Rudat Akrobat Hasil Program Pewarisan Kesenian Tradisional

SENI BUDAYA
MIMI Rubiyah (56) seorang seniman Rudat Akrobat Bintang Wisata mengangkat sepeda motor yang ditupangi dengan kekuatan dua kakinya pada Evaluasi Program Pewarisan Kesenian Tradisional Rudat Akrobat dari Kamp. Bolang, Desa Jatisura, Kec. Cikedung, Kab. Indr
RETNO HY/PRLM
MIMI Rubiyah (56) seorang seniman Rudat Akrobat Bintang Wisata mengangkat sepeda motor yang ditupangi dengan kekuatan dua kakinya pada Evaluasi Program Pewarisan Kesenian Tradisional Rudat Akrobat dari Kamp. Bolang, Desa Jatisura, Kec. Cikedung, Kab. Indramayu bertempat di halaman Kantor Kecamatan Cikedung Kab. Indramayu, Selasa (18/6).*

INDRAMAYU, (PRLM).- Kepedulian pemerintah provinsi Jawa Barat memberikan perhatian lebih kepada pemerintah daerah dalam pelestarian seni budaya. Pelestarian seni budaya tradisi di daerah menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam menjaga dan mempertahankan warisan budaya sekaligus perekonomian para pelakunya.

“Selama ini masih ada anggapan kalau pemerintah kurang serius dalam menangani pelestarian dan pengembangan seni tradisi. Tapi kalau menyaksikan langsung keberhasilan pelaksanaan Program Pewarisan yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat melalui Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat bersama Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Indramayu, kiranya anggapan tersebut tidak semuanya benar,” ujar Kadisparbud Jabar Drs. Nunung Sobari M.M., dalam sambutannya pada Evaluasi Program Pewarisan Kesenian Tradisional Rudat Akrobat dari Kamp. Bolang, Desa Jatisura, Kec. Cikedung, Kab. Indramayu bertempat di halaman Kantor Kecamatan Cikedung Kab. Indramayu, Selasa (18/6/13).

Ditegaskan Nunung, dalam upaya penyelamatan seni budaya tradisi sekaligus (seniman seniwati) pelakunya dilakukan melalui program pewarisan, revitalisasi dan rekonstruksi.

“Sejauh ini kesenian-kesenian melalui program tersebut sudah mulai kembali tumbuh dan berkembang, kini tinggal keseriusan pelaku seninya dan juga dukungan pemerintah daerah,” ujar Nunung.

Sementara kesenian Rudat Akrobat yang merupakan kesenian pesantren yang dibawa (alm) Ki Saleh salah seorang santri asal Pesantren Tambi Indramayu pimpinan dari Kiai Samad sekitar tahun 1968.

Sepeninggal Ki Saleh kesenian tidak berkembang karena tidak ada panutan dan baru sekitar tahun 2010, Satori (43) salah seorang putra Ki Saleh berniat untuk menghidupkan kembali dan baru pada tahun 2013 niatnya tercapai setelah dilakukan Program Pewarisan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat melalui Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat bersama Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Indramayu. (A-87/A_88)***

Baca Juga

Audisi Mojang Jajaka Kab. Bandung

SENI BUDAYA
SALAH seorang peserta tampil membawakan tarian Merak saat unjuk kabisa pada audisi Mojang Jajaka di Gedung Dewi Sartika, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Kamis (6/8/2015).

DKJ dan IKJ Bahas Musik Tradisi Nusantara

SENI BUDAYA

JAKARTA, (PRLM).- Salah satu seni budaya yang turun-temurun hidup dan berkembang di berbagai daerah Nusantara adalah musik. Setiap daerah punya ciri khas musik yang unik sebagai identitas, media ekspresi, dan akar budaya masyarakat setempat.

Paduan Suara Anak-anak Indonesia Raih Juara di AS

SENI BUDAYA

CALIFORNIA, (PRLM).- Kelompok paduan suara "the Resonanz Children Choir" yang diikuti oleh 48 anak berusia sembilan tahun ke atas ini berkompetisi di empat kategori untuk ajang The Golden Gate International Choral Festival 2015.

Tari Topeng Jabar Akan Meriahkan IIMF ke-2

SENI BUDAYA

SOLO, (PRLM).- Para seniman tari topeng asal Jawa Barat, di antaranya penari topeng Indramayu, Kaniri, Juju Masunah (UPI Bandung), para penari topeng Losari, Cirebon dan lain-lain, akan memeriahkan Indonesia International Mask Festival (IIMF) ke-2 tahun 2015 di Solo, pada 4 -6 September 2015.