Desa Sukamanah Harus Dicontoh Desa Lain

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Desa Sukamanah, Kab Bogor masuk dalam sepuluh besar desa terbaik nasional. Prestasi ini menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Wawan Ridwan harus dicontoh sekitar 5.200 desa lain di Jabar.

Keunggulan desa ini di antaranya memiliki pasar desa, tidak ada siswa SD dan SMP yang dikeluarkan sebelum lulus (drop out), SMA gratis untuk siswa miskin, ada beasiswa, layanan kesehatan memadai, dll.

"Sukamanah ini secara bertahap dari kabupaten, masuk ke provinsi, hingga masuk ke pemerintah pusat. Desa Sukamanah masuk sepuluh besar untuk dilombakan dengan pesaing dan dinilai kemendagri. Tim verifikasi Kemendagri akan ke Bogor untuk mengecek langsung," kata Wawan.

Wawan saat ditemui usai Menerima Tim Verfikasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional dari Kemendagri, di Ruang Papandayan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, (11/7/2013) mengatakan adanya pasar desa membuat roda perekonomian menjadi berputar di Desa Sumakamanah. Padahal biasanya di tempat-tempat lain, pasar sebagian besar ada di tingkat kecamatan.

"Ini menjadi model di Jabar dan contoh bagi desa lain. Salah satu manfaatnya, kita bisa menemukan yang terbaik. Sebenarnya Kelurahan Larangan Kab. Cirebon juga kita unggulkan sayangnya tidak masuk ke sepuluh besar," kata Wawan.

Perlakuan pemerintah pada desa-desa yang ada di Jabar pada umumnya sama. Sehingga menurut Wawan, desa lainnya juga punya potensi dan bisa menaikkan nilai-nilai positif yang ada. (A-199/A-89)***

Baca Juga

PP Persis Desak Pemerintah Putus Mata Rantai Terorisme

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) mendesak agar pemerintah dan aparat keamanan memotong mata rantai terorisme sehingga tidak terus berkembang dan bergerak bebas dalam menyebarkan fahamnya.

Wali Kota Cimahi Pantau Kesiapan Ruas Aruman

BANDUNG RAYA
 Wali Kota Cimahi Pantau Kesiapan Ruas Aruman

CIMAHI, (PRLM).- Wali Kota Cimahi Atty Suharti beserta jajaran melakukan pemantauan kesiapan ruas Aruman yang menjadi jalan penghubung Jln. Pesantren-Jln. Budi Kota Cimahi, Senin (18/1/2016). Hal itu dilakukan untuk memastikan ruas Aruman layak dilalui masyarakat umum.

SIM Outlet Kembali Layani Warga

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Layanan di gerai outlet SIM Batununggal dan Bandung Trade Center (BTC) Kota Bandung sempat terganggu sejak beberapa hari silam. Hal tersebut berkaitan dengan kerusakan teknis akibat petir. Layanan diperkirakan bisa kembali pulih hari ini.

Andy Warru Jadi Komandan Skadik 204

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Banu Kusworo menyerahkan tongkat komando dan jabatan Komandan Skadron Pendidikan (Skadik) 204 Lanud Sulaiman kepada Andy Warru, Selasa (19/1/2016), pada upacara serah terima jabatan yang dipimpin langsung Komandan Lanud Sulaiman, Olot Dwi Cahyono, di lapangan apel Staf II Lanud