Akibat Perbaikan di Masjidil Haram

Kuota Berkurang, 372 Calhaj Indramayu Gagal Berangkat

JAWA BARAT

INDRAMAYU, (PRLM).- Sebanyak 372 calon jemaah haji di Kabupaten Indramayu dipastikan gagal berangkat tahun ini seiring dengan adanya pengurangan kuota haji. Meski demikian, ratusan jemaah haji tersebut akan diprioritaskan untuk berangkat ke tanah suci tahun depan.

Kepala Kementerian Agama Indramayu, Yayat Hidayat mengungkapkan, pengurangan kuota haji berlaku di seluruh Indonesia akibat adanya perbaikan di Masjidil Haram, Mekah sehingga daya tampung jemaah berkurang. Di Indramayu, kuota haji tahun ini menjadi 1.484 jemaah berkurang dari rencana kuota awal sebanyak 1.856.

“Saat ini tinggal 76 calon haji saja yang belum melunasi pembayaran. Sisanya sudah melunasi semua. Namun, bagi yang sudah melunasi tetapi tidak berangkat tahun ini, akan diprioritaskan tahun depan tanpa dibebankan biaya lagi,” kata Yayat saat dihubungi "PRLM", Minggu (16/6/2013).

Yayat mengungkapkan, ratusan calhaj yang bakal dicoret dari keberangkatan tahun ini di antaranya warga yang sudah pernah menunaikan ibadah haji, lanjut usia, dan memiliki keterbatasan fisik. Nama-nama calhaj yang batal berangkat tahun ini akan diumumkan Kemenag Indramayu pekan ini.

Para calon jemaah haji di Kabupaten Indramayu terus meningkat setiap tahun. Kemenag Indramayu saat ini telah mencatat 18.572 calon jemaah haji yang termasuk dalam daftar tunggu hingga 2023.
Terus meningkatnya calon jemaah haji di Indramayu, kata Yayat, menunjukkan bahwa kesadaran warga setempat dalam menunaikan rukun Islam yang kelima terus meningkat. “Selain itu, kondisi itu juga membuktikan bahwa perekonomian masyarakat Indramayu meningkat,” ucapnya. (A-192/A-147)***

Baca Juga

Dalam Tiga Hari, Dua Kebakaran Besar Terjadi di Kota Banjar

JAWA BARAT

BANJAR,(PRLM).-Dua kebakaran besar terjadi di Kota Banjar dalam kurun waktu tiga hari.

Moratorium TKI Resahkan Warga Indramayu

JAWA BARAT
Moratorium TKI Resahkan Warga Indramayu

INDRAMAYU, (PRLM).- Dampak moratorium tenaga kerja Indonesia di kawasan Timur Tengah akan berdampak besar terhadap TKI asal Kabupaten Indramayu. Pasalnya, Kabupaten Indramayu merupakan penyumbang TKI tertinggi se-Indonesia.

Wali Kota Banjar Pimpin Doa Selamatkan Sawah dari Kekeringan

JAWA BARAT

BANJAR,(PRLM).-Sedikitnya 500 hektar dari 3.250 hektar persawahan di Kota Banjar mengalami kekeringan. Sebagian besar kawasan pertanian yang kekeringan dan sebagian terancam puso atau gagal tanam berada di areal sawah tadah hujan.

Kebakaran Hanguskan Ribuan Lemari Plastik

JAWA BARAT
REGU pemadam kebakaran Kabupaten Kuningan disertai petugas dan sukarelawan berusaha memadamkan api yang sedang membakar puing ribuan unit lemari plastik baru di tempat penyimpanan barang dagangan toko Shinta, di jakan Veteran no 37 kawasan perkotaan Kabup

KUNINGAN, (PRLM).- Ribuan unit lemari plastik baru di gudang merangkap tempat tinggal milik pengusaha toko Shinta, di Jalan Veteran Nomor 37, Blok Cijalim, Kelurahan Kuningan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan habis terbakar dalam musibah kebakaran yang melanda bagian bangunan tersebut, Jum