Dekrit Presiden November 2012 Jadi Salahsatu Faktor Mursi Digulingkan

LUAR NEGERI

KAIRO, (PRLM).- Secara ringkas, penyebab massa oposisi Mesir termasuk Tamarod dan kelompok garis keras Salafiyah yang diwakili Partai Nour menolak Mursi adalah karena empat hal berikut ini : dominasi Ikhwanul Muslimin dalam pemerintahan dan parlemen, memburuknya ekonomi (lebih buruk ketimbang era Mubarak), dekrit Presiden 22 November 2012, dan pelanggaran HAM.

Seperti diketahui,usai partai FJP (Kebebasan dan Keadilan) bentukan Ikhwanul menang pada pemilihan umum Mei 2012 lalu, parlemen yang dikuasai Ikhwanul memaksakan konstitusi Mesir berbau syariah yang menyebabkan anggota parlemen dari kubu liberal, nasionalis, sekuler, koptik, mengundurkan diri.

Kemudian, aksi Mursi yang menerbitkan dekrit pada November 2012 juga membuat massa oposisi semakin kecewa. Dekrit presiden tersebut dinilai sebagai tindakan otoriter Mursi. Kendati pengesahan dekrit dilakukan lewat referendum. Kenyataannya hanya 32 persen pemilih yang hadir. Massa oposisi memboikot itu sehingga perpecahan yang ada saat ini bukan hal yang aneh.

Sejumlah pengamat mengatakan, Ikhwanul sebenarnya sejak Mubarak lengser, sadar kalau mereka akan menghadapi perlawanan jika memilih ikut dalam pemerintahan. Oleh karena itu, Ikhwanul sempat menyatakan tak berminat ikut serta dalam pemerintahan. Namun, tiba-tiba mereka berubah pikiran. Mursi pun dicalonkan beberapa jam sebelum penutupan masa pendaftaran capres. Kini, apa yang dikhawatirkan Ikhwanul itu terbukti. (A-133/A-108)***

Baca Juga

WHO: Korban Tewas di Yaman Hampir 1.000 Orang

LUAR NEGERI

SANAA, (PRLM).- Otoritas WHO mengumumkan, jumlah korban tewas dalam operasi militer Saudi di Yaman mencapai hampir 1000 orang.

Konferensi Asia Afrika 2015

PM Mesir Tanya Pengalihan Subsidi BBM

LUAR NEGERI

JAKARTA,(PRLM).- Setelah membuka Konferensi Parlemen Asia Afrika, di DPR-RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melanjutkan agenda pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA) ke-60, di ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), J

Konferensi Asia Afrika 2015

Negara Asia Afrika Gelorakan Kembali Selatan-Selatan

LUAR NEGERI
jokowi,konferensi,asia afrika,south south, selatan selatan

JAKARTA, (PRLM).- Negara-negara Asia Afrika sepakat menggelorakan kembali inti perjuangan Selatan-Selatan, yaitu kesejahteraan, solidaritas, dan stabilitas negara-negara Asia Afrika.

Armenia Peringati 100 Tahun Pembantaian Massal

LUAR NEGERI

YEREVAN, (PRLM).- Presiden Armenia Serge Sarkisian memimpin upacara ulang tahun ke-100 peringatan pembunuhan satu setengah juta penduduk Armenia dalam Perang Dunia I.