Ketahuan Berhubungan Seks, Status Dicabut

Biksu Thailand Hidup Mewah Muncul di Youtube

LUAR NEGERI

BANGKOK, (PRLM).- Badan nasional Buddha Thailand mengatakan mereka mengawasi aktivitas para biksu menyusul laporan tentang kehidupan mewah mereka. Pengawasan ini dilakukan setelah muncul satu video yang menunjukkan para biksu melakukan perjalanan dengan jet pribadi.

Baru-baru ini, video di YouTube menampilkan seorang biksu yang mengenakan kaca mata hitam mahal, tas mewah serta headphone nirkabel.

Badan nasional Buddha mengatakan para biksu yang bergaya hidup mewah itu telah diperingatkan bahwa tindakan mereka bertentangan dengan ajaran Buddha yang tidak mementingkan materialisme.

Direktur jenderal badan itu, Nopparat Benjawatananun mengatakan mereka telah melihat video tersebut.

Thailand - negara dengan populasi beragama Buddha terbesar di dunia- menerapkan doktrin Buddha yang telah berusia 2.600 tahun melalui berbagai cara, termasuk melarang penjualan alkohol selama hari libur keagamaan. Namun sejumlah upaya itu justru dilanggar oleh para biksu sendiri.

Tahun lalu, sekitar 300 dari 61.416 biksu Buddha di Thailand ditegur - sebagian di antaranya dicabut statusnya- karena berperilaku tidak layak, termasuk menenggak minuman beralkohol, berhubungan seks dengan perempuan sampai pemerasan.

Badan nasional Buddha juga menerima pengaduan terkait biksu yang mengendarai mobil dan tuduhan penggunaan ilmu hitam.

Nopparat mengatakan para biksu Buddha yang terekam di video bertindak "secara tidak layak dan tidak mematuhi ajaran Buddha untuk tetap sederhana dan menahan diri."(bbc/A-147)***

Baca Juga

Kepedulian Masyarakat Terhadap Wartawan Masih Rendah

LUAR NEGERI

MARYLAND, (PRLM).- Dua organisasi internasional melancarkan kampanye untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dengan wartawan yang dipenjarakan di seluruh dunia karena pekerjaan mereka atau gugur ketika melaksanakan penugasan.

Berantas Ebola, Sierra Leone Tutup Freetown

LUAR NEGERI

FREETOWN, (PRL M).- Warga di Sierra Leone diperintahkan untuk tetap tinggal di rumah akhir pekan ini, sementara pihak berwenang melakukan upaya lain untuk mengakhiri epidemi Ebola yang sudah menewaskan lebih dari 3.000 orang di negara itu.

Ada Klaim dari Warga Yangchun

Pemilik Tarik Patung Mumi dari Pameran

LUAR NEGERI

BEIJING, (PRLM).- Seorang kolektor seni Belanda mengatakan bersedia untuk mengembalikan 'mumi Buddha' jika memang terbukti dicuri dari desa Yangchun di Cina.

Tim Penyidik Temukan Sebagian DNA Korban Germanwings

LUAR NEGERI

PARIS, (PRLM).- Tim penyidik di pegunungan Alpen, Prancis, mengatakan sudah mengambil 78 untaian DNA yang berbeda dari 150 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat Germanwings.