Dekrit Presiden November 2012 Jadi Salahsatu Faktor Mursi Digulingkan

KAIRO, (PRLM).- Secara ringkas, penyebab massa oposisi Mesir termasuk Tamarod dan kelompok garis keras Salafiyah yang diwakili Partai Nour menolak Mursi adalah karena empat hal berikut ini : dominasi Ikhwanul Muslimin dalam pemerintahan dan parlemen, memburuknya ekonomi (lebih buruk ketimbang era Mubarak), dekrit Presiden 22 November 2012, dan pelanggaran HAM.

Seperti diketahui,usai partai FJP (Kebebasan dan Keadilan) bentukan Ikhwanul menang pada pemilihan umum Mei 2012 lalu, parlemen yang dikuasai Ikhwanul memaksakan konstitusi Mesir berbau syariah yang menyebabkan anggota parlemen dari kubu liberal, nasionalis, sekuler, koptik, mengundurkan diri.

Kemudian, aksi Mursi yang menerbitkan dekrit pada November 2012 juga membuat massa oposisi semakin kecewa. Dekrit presiden tersebut dinilai sebagai tindakan otoriter Mursi. Kendati pengesahan dekrit dilakukan lewat referendum. Kenyataannya hanya 32 persen pemilih yang hadir. Massa oposisi memboikot itu sehingga perpecahan yang ada saat ini bukan hal yang aneh.

Sejumlah pengamat mengatakan, Ikhwanul sebenarnya sejak Mubarak lengser, sadar kalau mereka akan menghadapi perlawanan jika memilih ikut dalam pemerintahan. Oleh karena itu, Ikhwanul sempat menyatakan tak berminat ikut serta dalam pemerintahan. Namun, tiba-tiba mereka berubah pikiran. Mursi pun dicalonkan beberapa jam sebelum penutupan masa pendaftaran capres. Kini, apa yang dikhawatirkan Ikhwanul itu terbukti. (A-133/A-108)***

Baca Juga

GOOGLE turut mengulas kejadian gerhana matahari total di Indonesia.*

Google Ditinggalkan Pengiklan

GOOGLE tengah menghadapi minggu yang buruk, pasalnya sejumlah perusahaan besar menarik iklan mereka dari salah satu anak perusahaannya, YouTube.

Gempa di Batangas, 14 Mahasiswa UMY Dievakuasi

JAKARTA, (PR).- Sebanya‎k 14 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dievakuasi dari Batangas, Filipina, Sabtu, 8 April 2017. Evakuasi dilakukan untuk memastikan keselamatan mereka setelah rangkaian gempa bumi terjadi di Batang

Wapres Amerika Serikat Sebut Korea Utara Provokator

SEOUL, (PR).- Beberapa jam jelang kunjungan Wapres AS Mike Pence ke Seoul, Minggu, 16 April 2017, Korea Utara meluncurkan rudalnya yang diklaim bisa mencapai kawasan Hawaii, AS. Namun, Seperti dilaporkan AFP, percobaan yang dilakukan pada Minggu pagi tersebut gagal.