Kepastian Nama-nama Calhaj Yang Berangkat Ditentukan pada Minggu (14/7/2013)

NASIONAL

BANDUNG, (PRLM).-Nasib jemaah calon haji (calhaj) yang akan berangkat ke Tanah Suci maupun masuk ke daftar tunggu akan ditentukan pada Minggu (14/7/2013).

Kementerian Agama (Kemenag) pusat akan mengumumkan daftar-daftar calhaj yang akan berangkat melalui situs www.kemenag.go.id.

“Insya Allah semuanya akan jelas pada Minggu (14/7/2013) sehingga calhaj tak perlu resah lagi. Kalau berangkat haji tahun ini harus disyukuri, namun kalau tertunda keberangkatannya musti sabar,” kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, H. A. Bukhari, M.M, di ruang kerjanya, Senin (8/7/2013).

Diberitakan sebelumnya, akibat perluasan Masjidilharam yang belum selesai sehingga kuota haji negara-negara di dunia dikurangin sampai 20 persen pada tahun ini.

Dengan jumlah jemaah haji reguler dan haji plus Indonesia sebesar 211.000 orang diperkirakan akan ada 42.200 orang yang tertunda keberangkatan hajinya.

Lebih jauh Bukhari mengatakan, awalnya Kemenag mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 62/2013 yang berisi petunjuk kriteria calhaj yang akan terkena pengurangan kuota.

Dalam PMA No. 62/2013 ada tiga kriteria calhaj yang tertunda keberangkatannya, yakni calhaj lanjut usia, calhaj yang sudah pernah berhaji, dan calhaj yang memiliki keterbatasan fisik seperti memakai kursi roda.

“Namun dengan adanya PMA No. 63/2013 sehingga kriterianya berubah yakni pengurangan kuota berdasarkan awal mendaftar. Kaum Muslimin yang lebih awal mendaftar di Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) akan lebih dulu diberangkatkan ke Tanah Suci,” katanya.(A-71/A-89)***

Baca Juga

90 Taruna AAL Laksanakan Latihan Kepemimpinan

NASIONAL

SURABAYA, (PRLM).- Sebanyak 90 Taruna AAL Tingkat III angkatan 61 melaksanakan kegiatan Latihan Kepemimpinan atau Outbond Training di Puslatpur Marinir Purboyo. Kegiatan yang merupakan salah satu bagian dari kurikulum pendidikan taruna sebagai bentuk pendidikan penumbuhkembangkan karakter.

Desakan Calon Panglima TNI Harus Bersih Dari Kasus Pelanggaran HAM

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mendesak calon Panglima Tentara Nasional Indonesia harus bersih dari kasus - kasus pelanggaran HAM. Oleh karena itu, penelusuran rekam jejak kandidat Penglima TNI itu menjadi keniscayaan.

Pemkot Solo Kembangkan Sistem Informasi Publik "Batik Solo TV"

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengembangkan sistem informasi dan penerangan publik lewat tayangan televisi yang dinamakan " Batik Solo TV".

Negara Harus Hadir di Daerah Perbatasan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Negara harus hadir di daerah perbatasan, terutama daerah-daerah daratan yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga.