Desa Sukamanah Harus Dicontoh Desa Lain

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Desa Sukamanah, Kab Bogor masuk dalam sepuluh besar desa terbaik nasional. Prestasi ini menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Wawan Ridwan harus dicontoh sekitar 5.200 desa lain di Jabar.

Keunggulan desa ini di antaranya memiliki pasar desa, tidak ada siswa SD dan SMP yang dikeluarkan sebelum lulus (drop out), SMA gratis untuk siswa miskin, ada beasiswa, layanan kesehatan memadai, dll.

"Sukamanah ini secara bertahap dari kabupaten, masuk ke provinsi, hingga masuk ke pemerintah pusat. Desa Sukamanah masuk sepuluh besar untuk dilombakan dengan pesaing dan dinilai kemendagri. Tim verifikasi Kemendagri akan ke Bogor untuk mengecek langsung," kata Wawan.

Wawan saat ditemui usai Menerima Tim Verfikasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional dari Kemendagri, di Ruang Papandayan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, (11/7/2013) mengatakan adanya pasar desa membuat roda perekonomian menjadi berputar di Desa Sumakamanah. Padahal biasanya di tempat-tempat lain, pasar sebagian besar ada di tingkat kecamatan.

"Ini menjadi model di Jabar dan contoh bagi desa lain. Salah satu manfaatnya, kita bisa menemukan yang terbaik. Sebenarnya Kelurahan Larangan Kab. Cirebon juga kita unggulkan sayangnya tidak masuk ke sepuluh besar," kata Wawan.

Perlakuan pemerintah pada desa-desa yang ada di Jabar pada umumnya sama. Sehingga menurut Wawan, desa lainnya juga punya potensi dan bisa menaikkan nilai-nilai positif yang ada. (A-199/A-89)***

Baca Juga

Prajurit Paskhas Ikuti Latihan Praktis

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Para prajurit Paskhas yang menjadi siswa diharapkan untuk serius melaksanakan latihan praktis sehingga dapat menyerap dan mempraktikkan semua materi praktis yang disampaikan para pelatih atau instruktur. Hal itu sebagai wujud aplikasi materi di kelas yang selama ini diterima.

Kemarau Khawatir Berdampak pada Ketersediaan Pangan

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Pemkot Cimahi melakukan berbagai upaya dilakukan untuk menyelamatkan lahan pertanian di musim kemarau. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan hasil pangan untuk konsumsi masyarakat.

Mapolda Jabar Kemalingan Juga

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Rumah atau toko kemalingan sudah biasa. Tapi kantor Mapolda Jabar di Jalan Soekarno-Hatta No 748 Kota Bandung ternyata kemalingan juga.

Galang Dana Agustusan dengan Jual Makanan

BANDUNG RAYA
Galang Dana Agustusan dengan Jual Makanan