Dishub Bekasi Siapkan Tarif Baru Angkot

JAWA BARAT

BEKASI, (PRLM).- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi telah mempersiapkan rancangan kenaikan tarif angkutan kota. Rancangan kenaikan tarif tersebut akan disahkan dan diberlakukan begitu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) resmi diumumkan pemerintah.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Bekasi Erwin mengatakan, rancangan kenaikan tarif tersebut merupakan hasil perundingan antara pihaknya dengan perwakilan pengusaha angkutan kota (angkot) yang beroperasi di Kota Bekasi. Rancangan kenaikan tarif tersebut disepakati setelah dilakukan pembahasan jauh-jauh hari supaya bisa diterapkan bersamaan dengan penetapan harga baru BBM.

"Supaya tidak ada rentang waktu antara pemberlakuan harga baru BBM dengan tarif angkot yang disesuaikan," kata Erwin, Jumat (21/6/13).

Berdasarkan rancangan tersebut, kenaikan tarif angkot berkisar 20 persen dengan besaran antara Rp 600-Rp 1.000. Dengan kenaikan sebesar itu, tarif terendah untuk angkot di Kota Bekasi ialah Rp 4.000, sedangkan yang tertinggi Rp 6.000, dengan selisih Rp 500 antara rute satu dengan yang lainnya.

Penetapan kenaikan sebesar 20 persen tersebut memang lebih rendah daripada rencana pemerintah menaikkan harga BBM hingga hampir 45 persen. Pertimbangannya, selain menyesuaikan dengan imbauan dari Kementerian Perhubungan, juga sebagai antisipasi penurunan jumlah penumpang.

"Jika kenaikan terlalu tinggi, pengusaha angkutan juga yang akan merugi. Sebab kemungkinan besar penumpang akan beralih pada sepeda motor jika ongkos angkot sangat mahal. Otomatis lalu lintas pun semakin semrawut jika semua penumpang angkutan umum beralih ke kendaraan pribadi," katanya. (A-184/A_88)***

Baca Juga

Hambat Pejalan Kaki, Pot Jumbo Akhirnya Dibongkar

JAWA BARAT
Hambat Pejalan Kaki, Pot Jumbo Akhirnya Dibongkar

BANJAR, (PRLM).- Keberadaan pot berukuran besar atau jumbo di sepanjang Jalan BKR, Kota Banjar yang tidak menyisakan area pejalan kaki, akhirnya dibongkar.

Bupati Majalengka Desak Pengelola Tol Penuhi Tuntutan Warga

JAWA BARAT
SEJUMLAH  tiang listrik di ruas tol Cikampek-Palimanan-Kertajati dirobOhkan para pendemo.*

MAJALENGKA, (PRLM).- Bupati Majalengka minta pihak pengembang jalan tol Cikampek-Palimanan-Kertajati agar memenuhi tuntutan warga dengan membuatkan akses jalan bagi para petani sesuai kesepakatan yang telah dijanjikan sebelumnya.

Pembuatan Paspor di Tasikmalaya Tersendat Akibat Server Rusak

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Server untuk pembuatan maupun perpanjangan Paspor Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya rusak. Akibat rusaknya perangkat tersebut kantor Imigrasi tidak dapat menjalankan pelayanan hingga waktu yang tidak ditentukan.

Kantor Pembiayaan BCA Finance Dirusak Segerombolan Massa

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Salah satu lembaga pembiayaan BCA Finance di Jalan Mochamad Hatta Kelurahan Kalangsari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya dirusak oleh segerombolan masa dari salah satu organisasi massa. Perusakan tersebut terjadi. Jumat (5/6/2015) sekitar pukul 18.00 WIB.