Kepastian Nama-nama Calhaj Yang Berangkat Ditentukan pada Minggu (14/7/2013)

NASIONAL

BANDUNG, (PRLM).-Nasib jemaah calon haji (calhaj) yang akan berangkat ke Tanah Suci maupun masuk ke daftar tunggu akan ditentukan pada Minggu (14/7/2013).

Kementerian Agama (Kemenag) pusat akan mengumumkan daftar-daftar calhaj yang akan berangkat melalui situs www.kemenag.go.id.

“Insya Allah semuanya akan jelas pada Minggu (14/7/2013) sehingga calhaj tak perlu resah lagi. Kalau berangkat haji tahun ini harus disyukuri, namun kalau tertunda keberangkatannya musti sabar,” kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, H. A. Bukhari, M.M, di ruang kerjanya, Senin (8/7/2013).

Diberitakan sebelumnya, akibat perluasan Masjidilharam yang belum selesai sehingga kuota haji negara-negara di dunia dikurangin sampai 20 persen pada tahun ini.

Dengan jumlah jemaah haji reguler dan haji plus Indonesia sebesar 211.000 orang diperkirakan akan ada 42.200 orang yang tertunda keberangkatan hajinya.

Lebih jauh Bukhari mengatakan, awalnya Kemenag mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 62/2013 yang berisi petunjuk kriteria calhaj yang akan terkena pengurangan kuota.

Dalam PMA No. 62/2013 ada tiga kriteria calhaj yang tertunda keberangkatannya, yakni calhaj lanjut usia, calhaj yang sudah pernah berhaji, dan calhaj yang memiliki keterbatasan fisik seperti memakai kursi roda.

“Namun dengan adanya PMA No. 63/2013 sehingga kriterianya berubah yakni pengurangan kuota berdasarkan awal mendaftar. Kaum Muslimin yang lebih awal mendaftar di Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) akan lebih dulu diberangkatkan ke Tanah Suci,” katanya.(A-71/A-89)***

Baca Juga

Dukun Cabul Nekat Setubuhi Korban di Gua Keramat

NASIONAL
TUBAN, (PRLM).- Perbuatan seorang dukun asal Tuban, Jawa Timur ini benar-benar bejat. Saat dimintai tolong untuk menyembuhkan orang sakit, ia malah menyetubuhi korbannya yang masih di bawah umur hingga dua kali.
 

Presiden Jokowi Lantik 13 Duta Besar

NASIONAL

JAKARTA,(PRLM).- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik 13 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Negara Sahabat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/1/2016). Pelantikan digelar sekitar pukul 10.00 dan dihadiri para keluarga duta besar.

Patroli Perbatasan, Cek Patok dan Antisipasi Kriminal

NASIONAL

SCORFO BARU, (PRLM).- Menjaga wilayah NKRI adalah harga mati. Bagi prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 411/Pandawa Kostrad, medan yang berat tak dirasa demi memastikan wilayah perbatasan RI.

Pelaku Tanya Alamat ke Polisi Sebelum Meledakkan Diri

NASIONAL
JAKARTA, (PRLM).- Pelaku peledakan Pos Polisi Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sempat menanyakan alamat ke seorang polisi yang sedang berjaga di lokasi.