Dekrit Presiden November 2012 Jadi Salahsatu Faktor Mursi Digulingkan

LUAR NEGERI

KAIRO, (PRLM).- Secara ringkas, penyebab massa oposisi Mesir termasuk Tamarod dan kelompok garis keras Salafiyah yang diwakili Partai Nour menolak Mursi adalah karena empat hal berikut ini : dominasi Ikhwanul Muslimin dalam pemerintahan dan parlemen, memburuknya ekonomi (lebih buruk ketimbang era Mubarak), dekrit Presiden 22 November 2012, dan pelanggaran HAM.

Seperti diketahui,usai partai FJP (Kebebasan dan Keadilan) bentukan Ikhwanul menang pada pemilihan umum Mei 2012 lalu, parlemen yang dikuasai Ikhwanul memaksakan konstitusi Mesir berbau syariah yang menyebabkan anggota parlemen dari kubu liberal, nasionalis, sekuler, koptik, mengundurkan diri.

Kemudian, aksi Mursi yang menerbitkan dekrit pada November 2012 juga membuat massa oposisi semakin kecewa. Dekrit presiden tersebut dinilai sebagai tindakan otoriter Mursi. Kendati pengesahan dekrit dilakukan lewat referendum. Kenyataannya hanya 32 persen pemilih yang hadir. Massa oposisi memboikot itu sehingga perpecahan yang ada saat ini bukan hal yang aneh.

Sejumlah pengamat mengatakan, Ikhwanul sebenarnya sejak Mubarak lengser, sadar kalau mereka akan menghadapi perlawanan jika memilih ikut dalam pemerintahan. Oleh karena itu, Ikhwanul sempat menyatakan tak berminat ikut serta dalam pemerintahan. Namun, tiba-tiba mereka berubah pikiran. Mursi pun dicalonkan beberapa jam sebelum penutupan masa pendaftaran capres. Kini, apa yang dikhawatirkan Ikhwanul itu terbukti. (A-133/A-108)***

Baca Juga

Presiden Turki Akan Mundur Jika Ada Toilet Emas di Istana

LUAR NEGERI

ISTANBUL, (PRLM).- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengeluarkan janji yang tidak biasa.

Ia berjanji akan mengundurkan diri jika pemimpin oposisi bisa menemukan satu saja toilet emas di istana presiden.

Unik: Burung Parkit Cabut Gigi Bocah

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Seekor burung parkit menjadi dokter gigi dengan mencabut satu gigi bocah. Anton Androshchuk asal Washington, AS memiliki satu gigi susu yang akan tanggal.

Dia kemudian menunjukkan posisi gigi ke burung peliharaannya.

Khawatir Flu Burung, Ohio Batalkan Pameran Unggas

LUAR NEGERI

OHIO, (PRLM).- Departemen Pertanian Ohio hari Selasa (2/6/2015) mengumumkan seluruh pameran unggas di Ohio State Fair dan pameran-pameran lain di negara bagian itu tahun ini dibatalkan karena ancaman virus flu burung.

Bhutan Pecahkan Rekor Penanaman Pohon

LUAR NEGERI

THIMPHU, (PRLM).- Tim 100 sukarelawan di Bhutan mencatat rekor dunia baru dengan menanam 49.672 pohon dalam satu jam, lapor wartawan BBC Vikas Pandey.

Mereka mengalahkan rekor sebelumnya dengan beda 10.000 pohon yang dicatat tim India tiga tahun lalu.