Ketahuan Berhubungan Seks, Status Dicabut

Biksu Thailand Hidup Mewah Muncul di Youtube

LUAR NEGERI

BANGKOK, (PRLM).- Badan nasional Buddha Thailand mengatakan mereka mengawasi aktivitas para biksu menyusul laporan tentang kehidupan mewah mereka. Pengawasan ini dilakukan setelah muncul satu video yang menunjukkan para biksu melakukan perjalanan dengan jet pribadi.

Baru-baru ini, video di YouTube menampilkan seorang biksu yang mengenakan kaca mata hitam mahal, tas mewah serta headphone nirkabel.

Badan nasional Buddha mengatakan para biksu yang bergaya hidup mewah itu telah diperingatkan bahwa tindakan mereka bertentangan dengan ajaran Buddha yang tidak mementingkan materialisme.

Direktur jenderal badan itu, Nopparat Benjawatananun mengatakan mereka telah melihat video tersebut.

Thailand - negara dengan populasi beragama Buddha terbesar di dunia- menerapkan doktrin Buddha yang telah berusia 2.600 tahun melalui berbagai cara, termasuk melarang penjualan alkohol selama hari libur keagamaan. Namun sejumlah upaya itu justru dilanggar oleh para biksu sendiri.

Tahun lalu, sekitar 300 dari 61.416 biksu Buddha di Thailand ditegur - sebagian di antaranya dicabut statusnya- karena berperilaku tidak layak, termasuk menenggak minuman beralkohol, berhubungan seks dengan perempuan sampai pemerasan.

Badan nasional Buddha juga menerima pengaduan terkait biksu yang mengendarai mobil dan tuduhan penggunaan ilmu hitam.

Nopparat mengatakan para biksu Buddha yang terekam di video bertindak "secara tidak layak dan tidak mematuhi ajaran Buddha untuk tetap sederhana dan menahan diri."(bbc/A-147)***

Baca Juga

Salju Longsor di Pegunungan Alpen, 3 Orang Tewas

LUAR NEGERI

PARIS, (PRLM).- Salju longsor di Pegunungan Alpen telah menewaskan dua siswa SMA dan seorang pemain ski Ukraina. Tiga orang lainnya menderita luka berat dalam insiden ini.

Balas Serangan di Istanbul, Turki Tewaskan 200 Pejuang ISIS

LUAR NEGERI

ISTANBUL, (PRLM).- Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan pasukan Turki menghantam 500 target ISIS dengan tembakan artileri dan tank di perbatasan negara itu dengan Suriah dan dekat kamp Turki di Irak utara. Ia mengatakan serangan-serangan itu dilakukan dalam 48 jam terakhir.

Kota Madaya Telah Terkepung Sejak Oktober 2015

LUAR NEGERI

BEIRUT, (PRLM).- Pada awal pekan ini lembaga kemanusiaan Palang Merah Internasional dilaporkan menjadi kelompok internaisonal pertama yang berhasil memasuki kota Madaya untuk mendistribusikan makanan dan obat-obatan bagi warga setempat.

Pejabat Korut Muncul Lagi setelah 3 Bulan Menghilang

LUAR NEGERI

PYONGYANG, (PRLM).- Pejabat tinggi Korea Utara, yang menghilang dari mata publik selama tiga bulan, muncul kembali di depan umum, menurut media pemerintah negara komunis itu.