INSA Desak Pelabuhan Tidak Naikkan Tarif

JAKARTA, (PRLM).- Operator angkutan laut mendesak PT Pelabuhan Indonesia/Pelindo (Persero) selaku pengelola pelabuhan, tidak ikut-ikutan menyesuaikan tarif jasa kepelabuhanan, menyusul rencana pemerintah menaikkan tarif BBM pada Juni ini. Pasalnya, kenaikan tarif jasa itu akan makin menyulitkan mereka.

Assosiasi pemilik kapal niaga nasional (Indonesian National Shipowners Association/INSA) mengakumulasikan, dampak kenaikan BBM itu berpengaruh pada biaya perusahaan, 10-12 persen, di antaranya untuk penambahan gaji para karyawan, perawatan kapal dan suku cadang.

Ketua Umum Assosiasi pemilik kapal niaga nasional (Indonesia National Shipowners Association/INSA) Carmelita Hartoto mengakumulasikan, dampak kenaikan BBM itu berpengaruh pada biaya perusahaan, 10-12 persen. "Di antaranya untuk penambahan gaji para karyawan, perawatan kapal dan suku cadang," katanya kepada pers di Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Menurut dia, secara operasional kapal, kebijakan pemerintah soal BBM itu tidak berpengaruh terhadap INSA, karena selama ini, pelayaran membeli dengan harga industri atau non subsidi.

"Namun, pengaruhnya tidak langsung, karena mau tidak mau pelayaran harus memperhatikan karyawannya, belum lagi harga spare parts. Makanya kami minta PT Pelindo jangan menaikan tarif jasa pelabuhan," kata Carmelita.

Keinginannya itu, kata Carmelita telah disampaikan kepada Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan. "Kami kan selama ini tidak diberikan keistinewaan, semua kami lakukan sesuai harga pasar. Tapi khusus yang satu ini, kami minta kepada pemerintah agar tarif jasa kepelabuhanan tidak dinaikan," kata Carmelita.

Menteri Perhubungan EE. Mangindaan mengatakan, pemerintah berupaya, kenaikan BBM tidak menurunkan kinerja para operator transportasi. Khusus, angkutan laut, pemerintah berupaya agar operator pelabuhan, yaitu PT Pelindo I-IV tidak menaikkan tarif jasa kepelabuhanannya kepada kapal-kapal yabg berlabuh, sandar, dan bongkar.

"Sudah dibicarakan, biaya labuh dan sandar kalau bisa tidak dinaikkan. Bukan saja kapal barang tapi juga penumpang dan penyeberangan," kata Menhub. (A-78/A_88)***

Baca Juga

Kemenpar Tebarkan Virus Wisata Halal di Makassar

MAKASSAR, (PR).- Strategi Halal Tourism terus disebarluaskan ke pelaku bisnis pariwisata di negeri ini. Tidak hanya di Lombok, Aceh dan Sumatera Barat yang memang diproyeksikan oleh Kemenmar sebagai Halal Destination.

Upacara Pemakaman Muhammad Ali Terbuka untuk Umum

LOUISVILLE, (PR).- Legenda tinju dunia Muhammad Ali akan dimakamkan Jumat, 10 Juni 2016, di kampung halamannya di kota Louisville di Kentucky, dalam sebuah upacara yang terbuka untuk umum.

Jokowi Kecewa Belanja Pemerintah Lambat

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo mengutarakan kekecewaannya atas kementerian/lembaga yang masih lambat merealisasikan belanja kementerian/lembaga. Dia mengatakan, hanya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang bisa lebih cepat empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Pensiunan PTPN Keluhkan Kecilnya Dana Pensiun

BANDUNG, (PR).- Pensiunan karyawan perkebunan negara Jabar-Banten yang tergabung pada Persatuan Purnakaryawan Perkebunan Republik Indonesia (P3RI) Cabang PT Perkebunan Nusantara VIII, meminta perhatian kepada Pemerintah Indonesia terkait tata kelola pembayaran manfaat pensiun.