Kepastian Nama-nama Calhaj Yang Berangkat Ditentukan pada Minggu (14/7/2013)

NASIONAL

BANDUNG, (PRLM).-Nasib jemaah calon haji (calhaj) yang akan berangkat ke Tanah Suci maupun masuk ke daftar tunggu akan ditentukan pada Minggu (14/7/2013).

Kementerian Agama (Kemenag) pusat akan mengumumkan daftar-daftar calhaj yang akan berangkat melalui situs www.kemenag.go.id.

“Insya Allah semuanya akan jelas pada Minggu (14/7/2013) sehingga calhaj tak perlu resah lagi. Kalau berangkat haji tahun ini harus disyukuri, namun kalau tertunda keberangkatannya musti sabar,” kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, H. A. Bukhari, M.M, di ruang kerjanya, Senin (8/7/2013).

Diberitakan sebelumnya, akibat perluasan Masjidilharam yang belum selesai sehingga kuota haji negara-negara di dunia dikurangin sampai 20 persen pada tahun ini.

Dengan jumlah jemaah haji reguler dan haji plus Indonesia sebesar 211.000 orang diperkirakan akan ada 42.200 orang yang tertunda keberangkatan hajinya.

Lebih jauh Bukhari mengatakan, awalnya Kemenag mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 62/2013 yang berisi petunjuk kriteria calhaj yang akan terkena pengurangan kuota.

Dalam PMA No. 62/2013 ada tiga kriteria calhaj yang tertunda keberangkatannya, yakni calhaj lanjut usia, calhaj yang sudah pernah berhaji, dan calhaj yang memiliki keterbatasan fisik seperti memakai kursi roda.

“Namun dengan adanya PMA No. 63/2013 sehingga kriterianya berubah yakni pengurangan kuota berdasarkan awal mendaftar. Kaum Muslimin yang lebih awal mendaftar di Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) akan lebih dulu diberangkatkan ke Tanah Suci,” katanya.(A-71/A-89)***

Baca Juga

Petani Bawang Merah Dianjurkan Gunakan Benih Umbi Udara

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Kebiasaan para petani bawang merah yang secara turun-temurun menggunakan benih umbi bermutu rendah, berdampak pada rendahnya produktivitas tanaman bawang merah.

KPK Tetapkan Bupati Empat Lawang Tersangka Suap

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menetapkan Bupati Empang Lawang, Sumatera Selatan Budi Antoni Aljufri sebagai tersangka dugaan suap penanganan sengketa pemilihan kepala daerah di Mahkamah Konstitusi.

Mangkir, Kejagung Tangkap Kepala Biro Organisasi Pemprov Jabar Asep Sukarno

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kejaksaan Agung menangkap Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat Asep Sukarno terkait dugaan korupsi pengelolaan dana hibah Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP). Asep dicokok korps adhiyaksa setelah mangkir dari pemeriksaan.

Penahanan Bupati Empat Lawang Berakhir Ricuh

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Proses penahanan Bupati Empat Lawang, Sumatera Selatan Budi Antoni Aljufri berujung ricuh. Sejumlah pendukung Budi bentrok dengan wartawan yang foto dan gambarnya.