Dana Hibah Kemasyarakatan Saguling Digelontorkan

BANDUNG RAYA
APARAT Pemkab Bandung Barat sedang mendata bantuan yang akan diberikan oleh satuan kerja pelaksana daerah (SKPD) dalam program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), Senin (22/7/2013). Dalam program tersebut, Dana hibah seb
MUHAMMAD ASHARI/PRLM
APARAT Pemkab Bandung Barat sedang mendata bantuan yang akan diberikan oleh satuan kerja pelaksana daerah (SKPD) dalam program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), Senin (22/7/2013). Dalam program tersebut, Dana hibah sebesar Rp 600 juta digelontorkan untuk melaksanakan berbagai aktivitas kemasyarakatan di Desa/Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat.*

NGAMPRAH, (PRLM).- Dana hibah sebesar Rp 600 juta digelontorkan untuk melaksanakan berbagai aktivitas kemasyarakatan di Desa/Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Aktivitas itu diselenggarakan melalui program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Penanggungjawab P2WKSS sekaligus Kabid Pemberdayaan Perempuan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) KBB, Nurdjulaeha, mengatakan, dana hibah untuk pelaksanaan program tersebut terbagi untuk berbagai kegiatan, seperti pembangunan rumah pintar (semacam community center), pemugaran 128 unit rumah warga, pelatihan kewirausahaan, hingga penyuluhan kesehatan, terhadap 100 keluarga binaan yang berasal dari keluarga Pra KS.

Selain itu, ada juga bantuan kepada 100 kepala keluarga (KK) yang belum memiliki surat nikah, dimana baru terbantu 40 KK yang sudah dibantu. Termasuk pendidikan perubahan perilaku kehidupan sehari-hari, khususnya pemanfaatan sanitasi dan kebersihan lingkungan.

“KBB termasuk salah satu daerah yang mendapatkan dukungan anggaran paling besar dari pemerintah daerahnya bila dibandingkan daerah lain di Jawa Barat. Dana hibah itu digunakan untuk berbagai pelatihan, peningkatan fasilitas kesehatan, renovasi rumah,” ujarnya di sela-sela penyuluhan kesehatan para peserta P2WKSS di Kampung Babakan Kersen, Desa/Kecamatan Saguling, Senin (22/7/2013).

Terkait pembinaan terhadap warga Desa Saguling, dia mengatakan, pembinaan itu sudah dilakukan sejak Februari. Nantinya, mereka juga akan diikutsertakan dalam lomba P2WKSS tingkat nasional.

Dalam program P2WKSS, selain melakukan penyuluhan terhadap sebagian warga Desa Saguling, berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga ikut berperan serta seusai bidangnya masing-masing. Menurut Nurdjulaeha, program P2WKSS melibatkan berbagai instansi agar hasilnya bisa terasa secara multisektor oleh warga. (A-204/A-26)***

Baca Juga

Petugas Masih Menutup Jalan Asia Afrika

BANDUNG RAYA
WALAU acara formal peringatan Konferensi Asia Afrika 2015 sudah berakhir, namun sejumlah aktivitas di Jalan Asia Afrika Kota Bandung masih berlangsung.

Pawai Jampana Tradisi Warga Kabupaten Bandung

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Pawai jampana yakni membawa tandu berupa hasil bumi dan hasil kerajinan warga merupakan tradisi budaya warga Kab. Bandung sejak jaman dulu. Pawai ini bisa menjadi daya tarik pariwisata apabila bisa dikemas dengan baik.

Ade Swara dan Istri Akhirnya Lakukan Banding

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Bupati Karawang non aktif, Ade Swara dan istri, Nurlatifah akhirnya menempuh upaya hukum banding terkait vonis 6 dan 5 tahun yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung.

Pemerintahan KBB Targetkan Pendapatan PBB P2 Rp 59,5 M

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).-Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menargetkan pendapatan pajak bumi dan bangunan (PBB) perdesaan dan perkotaan (P2) sebesar Rp 59,5 miliar, atau 22,3% dari rencana pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 266 miliar.