Empat Provinsi Dijadikan Contoh Imunisasi Pentavalen

SOREANG,(PRLM).- Empat provinsi yakni Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali, dan Yogyakarta menjadi daerah percontohan penerapan imunisasi terpadu Pentavalen. Imunisasi ini mencakup Dipteri Pertusis dan Tetanus (DPT), Hepatitis B, dan Hemophelus Influenza tipe B (HIB) sehingga lebih mudah dan praktis bagi masyarakat dan tenaga kesehatan.

"Mulai 1 Juli ini empat provinsi akan menjadi daerah percontohan penerapan imunisasi Pentavalen," kata Kepala Dinkes Kab. Bandung, dr. H. Achmad Kustijadi, M.Epid, di sela-sela sosialisasi imunisasi Pentavalen di Hotel Sindangreret Ciwidey, Rabu (26/6/2013).

Pemberian imunisasi yang di dalamnya terdapat HIB, kata Achmad, amat penting untuk mencegah Pneumonia yang menjadi penyebab kematian terbesar pada bayi dan balita.

"Pemberian imunisasi Pentavalen pada bayi usia dua bulan, tiga bulan, dan empat bulan serta diulangi pada usia 1,5 tahun," katanya.

Di Kab. Bandung sebanyak 62.000 akan mendapatkan imunisasi Pentavalen secara gratis di Puskesmas, dokter dan bidan praktek swasta, dan rumah-rumah sakit. "Pemberian imunisasi ini secara gratis sebab merupakan program nasional," katanya.(A-71/A-107)***

Baca Juga

Sopir Angkutan Umum Konvensional Desak Gubernur Keluarkan Pergub

BANDUNG, (PR).- Para pelaku usaha jasa transportasi konvensional mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk proaktif dalam meneruskan amanat Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 tentang Kendaraan Bermotor Umum t