Harga Cabe Merah Keriting di Banyumas Naik Drastis

BANYUMAS, (PRLM).- Harga cabe merah keriting di pasar tradisional di Banyumas Jawa Tengah naik drastis. Dari semula hanya Rp 20.000 per kilogram, kini menjadi Rp 32.000 – Rp 35.000 per kg, tergantung kualitas cabe.

Penaikan harga cabe di pasar tradisional menurut pedagang akibat minimnya suplai dari petani.

Menurut Paryan (45), pedagang cabe di Pasar Wage Purwokerto dalam sepekan terakhir harga cabai merah keriting terus bergerak naik.

"Stok dari petani sudah mulai berkurang banyak sehingga harga terus merangkak naik, hampir setiap hari harga berubah,"jelasnya di Banyumas, Senin.

Jenis cabe rawit juga naik, seperti cabai rawit hijau dari pekan lalu dijual Rp 10.000 sekarang menjadi 15.000 per kg. Sementara cabai rawit merah dari Rp16.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

"Berdasarkan keterangan dari petani, minimnya suplai cabe dari petani karena buah dan bunga tanaman cabe banyak rontok akibat curah hujan yang tinggi."jelasnya.

Jika kondisi seperti ini katanya, maka harga cabe pada menjelang lebaran bisa menembus Rp 80.000 - 100 ribu per kg seperti lebaran tahun yang lalu. (A-99/A-26)***

Baca Juga

Inflasi Rendah Sedot Investasi ke Bojonegoro

JAKARTA, (PR).- Bupati Bojonegoro Suyoto menegaskan, Kabupaten Bojonegoro merupakan daerah yang tepat untuk menjadi tujuan investasi karena merupakan daerah yang berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi di tahun 2015 (19,34%), melampaui kecepatan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur

LPS Tangani 11 BPR tidak Sehat

SOLO, (PR).- Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kini sedang menangani 11 bank bermasalah yang disebut menunjukkan tanda "batuk-batuk" di berbagai daerah di Indonesia.

Barang Milik Negara Tingkatkan Nilai Kapitalisasi BUMN

JAKARTA, (PR).- Barang Milik Negara (BMN) seperti pelabuhan, bandara, hotel, jalan tol yang saat ini dioperasikan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disarankan agar dijadikan Penyertaan Modal Negara (PMN).