Desa Sukamanah Harus Dicontoh Desa Lain

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Desa Sukamanah, Kab Bogor masuk dalam sepuluh besar desa terbaik nasional. Prestasi ini menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Wawan Ridwan harus dicontoh sekitar 5.200 desa lain di Jabar.

Keunggulan desa ini di antaranya memiliki pasar desa, tidak ada siswa SD dan SMP yang dikeluarkan sebelum lulus (drop out), SMA gratis untuk siswa miskin, ada beasiswa, layanan kesehatan memadai, dll.

"Sukamanah ini secara bertahap dari kabupaten, masuk ke provinsi, hingga masuk ke pemerintah pusat. Desa Sukamanah masuk sepuluh besar untuk dilombakan dengan pesaing dan dinilai kemendagri. Tim verifikasi Kemendagri akan ke Bogor untuk mengecek langsung," kata Wawan.

Wawan saat ditemui usai Menerima Tim Verfikasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional dari Kemendagri, di Ruang Papandayan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, (11/7/2013) mengatakan adanya pasar desa membuat roda perekonomian menjadi berputar di Desa Sumakamanah. Padahal biasanya di tempat-tempat lain, pasar sebagian besar ada di tingkat kecamatan.

"Ini menjadi model di Jabar dan contoh bagi desa lain. Salah satu manfaatnya, kita bisa menemukan yang terbaik. Sebenarnya Kelurahan Larangan Kab. Cirebon juga kita unggulkan sayangnya tidak masuk ke sepuluh besar," kata Wawan.

Perlakuan pemerintah pada desa-desa yang ada di Jabar pada umumnya sama. Sehingga menurut Wawan, desa lainnya juga punya potensi dan bisa menaikkan nilai-nilai positif yang ada. (A-199/A-89)***

Baca Juga

Badan Penanggulangan Bencana KBB Gagas Desa Tangguh

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung Barat menggagas pembentukan desa tangguh akan bencana.

Jangan Ada Lagi Penghamburan Dana untuk Pendataan

BANDUNG RAYA
WAKIL Bupati Bandung Deden Rumaji memaparkan arahan pada Rapat Koordinasi Pemutakhiran Basis Data Terpadu untuk program perlindungan sosial di Sutan Raja Hotel, Jln. Raya Soreang, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (21/5/2015).

SOREANG, (PRLM).- Proses pendataan kerap menimbulkan penghamburan anggaran akibat masing-masing instansi pemerintah melakukan pendataan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Akibat data yang berbeda-beda itu membuat perencanaan pembangunan juga terkendala.

Kepala Lapas Banceuy Benarkan Ada Staff Tertangkap BNN

BANDUNG RAYA
AGUS Irianto Kalapas Banceuy sedang menjelaskan kepada wartawan terkait anak buahnya yang ditangkap.*

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banceuy Agus Irianto membenarkan anak buahnya berinisial DD ditangkap oleh petugas Badan Narkotika Nasional di Jakarta.

Penegakkan Hukum Mendidik Warga Jaga Kebersihan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Penegakkan hukum terkait pelanggaran aturan membuang sampah sembarangan masih kurang. Padahal hal tersebut bisa menjadi sarana efektif untuk mendidik warga agar ikut menjaga kebersihan. Demikian dikatakan Ketua Bandung Clean Action (BCA), Hani Sumarno, kepada Radio PRFM.