Ketahuan Berhubungan Seks, Status Dicabut

Biksu Thailand Hidup Mewah Muncul di Youtube

LUAR NEGERI

BANGKOK, (PRLM).- Badan nasional Buddha Thailand mengatakan mereka mengawasi aktivitas para biksu menyusul laporan tentang kehidupan mewah mereka. Pengawasan ini dilakukan setelah muncul satu video yang menunjukkan para biksu melakukan perjalanan dengan jet pribadi.

Baru-baru ini, video di YouTube menampilkan seorang biksu yang mengenakan kaca mata hitam mahal, tas mewah serta headphone nirkabel.

Badan nasional Buddha mengatakan para biksu yang bergaya hidup mewah itu telah diperingatkan bahwa tindakan mereka bertentangan dengan ajaran Buddha yang tidak mementingkan materialisme.

Direktur jenderal badan itu, Nopparat Benjawatananun mengatakan mereka telah melihat video tersebut.

Thailand - negara dengan populasi beragama Buddha terbesar di dunia- menerapkan doktrin Buddha yang telah berusia 2.600 tahun melalui berbagai cara, termasuk melarang penjualan alkohol selama hari libur keagamaan. Namun sejumlah upaya itu justru dilanggar oleh para biksu sendiri.

Tahun lalu, sekitar 300 dari 61.416 biksu Buddha di Thailand ditegur - sebagian di antaranya dicabut statusnya- karena berperilaku tidak layak, termasuk menenggak minuman beralkohol, berhubungan seks dengan perempuan sampai pemerasan.

Badan nasional Buddha juga menerima pengaduan terkait biksu yang mengendarai mobil dan tuduhan penggunaan ilmu hitam.

Nopparat mengatakan para biksu Buddha yang terekam di video bertindak "secara tidak layak dan tidak mematuhi ajaran Buddha untuk tetap sederhana dan menahan diri."(bbc/A-147)***

Baca Juga

Lebih Murah Ganti Nama Daripada Perbaiki Pesanan Tiket Pesawat

LUAR NEGERI

PRLM - Seorang mahasiswa memilih mengganti namanya untuk pergi berlibur, karena lebih murah dibandingkan memperbaiki kesalahan nama pada pemesanan tiket pesawat terbang.

Obama Galang Sekutu untuk Ukraina Dalam KTT G7

LUAR NEGERI

BERLIN, (PRLM).- Presiden AS Barack Obama hari Sabtu (6/6) menuju Jerman untuk menghadiri pertemuan dua hari G7 atau Grup 7, yakni tujuh negara industri terkemuka di dunia.

Para Politisi Italia Berjanji Tolak Migran dalam Kampanye

LUAR NEGERI

ROMA, (PRLM).- Disemangati oleh keberhasilan partai anti-imigran dalam pemilu baru-baru ini, tokoh-tokoh politik Italia di bagian utara negara itu Minggu (7/6/2015) berjanji tidak akan menampung pengungsi yang diselamatkan di laut, meskipun ratusan pengungsi diselamatkan di Laut Tengah dari kapal

Aung San Suu Kyi Akan Berkunjung ke Tiongkok

LUAR NEGERI

YANGON, (PRLM).- Pemimpin oposisi Myanmar, Aung San Suu Kyi, akan berkunjung ke Tiongkok untuk pertama kalinya ketika ketegangan antara kedua negara agak meningkat.