Empat Pasangan Pilbup Ciamis Lolos Tes Kesehatan

POLITIK

CIAMIS, (PRLM).- Empat pasang bakal calon Bupati/Wakil Bupati Ciamis dinyatakan lolos dalam tes kesehatan yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kab. Ciamis. "Selanjutnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan keempatnya sebagai calon Bupati/Wakil Ciamis, setelah mereka dinyatakan lolos dalam verifikasi administrasi yang di dalamnya termasuk tes kesehatan," ujar Kikim Tarkim, Ketua KPU Ciamis, seusai mengumumkan hasil verifikasi administrasi para bakal pasangan calon di kantor KPU Ciamis, Jln. Jend Sudirman, Selasa, (6/8/2013).

Para pasangan calon tersebut adalah petahana Wakil Bupati Iing Syam Arifin-Jeje Wiradinata (PDIP, PPP, Golkar), Budi Kurnia-Mita Permatasari (PKB, PAN, PBB, Hanura, Gerindra, PKS), Bagus Arif Wiwaha-Akasah (Demokrat), dan Heddy Suhendar-Yedi (Perseorangan).

Selanjutnya para pasangan calon tersebut akan mengikuti tahapan pengambilan nomor urut yang rencannya akan digelar pada pertengahan Agustus mendatang.

Selain itu KPU juga mempersilakan masyarakat yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP/Pasport yang berlaku di TPS tempat tinggal mereka. "KPU akan tunduk pada Putusan MK No 85/PUU/X/2012, yang mempermudah masyarakat untuk menyalurkan hak politiknya," tutur Kikim. (A-205/A_88)***

Baca Juga

Pilkada Serentak 2015

KPU Mamuju Utara Diduga Kuat Langgar Administrasi

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Panita Pengawas Pemilihan menyatakan KPU Kabupaten Mamuju Utara diduga kuat telah melakukan pelanggaran administrasi.

Pilkada Serentak 2015

Jalan Keluar Sementara, Rekomendasi Bawaslu

POLITIK

JAKARTA,(PRLM).- Setelah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak berkenan mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu), masih ada jalan ke luar sementara. Jalan ke luar itu meminta rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Pro-Kontra Menghidupkan Pasal Penghinaan Terhadap Presiden

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Dikalangan DPR masih pro-kontra terhadap menghidupkan kembali pasal penghinaan terhadap prsiden. Ada yang tidak setuju dan ada yang setuju dihidupkannya pasal penghinaan terhaap presiden itu.

Penundaan Pilkada Akan Ganggu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

POLITIK
JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat, Andi Nurpati berharap penyelenggaraan pilkada di daerah yang hanya mempunyai satu pasangan calon tidak ditunda. Menurutnya, penundaan pilkada hanya akan memunculkan pejabat sementara (Pjs) kepala daerah.