Berangkat Haji Tergantung Nasab, Nisab, dan Nasib

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Ibadah haji merupakan hal yang unik sehingga seorang Muslim yang berangkat haji tergantung nasab, nisab, dan nasib. Untuk itu, apabila ada calon haji (calhaj) yang ditunda pemberangkatannya untuk tetap bersabar.

"Nisab itu kemampuan untuk berangkat. Alhamdulillah Kab. Bandung saat ini sudah ada 18.211 orang yang mendaftar haji sehingga daftar tunggunya sampai tahun 2021," kata Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) jabar, KH. Sofyan Yahya, dalam pembukaan manasik haji di Masjid Agung Alfathu, Selasa (18/6).

Lebih jauh Kiai Sofyan mengatakan, hal paling kuat adalah nasib karena tidak ada yang bisa menghalangi keberangkatan haji kecuali Allah. "Kalau Allah menunda seseorang berangkat haji, maka tidak ada yang bisa menghalanginya. Calhaj harus sabar karena bisa jadi tahun depan lebih baik kondisinya terutama di Masjidilharam," katanya.

Masjidilharam, kata Kiai Sofyan, sedang direhab besar-besaran sehingga areal sai hanya bisa dipakai di lantai bawah. "Demikian pula dengan tempat tawaf juga sedang diperlebar sehingga jemaah haji kurang nyaman saat beribadah," katanya.(A-71/A-107)***

Baca Juga

Pengalihan Pekerjaaan Bisa Hentikan Pertambangan Karst Rajamandala

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Pengalihan pekerjaan masyarakat perlu dilakukan untuk menghentikan aktivitas pertambangan di karst Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat.

Satu Tersangka Baru Penipuan CPNS

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Tim gabungan dari Polda Jabar dan Polrestabes Bandung masih mengembangkan kasus penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang terungkap pekan lalu. Setelah menetapkan tiga tersangka, polisi mengamankan satu tersangka baru dari daerah Kabupaten Garut.

Kawasan Industri Cimahi Rawan Kebakaran

BANDUNG RAYA
KASUS kebakaran di Kota Cimahi, seringkali diperparah karena minimnya alat pemadam kebakaran. Bahkan di kawasan industri  penyediaan air bawah tanah pun kadang terlupakan.*

CIMAHI, (PRLM).- Minimnya pabrik yang memiliki tempat penyimpanan air bawah tanah (ground tank) dan alat pemadam kebakaran yang memadai membuat kawasan industri di Kota Cimahi rawan kebakaran.

Pemulung Kumpulkan Sisa Material Bangunan

BANDUNG RAYA
PEMULUNG berangkal mengumpulkan berbagai material bangunan sisa pembongkaran rumah warga yang masih bisa dimanfaatkan, di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (5/8/2015). Sisa bahan material bangunan di lahan Pemkot Bandung itu, menjadi berkah tersendiri bag