Harga Cabe Merah Keriting di Banyumas Naik Drastis

EKONOMI

BANYUMAS, (PRLM).- Harga cabe merah keriting di pasar tradisional di Banyumas Jawa Tengah naik drastis. Dari semula hanya Rp 20.000 per kilogram, kini menjadi Rp 32.000 – Rp 35.000 per kg, tergantung kualitas cabe.

Penaikan harga cabe di pasar tradisional menurut pedagang akibat minimnya suplai dari petani.

Menurut Paryan (45), pedagang cabe di Pasar Wage Purwokerto dalam sepekan terakhir harga cabai merah keriting terus bergerak naik.

"Stok dari petani sudah mulai berkurang banyak sehingga harga terus merangkak naik, hampir setiap hari harga berubah,"jelasnya di Banyumas, Senin.

Jenis cabe rawit juga naik, seperti cabai rawit hijau dari pekan lalu dijual Rp 10.000 sekarang menjadi 15.000 per kg. Sementara cabai rawit merah dari Rp16.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

"Berdasarkan keterangan dari petani, minimnya suplai cabe dari petani karena buah dan bunga tanaman cabe banyak rontok akibat curah hujan yang tinggi."jelasnya.

Jika kondisi seperti ini katanya, maka harga cabe pada menjelang lebaran bisa menembus Rp 80.000 - 100 ribu per kg seperti lebaran tahun yang lalu. (A-99/A-26)***

Baca Juga

Jika Penghapusan BBM Premium Dipaksakan Menteri Lebih Baik Mundur

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Gerindra Ramson Siagian mendesak Menteri ESDM Sudirman Said mundur jika tetap memaksakan penghapusan premium bersubsidi dan tidak memberikan alternatif pembelian BBM di setiap SPBU di seluruh Indonésia.

Konferensi Asia Afrika 2015

Indonesia-Afsel Kedepankan Kerja Sama Ekonomi

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Afrika Selatan (Afsel) merupakan mitra dagang terbesar ke-2 Indonesia di kawasan Afrika Sub-Sahara setelah Nigeria, dengan angka total USD 1,88 milyar dan surplus bagi Indonesia sebesar USD 881 juta pada tahun 2014.

Tiga Jenis Buah-buahan Subang Sudah Bisa Diekspor

EKONOMI

SUBANG, (PRLM).-Tiga jenis komoditas buah-buahan produksi petani di Kabupaten Subang, yaitu Nenas, Rambutan, dan Manggis sudah bisa di ekspor ke beberapa negara. Namun buah manggis menjadi paling banyak menembus pasar ekspor.

Harga Pupuk Stabil

EKONOMI
Harga Pupuk Stabil