Biksu Thailand Hidup Mewah Muncul di Youtube

BANGKOK, (PRLM).- Badan nasional Buddha Thailand mengatakan mereka mengawasi aktivitas para biksu menyusul laporan tentang kehidupan mewah mereka. Pengawasan ini dilakukan setelah muncul satu video yang menunjukkan para biksu melakukan perjalanan dengan jet pribadi.

Baru-baru ini, video di YouTube menampilkan seorang biksu yang mengenakan kaca mata hitam mahal, tas mewah serta headphone nirkabel.

Badan nasional Buddha mengatakan para biksu yang bergaya hidup mewah itu telah diperingatkan bahwa tindakan mereka bertentangan dengan ajaran Buddha yang tidak mementingkan materialisme.

Direktur jenderal badan itu, Nopparat Benjawatananun mengatakan mereka telah melihat video tersebut.

Thailand - negara dengan populasi beragama Buddha terbesar di dunia- menerapkan doktrin Buddha yang telah berusia 2.600 tahun melalui berbagai cara, termasuk melarang penjualan alkohol selama hari libur keagamaan. Namun sejumlah upaya itu justru dilanggar oleh para biksu sendiri.

Tahun lalu, sekitar 300 dari 61.416 biksu Buddha di Thailand ditegur - sebagian di antaranya dicabut statusnya- karena berperilaku tidak layak, termasuk menenggak minuman beralkohol, berhubungan seks dengan perempuan sampai pemerasan.

Badan nasional Buddha juga menerima pengaduan terkait biksu yang mengendarai mobil dan tuduhan penggunaan ilmu hitam.

Nopparat mengatakan para biksu Buddha yang terekam di video bertindak "secara tidak layak dan tidak mematuhi ajaran Buddha untuk tetap sederhana dan menahan diri."(bbc/A-147)***

Baca Juga

Wakil Menteri Bolivia Tewas di Tangan Pengunjuk Rasa

SUCRE, (PR).- Wakil Menteri Dalam Negeri Bolivia, Rodolfo Illanes, tewas terbunuh setelah diculik oleh pekerja tambang yang melayangkan aksi unjuk rasa seperti dilansir Reuters, Jumat 25 Agustus 2016.

SEJUMLAH mahasiswi yang tergabung dalam Badan Koordinasi Muslimah KAMMI daerah Bandung melakukan aksi unjuk rasa, di depan Gedung Sate, Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (14/9). Aksi unjuk rasa yang dilakukan dalam rangka peringatan International Hijab

Begini Awal Mula International Hijab Solidarity Day

Beberapa hari ke depan, perempuan muslim akan merayakan International Hijab Solidarity Day atau yang biasa disingkat dengan IHSD merupakan salah satu momen bagi para wanita muslim di beberpa negara untuk mengampanyekan pemakian hijab di dunia.

Roket SpaceX Meledak, Satelit Facebook Rusak

FLORIDA, (PR).- Roket milik SpaceX meledak di launch pad Cape Canaveral pada Kamis, 1 September pagi waktu setempat. Akibatnya, roket serta sebuah satelit yang rencananya akan diluncurkan pada Sabtu, 3 Agustus 2016 tersebut rusak.

Setahun Tragedi Mina, Iran-Arab Saudi Perang Mulut

RIYADH, (PR).- Hubungan Iran dan Arab Saudi kembali memanas setelah kedua negara saling melontarkan kecaman terkait tragedi Mina yang menewaskan 2.426 jemaah haji termasuk 400 jemaah haji asal Iran, negara dengan korban tewas terbanyak.