Dekrit Presiden November 2012 Jadi Salahsatu Faktor Mursi Digulingkan

KAIRO, (PRLM).- Secara ringkas, penyebab massa oposisi Mesir termasuk Tamarod dan kelompok garis keras Salafiyah yang diwakili Partai Nour menolak Mursi adalah karena empat hal berikut ini : dominasi Ikhwanul Muslimin dalam pemerintahan dan parlemen, memburuknya ekonomi (lebih buruk ketimbang era Mubarak), dekrit Presiden 22 November 2012, dan pelanggaran HAM.

Seperti diketahui,usai partai FJP (Kebebasan dan Keadilan) bentukan Ikhwanul menang pada pemilihan umum Mei 2012 lalu, parlemen yang dikuasai Ikhwanul memaksakan konstitusi Mesir berbau syariah yang menyebabkan anggota parlemen dari kubu liberal, nasionalis, sekuler, koptik, mengundurkan diri.

Kemudian, aksi Mursi yang menerbitkan dekrit pada November 2012 juga membuat massa oposisi semakin kecewa. Dekrit presiden tersebut dinilai sebagai tindakan otoriter Mursi. Kendati pengesahan dekrit dilakukan lewat referendum. Kenyataannya hanya 32 persen pemilih yang hadir. Massa oposisi memboikot itu sehingga perpecahan yang ada saat ini bukan hal yang aneh.

Sejumlah pengamat mengatakan, Ikhwanul sebenarnya sejak Mubarak lengser, sadar kalau mereka akan menghadapi perlawanan jika memilih ikut dalam pemerintahan. Oleh karena itu, Ikhwanul sempat menyatakan tak berminat ikut serta dalam pemerintahan. Namun, tiba-tiba mereka berubah pikiran. Mursi pun dicalonkan beberapa jam sebelum penutupan masa pendaftaran capres. Kini, apa yang dikhawatirkan Ikhwanul itu terbukti. (A-133/A-108)***

Baca Juga

Sindrom Benjamin Button Muncul di Bangladesh?

DHAKA (PR).- Bayezid Hossain, seorang anak berusia 4 tahun dari daerah luar Mogura di Bangladesh selatan kini mendapat banyak sorotan. Ia dianggap sebagai perwujudan sosok Benjamin Button dalam dunia nyata.

Novel ‘Harry Potter and the Cursed Child’ Laris di Inggris

LONDON, (PR).- Novel Harry Potter and the Cursed Child menjadi buku dengan penjualan tercepat selama satu dekade ini di Inggris. Sebanyak 680.000 buku terjual dalam waktu tiga hari, mengalahkan Fifty Shades of Grey yang terjual sebanyak 664.478 selama satu minggu pada tahun 2012 lalu.

Longsor Tewaskan 38 Orang di Meksiko

MEKSIKO,(PR).- Longsor akibat hujan deras selama akhir pekan menewaskan sedikitnya 38 orang di Meksiko. Longsor terjadi di lereng bukit menimpa sejumlah rumah semi permanen sejak terjadinya badai tropis Earl.