Wakil Wali Kota Bogor Main Adu Bunga Bayam

BOGOR, (PRLM) - Perlombaan menyambut Hari Kemerdekaan RI di Graha Indah RT 02/08 Kelurahan Kedunghalang Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor dimeriahkan Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru'yat yang ikut berperan serta dalam perlombaan, Jumat (16/8/2013).

Ru'yat nampak bersemangat ikut bermain adu bunga bayam dengan anak-anak usia di bawah 10 tahun. Menurut dia, permainan ini merupakan permainannya waktu masih kecil dan saat ini jarang sekali dilakukan anak-anak.

"Dulu waktu kecil saya sering main ginian. Sekarang jarang lihat ada yang main ginian. Jadi kayak kembali ke masa kecil," ujar Ru'yat.

Tidak hanya itu, Ru'yat pun ikut balap makan kerupuk bersama anak-anak dan berbagi tips agar menang lomba makan kerupuk. Ru'yat juga mengapresiasi upaya pemuda untuk membangkitkan kembali permainan tradisional. "Perlu kita apresiasi karena itu artinya anak-anak muda tidak lupa pada hal-hal tradisional yang sebenarnya banyak filosofinya," ujar Ru'yat.

Adu bunga bayam merupakan permainan masa lampau yang saat ini sudah hampir tidak ada yang memainkan lagi. Permainan ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita, yakni bunga bayam yang bentuknya seperti jengger ayam, kayu, paku, benang, dan keramik bekas untuk menggesek paku agar benang yang terpasang di paku bergetar. Ketika benang bergetar, bunga bayam di atas benang akan bergerak sendiri seperti layaknya mobil-mobilan.

Bunga bayam yang bisa bertahan lama di atas benang lah yang menjadi pemenangnya. Ketua Panitia Perlombaan, Didin mengatakan sengaja menggelar adu bunga bayam untuk membangkitkan permainan anak-anak masa lampau. "Kami ingin anak-anak tetap ingat dan kenal permainan zaman dulu meski sekarang banyak permainan modern. Padahal, permainan zaman dulu tidak kalah seru dengan permainan zaman sekarang," ujar Didin. (A-155/A-88)***

Baca Juga

Gempa Tasikmalaya Terasa Hingga ke Bogor

TASIKMALAYA, (PR).- Gempa bumi dengan kekuatan 5,4 skala richter mengguncang Kabupaten Tasikmalaya. Gempa bumi terjadi Senin 24 April 2017 pukul 1.01.10 WIB.

Empat Aplikasi Online Pelayanan Masyarakat Ala Polresta Depok

DEPOK, (PR).- Kepolisian Resort Kota Depok meluncurkan empat aplikasi pelayanan masyarakat berbasis online. Keempatnya diperk‎enalkan dalam ajang Depok Police Expo 2017 di Mal Margo City, Jalan Margonda Raya, Senin, 24 April 2017.

Sumedang Akan Bangun Kebun Binatang di Tahura Palasari

SUMEDANG, (PR).- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang akan membangun kebun binatang dan kebun raya mini di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Palasari, Kecamatan Sumedang Selatan.

Aher: Ubah Perilaku Terhadap Air

SUMEDANG, (PR).- Peringatan Hari Air Dunia yang ke-25 tahun 2017, harus dimaknai dengan merubah perilaku masyarakat terhadap air. Masyarakat harus menjaga dan melestarikan air sebagai sumber kehidupan manusia.