Kepastian Nama-nama Calhaj Yang Berangkat Ditentukan pada Minggu (14/7/2013)

NASIONAL

BANDUNG, (PRLM).-Nasib jemaah calon haji (calhaj) yang akan berangkat ke Tanah Suci maupun masuk ke daftar tunggu akan ditentukan pada Minggu (14/7/2013).

Kementerian Agama (Kemenag) pusat akan mengumumkan daftar-daftar calhaj yang akan berangkat melalui situs www.kemenag.go.id.

“Insya Allah semuanya akan jelas pada Minggu (14/7/2013) sehingga calhaj tak perlu resah lagi. Kalau berangkat haji tahun ini harus disyukuri, namun kalau tertunda keberangkatannya musti sabar,” kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, H. A. Bukhari, M.M, di ruang kerjanya, Senin (8/7/2013).

Diberitakan sebelumnya, akibat perluasan Masjidilharam yang belum selesai sehingga kuota haji negara-negara di dunia dikurangin sampai 20 persen pada tahun ini.

Dengan jumlah jemaah haji reguler dan haji plus Indonesia sebesar 211.000 orang diperkirakan akan ada 42.200 orang yang tertunda keberangkatan hajinya.

Lebih jauh Bukhari mengatakan, awalnya Kemenag mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 62/2013 yang berisi petunjuk kriteria calhaj yang akan terkena pengurangan kuota.

Dalam PMA No. 62/2013 ada tiga kriteria calhaj yang tertunda keberangkatannya, yakni calhaj lanjut usia, calhaj yang sudah pernah berhaji, dan calhaj yang memiliki keterbatasan fisik seperti memakai kursi roda.

“Namun dengan adanya PMA No. 63/2013 sehingga kriterianya berubah yakni pengurangan kuota berdasarkan awal mendaftar. Kaum Muslimin yang lebih awal mendaftar di Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) akan lebih dulu diberangkatkan ke Tanah Suci,” katanya.(A-71/A-89)***

Baca Juga

Presiden Jokowi akan Terima Presiden Turki untuk Diskusikan Isu Ekonomi dan Terorisme

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan pada Kamis (30/7/2015) hingga Sabtu (1/8/2015) melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

Presiden Turki Disambut Presiden Jokowi di Istana Merdeka

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana menerima Kunjungan Kenegaraan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan Ibu Negara Emine Erdoğan, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

TNGM Awasi Pendakian HUT Kemerdekaan

NASIONAL

YOGYAKARTA,(PRLM).- Pengelola Taman Nasional Gunung Merapi akan mengawasi langsung para pendaki pada pendakian HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus untuk mengantisipasi adanya kemungkinan yang melanggar aturan dan nekat naik hingga puncak Gunung Merapi.

Sultan Minta Percepatan Pembentukan Kota Heritage

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X meminta program revitalisasi Kota Yogyakarta sebagai kota heritage dipercepat. Kawasan yang menjadi prioritas revitalisasi yakni Keraton, Pakualaman, Kotagede, Malioboro, Kotabaru, dan Imogiri.