Headlines
Tali Silaturahmi 1434 H

KRI Banda Aceh-593 Berangkatkan 1.943 Pemudik ke Semarang

DISPEN KOLINLAMIL/"PRLM"
DISPEN KOLINLAMIL/"PRLM"
PARA pemudik bermotor saat memasuki KRI Banda Aceh-593 untuk diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.*

JAKARTA, (PRLM).- KRI Banda Aceh-593, yang merupakan kapal perang TNI AL di bawah pembinaan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Minggu (4/8/2013) memberangkatkan 1.943 pemudik bermotor dari terminal penumpang, Terminal Nusantara Pura 2, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Sebelum diberangkatkan, kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) buatan dalam negeri tersebut ditinjau oleh Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono yang didampingi Wapres Boediono, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Menteri Perhubungan EE. Mangindaan, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono,SE, Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, Asops Kasal Laksda TNI Didit Herdiawan, MPA., MBA, Panglima Kolinlamil Laksda TNI S.M. Darojatim serta pejabat terkait lainnya.

Pada pemberangkatannya kali ini KRI Banda Aceh yang dikomandani Letkol Laut (P) Yana Hardiyana mengangkut penumpang sejumlah 1.943 orang dengan jumlah motor yang diangkut sebanyak 879 unit. KRI Banda Aceh juga akan memberangkatkan pemudik bermotor trip kedua pada tanggal 6 Agustus 2013 atau H-2 dan pengangkutan arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada 13 Agustus 2013 atau (H+4)

Program rutin yang digelar tahunan ini, merupakan program pemerintah melalui kerja sama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dengan TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk membantu masyarakat terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor agar dapat mudik lebaran dengan lebih aman dan nyaman. Selain itu, juga diharapkan dapat mengurangi beban jalan raya darat di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Sementara sehari sebelumnya tanggal 3 Agustus 2013 di tempat yang sama juga telah dilepas para pemudik bermotor dengan menggunakan KM Dobonsolo menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dengan mengangkut motor sebanyak 1.338 unit dan Penumpang 2.695 orang.(Mun/A-147)***

×