Kuota Berkurang, 372 Calhaj Indramayu Gagal Berangkat

INDRAMAYU, (PRLM).- Sebanyak 372 calon jemaah haji di Kabupaten Indramayu dipastikan gagal berangkat tahun ini seiring dengan adanya pengurangan kuota haji. Meski demikian, ratusan jemaah haji tersebut akan diprioritaskan untuk berangkat ke tanah suci tahun depan.

Kepala Kementerian Agama Indramayu, Yayat Hidayat mengungkapkan, pengurangan kuota haji berlaku di seluruh Indonesia akibat adanya perbaikan di Masjidil Haram, Mekah sehingga daya tampung jemaah berkurang. Di Indramayu, kuota haji tahun ini menjadi 1.484 jemaah berkurang dari rencana kuota awal sebanyak 1.856.

“Saat ini tinggal 76 calon haji saja yang belum melunasi pembayaran. Sisanya sudah melunasi semua. Namun, bagi yang sudah melunasi tetapi tidak berangkat tahun ini, akan diprioritaskan tahun depan tanpa dibebankan biaya lagi,” kata Yayat saat dihubungi "PRLM", Minggu (16/6/2013).

Yayat mengungkapkan, ratusan calhaj yang bakal dicoret dari keberangkatan tahun ini di antaranya warga yang sudah pernah menunaikan ibadah haji, lanjut usia, dan memiliki keterbatasan fisik. Nama-nama calhaj yang batal berangkat tahun ini akan diumumkan Kemenag Indramayu pekan ini.

Para calon jemaah haji di Kabupaten Indramayu terus meningkat setiap tahun. Kemenag Indramayu saat ini telah mencatat 18.572 calon jemaah haji yang termasuk dalam daftar tunggu hingga 2023.
Terus meningkatnya calon jemaah haji di Indramayu, kata Yayat, menunjukkan bahwa kesadaran warga setempat dalam menunaikan rukun Islam yang kelima terus meningkat. “Selain itu, kondisi itu juga membuktikan bahwa perekonomian masyarakat Indramayu meningkat,” ucapnya. (A-192/A-147)***

Baca Juga

Persyaratan Bertambah, Penerima Hibah Bansos Menurun

CIKARANG, (PR).- Jumlah penerima hibah yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah tahun ini dipastikan menurun. Hal tersebut berkaitan dengan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri 14 tahun 2016 yang mengharuskan penerima hibah telah berbadan hukum minimal tiga tahun.

Murid PAUD Tewas Tenggelam di Waterland Cirebon

CIREBON, (PR).- Feby Febriansyah (6) tewas tenggelam di kolam renang di lokasi wisata Waterland Cirebon, Kamis 26 Mei 2016 sore. Feby adalah murid PAUD Kelompok Belajar Saluyu Ciwaru di Desa Linggajaya, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan.

Tersandung Narkoba, 2 Polisi Dipecat

SUKABUMI, (PR).- Kepala Bagian Sumber Daya, Kepolisian Resor Sukabumi Kota, Gatot Satrio Utomo mengatakan jajarannya telah melakukan penindakan tegas terhadap anggotanya. Pihaknya memecat dua orang personel kepolisian, tapi telah menindak tegas tujuh belas personil dari kesatuan lainnya.

ciamis, seni budaya,

Tradisi Ngikis, Memagari Diri dari Nafsu Jelang Ramadan

CIAMIS,(PR).- Jelang bulan suci Ramadan, beberapa ritus adat dapat dijumpat di tatar galuh Ciamis. Di antaranya Misalin, Nyuguh, Nyepuh serta Ngikis.

Ritual Ngikis berlangsung di kawasan situ cagar budaya Ciungwanara, Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.