Desa Sukamanah Harus Dicontoh Desa Lain

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Desa Sukamanah, Kab Bogor masuk dalam sepuluh besar desa terbaik nasional. Prestasi ini menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Wawan Ridwan harus dicontoh sekitar 5.200 desa lain di Jabar.

Keunggulan desa ini di antaranya memiliki pasar desa, tidak ada siswa SD dan SMP yang dikeluarkan sebelum lulus (drop out), SMA gratis untuk siswa miskin, ada beasiswa, layanan kesehatan memadai, dll.

"Sukamanah ini secara bertahap dari kabupaten, masuk ke provinsi, hingga masuk ke pemerintah pusat. Desa Sukamanah masuk sepuluh besar untuk dilombakan dengan pesaing dan dinilai kemendagri. Tim verifikasi Kemendagri akan ke Bogor untuk mengecek langsung," kata Wawan.

Wawan saat ditemui usai Menerima Tim Verfikasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional dari Kemendagri, di Ruang Papandayan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, (11/7/2013) mengatakan adanya pasar desa membuat roda perekonomian menjadi berputar di Desa Sumakamanah. Padahal biasanya di tempat-tempat lain, pasar sebagian besar ada di tingkat kecamatan.

"Ini menjadi model di Jabar dan contoh bagi desa lain. Salah satu manfaatnya, kita bisa menemukan yang terbaik. Sebenarnya Kelurahan Larangan Kab. Cirebon juga kita unggulkan sayangnya tidak masuk ke sepuluh besar," kata Wawan.

Perlakuan pemerintah pada desa-desa yang ada di Jabar pada umumnya sama. Sehingga menurut Wawan, desa lainnya juga punya potensi dan bisa menaikkan nilai-nilai positif yang ada. (A-199/A-89)***

Baca Juga

Konferensi Asia Afrika 2015

Akses Jalan Sekitar Husein Diatur Mulai 16 April

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Mulai tanggal 16 April 2015, otoritas Lanud Husein Sastranegara akan mengatur akses menuju Bandara Husein Sastranegara. Pihak Lanud akan memberlakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas dan berencana akan memasang portal berjadwal tutup buka.

Kapolda Minta Mobil Dinas Bersih, Karena Pemberian Rakyat

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Merasa anggotanya mengkhianati pemberian rakyat dengan tidak merawat mobilnya sehingga keadaannya kotor dan banyak sampah, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Mochamad Iriawan geram. Mobil dinas itu dipercayakan kepada dua Bintara K9 Sabhara Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Sosialisasi dan Edukasi Indonesia Clean Mall Award 2015

BANDUNG RAYA
KETUA Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) Widyaretna Buenastuti, memaparkan pandangannya pada diskusi Sosialisasi dan Edukasi Indonesia Clean Mall Award 2015, di Jalan Juanda, Kota Bandung, Rabu (15/4/2015).

Konferensi Asia Afrika 2015

Jokowi Disambut Bendera-Bendera "Lusuh"

BANDUNG RAYA
BENDERA-bendera negara peserta peringatan KAA yang terpasang di Bandara Husein Saatranegara, Bandung, Kamis (15/4/2015).*

BANDUNG,(PRLM).- Presiden RI Joko Widodo tiba di Bandara Husein Saatranegara pukul 11.15 WIB, Bandung, Kamis (16/5/2015). Di Bagian dalam bandara ini, bendera-bendera negara-negara peserta peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) sudah terpasang. Namun warnanya tampak tidak cerah.