INSA Desak Pelabuhan Tidak Naikkan Tarif

JAKARTA, (PRLM).- Operator angkutan laut mendesak PT Pelabuhan Indonesia/Pelindo (Persero) selaku pengelola pelabuhan, tidak ikut-ikutan menyesuaikan tarif jasa kepelabuhanan, menyusul rencana pemerintah menaikkan tarif BBM pada Juni ini. Pasalnya, kenaikan tarif jasa itu akan makin menyulitkan mereka.

Assosiasi pemilik kapal niaga nasional (Indonesian National Shipowners Association/INSA) mengakumulasikan, dampak kenaikan BBM itu berpengaruh pada biaya perusahaan, 10-12 persen, di antaranya untuk penambahan gaji para karyawan, perawatan kapal dan suku cadang.

Ketua Umum Assosiasi pemilik kapal niaga nasional (Indonesia National Shipowners Association/INSA) Carmelita Hartoto mengakumulasikan, dampak kenaikan BBM itu berpengaruh pada biaya perusahaan, 10-12 persen. "Di antaranya untuk penambahan gaji para karyawan, perawatan kapal dan suku cadang," katanya kepada pers di Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Menurut dia, secara operasional kapal, kebijakan pemerintah soal BBM itu tidak berpengaruh terhadap INSA, karena selama ini, pelayaran membeli dengan harga industri atau non subsidi.

"Namun, pengaruhnya tidak langsung, karena mau tidak mau pelayaran harus memperhatikan karyawannya, belum lagi harga spare parts. Makanya kami minta PT Pelindo jangan menaikan tarif jasa pelabuhan," kata Carmelita.

Keinginannya itu, kata Carmelita telah disampaikan kepada Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan. "Kami kan selama ini tidak diberikan keistinewaan, semua kami lakukan sesuai harga pasar. Tapi khusus yang satu ini, kami minta kepada pemerintah agar tarif jasa kepelabuhanan tidak dinaikan," kata Carmelita.

Menteri Perhubungan EE. Mangindaan mengatakan, pemerintah berupaya, kenaikan BBM tidak menurunkan kinerja para operator transportasi. Khusus, angkutan laut, pemerintah berupaya agar operator pelabuhan, yaitu PT Pelindo I-IV tidak menaikkan tarif jasa kepelabuhanannya kepada kapal-kapal yabg berlabuh, sandar, dan bongkar.

"Sudah dibicarakan, biaya labuh dan sandar kalau bisa tidak dinaikkan. Bukan saja kapal barang tapi juga penumpang dan penyeberangan," kata Menhub. (A-78/A_88)***

Baca Juga

PETUGAS mengamati pergerakan saham, di kantor Mandiri Sekuritas, Jln. Surapati, Kota Bandung, Kamis (13/12). Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga akhir tahun, didukung oleh momentum kebangkitan sektor komoditas baik pertambangan maupun perk

Trump Unggul Sementara, IHSG dan Rupiah Melemah

JAKARTA, (PR).- Indeks harga saham gabungan dan rupiah mengalami pelemahan menanggapi hasil sementara pemilihan preside‎n Amerika Serikat. Hingga pukul 11.30 WIB, calon presiden partai Republik Donald Trump masih mengungguli pesaingnya dari Partai Demokrat Hillary Clinton.

Perekonomian Belum Pulih, Asuransi Jiwa Tetap Tumbuh

JAKARTA, (PR).- Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, meski perekonomian ekonomi belum pulih sepenuhnya, industri asuransi jiwa di Indonesia terus tumbuh. Hal ini terlihat dari kinerja asuransi jiwa pada kuartal III tahun 2016.

PM Belanda Mark Rutte Bawa 200 Pengusaha Bertemu Jokowi

JAKARTA, (PR).- Pertemuan bilateral Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Belanda menghasilkan kesepakatan kerja sama ekonomi yang fokus pada perdagangan, investasi, pengelolaan air, dan pembangunan infrastruktur maritim.