Dekrit Presiden November 2012 Jadi Salahsatu Faktor Mursi Digulingkan

LUAR NEGERI

KAIRO, (PRLM).- Secara ringkas, penyebab massa oposisi Mesir termasuk Tamarod dan kelompok garis keras Salafiyah yang diwakili Partai Nour menolak Mursi adalah karena empat hal berikut ini : dominasi Ikhwanul Muslimin dalam pemerintahan dan parlemen, memburuknya ekonomi (lebih buruk ketimbang era Mubarak), dekrit Presiden 22 November 2012, dan pelanggaran HAM.

Seperti diketahui,usai partai FJP (Kebebasan dan Keadilan) bentukan Ikhwanul menang pada pemilihan umum Mei 2012 lalu, parlemen yang dikuasai Ikhwanul memaksakan konstitusi Mesir berbau syariah yang menyebabkan anggota parlemen dari kubu liberal, nasionalis, sekuler, koptik, mengundurkan diri.

Kemudian, aksi Mursi yang menerbitkan dekrit pada November 2012 juga membuat massa oposisi semakin kecewa. Dekrit presiden tersebut dinilai sebagai tindakan otoriter Mursi. Kendati pengesahan dekrit dilakukan lewat referendum. Kenyataannya hanya 32 persen pemilih yang hadir. Massa oposisi memboikot itu sehingga perpecahan yang ada saat ini bukan hal yang aneh.

Sejumlah pengamat mengatakan, Ikhwanul sebenarnya sejak Mubarak lengser, sadar kalau mereka akan menghadapi perlawanan jika memilih ikut dalam pemerintahan. Oleh karena itu, Ikhwanul sempat menyatakan tak berminat ikut serta dalam pemerintahan. Namun, tiba-tiba mereka berubah pikiran. Mursi pun dicalonkan beberapa jam sebelum penutupan masa pendaftaran capres. Kini, apa yang dikhawatirkan Ikhwanul itu terbukti. (A-133/A-108)***

Baca Juga

Pengadilan Rusia Tangguhkan Peradilan Pilot Ukraina

LUAR NEGERI

MOSKOW, (PRLM).- Pengadilan di Rusia barat-daya telah menangguhkan sidang awal terhadap pilot Ukraina Nadezhda Savchenko yang ditangkap, untuk mengambil keputusan mengenai permohonan pengacaranya untuk memindahkan peradilan ke Moskow.

Perdana Menteri Yaman di Pengasingan Kunjungi Aden

LUAR NEGERI

SANA'A, (PRLM).- Perdana Menteri (PM) Yaman di pengasingan, Khaled Bahah hari Sabtu (1/8/2015) melakukan kunjungan singkat tapi penting ke kota Aden yang baru saja direbut kembali.

Tiongkok akan Protes AS Soal Isu LTS

LUAR NEGERI

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Menlu Tiongkok Liu Zhenmin Liu mengatakan, jika AS membawa isu tersebut dalam forum Menlu ASEAN, maka Tiongkok akan memprotes itu. "Sudah jelas kami akan keberatan dan menolak itu. Kami harap AS tak akan mengajukan isu LTS," ujar Liu menambahkan.

AS Desak Tiongkok Hentikan Tiga Hal

LUAR NEGERI

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario mengatakan, jika Tiongkok tetap melanjutkan reklamasi di LTS, maka ini hanya akan mengeskalasi konflik di LTS yang sudah terjadi sejak tahun 1980-an.