Akibat Perbaikan di Masjidil Haram

Kuota Berkurang, 372 Calhaj Indramayu Gagal Berangkat

JAWA BARAT

INDRAMAYU, (PRLM).- Sebanyak 372 calon jemaah haji di Kabupaten Indramayu dipastikan gagal berangkat tahun ini seiring dengan adanya pengurangan kuota haji. Meski demikian, ratusan jemaah haji tersebut akan diprioritaskan untuk berangkat ke tanah suci tahun depan.

Kepala Kementerian Agama Indramayu, Yayat Hidayat mengungkapkan, pengurangan kuota haji berlaku di seluruh Indonesia akibat adanya perbaikan di Masjidil Haram, Mekah sehingga daya tampung jemaah berkurang. Di Indramayu, kuota haji tahun ini menjadi 1.484 jemaah berkurang dari rencana kuota awal sebanyak 1.856.

“Saat ini tinggal 76 calon haji saja yang belum melunasi pembayaran. Sisanya sudah melunasi semua. Namun, bagi yang sudah melunasi tetapi tidak berangkat tahun ini, akan diprioritaskan tahun depan tanpa dibebankan biaya lagi,” kata Yayat saat dihubungi "PRLM", Minggu (16/6/2013).

Yayat mengungkapkan, ratusan calhaj yang bakal dicoret dari keberangkatan tahun ini di antaranya warga yang sudah pernah menunaikan ibadah haji, lanjut usia, dan memiliki keterbatasan fisik. Nama-nama calhaj yang batal berangkat tahun ini akan diumumkan Kemenag Indramayu pekan ini.

Para calon jemaah haji di Kabupaten Indramayu terus meningkat setiap tahun. Kemenag Indramayu saat ini telah mencatat 18.572 calon jemaah haji yang termasuk dalam daftar tunggu hingga 2023.
Terus meningkatnya calon jemaah haji di Indramayu, kata Yayat, menunjukkan bahwa kesadaran warga setempat dalam menunaikan rukun Islam yang kelima terus meningkat. “Selain itu, kondisi itu juga membuktikan bahwa perekonomian masyarakat Indramayu meningkat,” ucapnya. (A-192/A-147)***

Baca Juga

Petugas Polsek Jatinangor Tembak Pelaku Curas

JAWA BARAT

SUMEDANG,(PRLM).-Seorang DPO tersangka aksi pencurian dengan kekerasan, Roni (40) warga Provinsi Sumatera Selatan, ditembak kaki bagian kanannya oleh Unit Reserse dan Kriminal Kepolisian Sektor Jatinangor, ketika berusaha melarikan diri, Senin (6/4/2015) di Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor, Kab

Massa Ormas Datangi Disdukcapil Soal Dugaan Manipulasi Data

JAWA BARAT

BANJAR, (PRLM).- Massa satu ormas mendatangi Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar, Selasa (7/4/2015). Mereka menduga ada oknum di instansi tersebut, sehingga menerbitkan dokumen yang tidak sesuai dengan fakta.

Polresta Banjar Akhirnya Punya Fasilitas Uji Praktik Mengemudi

JAWA BARAT

BANJAR, (PRLM).- Kepolisan Resor Kota Banjar akhirnya memiliki sendiri tempat uji praktik pembuatan surat izin mengemudi Satuan Administrasi Pelayanan SIM. Fasilitas baru yang dibangun dalam kurun waktu kurang dari sebulan itu, berada di sisi hutan jati belakang Mapolresta Banjar.

PLUT-KUMKM Berdayakan Perempuan Pesisir Cianjur

JAWA BARAT
SEJUMLAH kaum perempuan dari wilayah pesisir Cianjur selatan ikuti workshop pemberdayaan perempuan yang dilaksanakan di PLUT-KUMKM Cianjur jalan Gadog II Desa Gadog Kecamatan Pacet.

CIANJUR, (PRLM).- Sejumlah kaum perempuan dari wilayah pesisir Cianjur selatan mengikuti kegiatan workshop and ekspos program pemberdayaan perempuan yang dilaksanakan di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) di Jalan Gadog II Desa Gadog Kecamatan