Akibat Perbaikan di Masjidil Haram

Kuota Berkurang, 372 Calhaj Indramayu Gagal Berangkat

JAWA BARAT

INDRAMAYU, (PRLM).- Sebanyak 372 calon jemaah haji di Kabupaten Indramayu dipastikan gagal berangkat tahun ini seiring dengan adanya pengurangan kuota haji. Meski demikian, ratusan jemaah haji tersebut akan diprioritaskan untuk berangkat ke tanah suci tahun depan.

Kepala Kementerian Agama Indramayu, Yayat Hidayat mengungkapkan, pengurangan kuota haji berlaku di seluruh Indonesia akibat adanya perbaikan di Masjidil Haram, Mekah sehingga daya tampung jemaah berkurang. Di Indramayu, kuota haji tahun ini menjadi 1.484 jemaah berkurang dari rencana kuota awal sebanyak 1.856.

“Saat ini tinggal 76 calon haji saja yang belum melunasi pembayaran. Sisanya sudah melunasi semua. Namun, bagi yang sudah melunasi tetapi tidak berangkat tahun ini, akan diprioritaskan tahun depan tanpa dibebankan biaya lagi,” kata Yayat saat dihubungi "PRLM", Minggu (16/6/2013).

Yayat mengungkapkan, ratusan calhaj yang bakal dicoret dari keberangkatan tahun ini di antaranya warga yang sudah pernah menunaikan ibadah haji, lanjut usia, dan memiliki keterbatasan fisik. Nama-nama calhaj yang batal berangkat tahun ini akan diumumkan Kemenag Indramayu pekan ini.

Para calon jemaah haji di Kabupaten Indramayu terus meningkat setiap tahun. Kemenag Indramayu saat ini telah mencatat 18.572 calon jemaah haji yang termasuk dalam daftar tunggu hingga 2023.
Terus meningkatnya calon jemaah haji di Indramayu, kata Yayat, menunjukkan bahwa kesadaran warga setempat dalam menunaikan rukun Islam yang kelima terus meningkat. “Selain itu, kondisi itu juga membuktikan bahwa perekonomian masyarakat Indramayu meningkat,” ucapnya. (A-192/A-147)***

Baca Juga

Jalur Utara Garut-Tasikmalaya Rawan Terjadi Laka Lantas

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Jalur Dari Tasikmalaya menuju Garut lewat jalur utara rawan terjadi kecelakaan, selain jalan sepanjang jalur tersebut berlubangn jika diguyur hujan lubang tersebut tertutup air, sehingga pengendara harus berhati-hati.

Maling Satroni SMK PGRI 2 Cianjur

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Kawanan maling menyatroni SMK PGRI 2 Cianjur yang berada di Jalan Pangeran Hidayatullah nomor 103, Kabupaten Cianjur. Maling tersebut masuk kedalam ruangan setelah berhasil menjebol jendela ruangan. Kejadian itu baru diketahui pihak sekolah Selasa (28/4/2015) pagi.

Ratusan Sahabat Satu Hati Tanam 1.000 Mangrove

JAWA BARAT
SISWA Sekolah Satu Hati binaan AHM mengikuti penanaman mangrove di Desa Pantai Bahagia Muara Gembong.

BEKASI, (PRLM).- Memperingati Hari Bumi 2015, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama 320 orang Sahabat Satu Hati melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove di ‎pesisir pantai utara Bekasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Ombak Besar, Nelayan Pangandaran Kurangi Melaut

JAWA BARAT
Ombak Besar, Nelayan Pangandaran Kurangi Melaut

PANGANDARAN,(PRLM).-Nasib nelayan di wilayah Kabuaten Pangandaran, tampaknya tidak segera beranjak dari keterpurukan.

Setelah hampir lima bulan dilanda masa paceklik, saat ini nelayan juga mengurangi kegiatan melaut, akibat datangnya arus kuat bersamaan dengan ombak besar.