD Kabupaten Purwakarta akan memanggil manajemen PT IMC Tekno terkait masalah pemutusan hubungan kerja yang menimpa sekitar ratusan pegawainya. Di samping itu, akan dibahas juga masalah belum terakomodirnya para buruh dalam berserikat di lingkungan perusahaan.

pasars enggol, bekasi, summarecon mall,

Wisata Kuliner di Pasar Senggol Bekasi

KEDATANGAN Alfiana (19) ke Pasar Senggol, Minggu 8 Mei 2016, merupakan kali ketiga ia berkunjung ke gelaran rutin Summarecon Mal Bekasi yang tahun ini mengusung tema "Jelajahi Kuliner Asia".