Empat Pasangan Pilbup Ciamis Lolos Tes Kesehatan

POLITIK

CIAMIS, (PRLM).- Empat pasang bakal calon Bupati/Wakil Bupati Ciamis dinyatakan lolos dalam tes kesehatan yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kab. Ciamis. "Selanjutnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan keempatnya sebagai calon Bupati/Wakil Ciamis, setelah mereka dinyatakan lolos dalam verifikasi administrasi yang di dalamnya termasuk tes kesehatan," ujar Kikim Tarkim, Ketua KPU Ciamis, seusai mengumumkan hasil verifikasi administrasi para bakal pasangan calon di kantor KPU Ciamis, Jln. Jend Sudirman, Selasa, (6/8/2013).

Para pasangan calon tersebut adalah petahana Wakil Bupati Iing Syam Arifin-Jeje Wiradinata (PDIP, PPP, Golkar), Budi Kurnia-Mita Permatasari (PKB, PAN, PBB, Hanura, Gerindra, PKS), Bagus Arif Wiwaha-Akasah (Demokrat), dan Heddy Suhendar-Yedi (Perseorangan).

Selanjutnya para pasangan calon tersebut akan mengikuti tahapan pengambilan nomor urut yang rencannya akan digelar pada pertengahan Agustus mendatang.

Selain itu KPU juga mempersilakan masyarakat yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP/Pasport yang berlaku di TPS tempat tinggal mereka. "KPU akan tunduk pada Putusan MK No 85/PUU/X/2012, yang mempermudah masyarakat untuk menyalurkan hak politiknya," tutur Kikim. (A-205/A_88)***

Baca Juga

DPR RI akan Inisiasi Gerakan Parliament to Parliament

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- DPR RI ingin menginisiasi gerakan parliament to parliament antarnegara Asia Afrika. Hal itu dalam rangka mensejajarkan pemikiran antara DPR dengan pemerintah, yang sebelumnya telah bekerja sama dengan negara-negara Asia Afrika.

Banyak Kepentingan Daerah Tertolak

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla dinilai masih sentralistik sehingga belum mengakomodir kepentingan daerah. Banyak usulan dari daerah yang tertolak untuk implementasi 2015 dan 2016.

Intervensi Politik Makin Kuat

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Intervensi politik dari Dewan Perwakilan Rakyat kepada Komisi Pe‎milihan Umum (KPU) semakin kuat dengan rencana dipanggilnya KPU oleh pimpinan DPR. DPR tetap memaksakan agar rekomendasi Panja Pilkada Komisi II DPR dimasukkan dalam Peraturan KPU.

Agun, "Ada Satu Kelompok di DPR Paksakan Kehendak"

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ketua DPP Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan satu kelompok di DPR RI telah memaksakan kehendaknya terhadap Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) melalui Komisi II DPR.