Harga Cabe Merah Keriting di Banyumas Naik Drastis

EKONOMI

BANYUMAS, (PRLM).- Harga cabe merah keriting di pasar tradisional di Banyumas Jawa Tengah naik drastis. Dari semula hanya Rp 20.000 per kilogram, kini menjadi Rp 32.000 – Rp 35.000 per kg, tergantung kualitas cabe.

Penaikan harga cabe di pasar tradisional menurut pedagang akibat minimnya suplai dari petani.

Menurut Paryan (45), pedagang cabe di Pasar Wage Purwokerto dalam sepekan terakhir harga cabai merah keriting terus bergerak naik.

"Stok dari petani sudah mulai berkurang banyak sehingga harga terus merangkak naik, hampir setiap hari harga berubah,"jelasnya di Banyumas, Senin.

Jenis cabe rawit juga naik, seperti cabai rawit hijau dari pekan lalu dijual Rp 10.000 sekarang menjadi 15.000 per kg. Sementara cabai rawit merah dari Rp16.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

"Berdasarkan keterangan dari petani, minimnya suplai cabe dari petani karena buah dan bunga tanaman cabe banyak rontok akibat curah hujan yang tinggi."jelasnya.

Jika kondisi seperti ini katanya, maka harga cabe pada menjelang lebaran bisa menembus Rp 80.000 - 100 ribu per kg seperti lebaran tahun yang lalu. (A-99/A-26)***

Baca Juga

Pemerintah Harus Komitmen Bangun Industri Garam

EKONOMI

BANDUNG,(PRLM).- Peningkatan kebutuhan garam untuk industri aneka pangan yang diiringi janji para pelaku usaha industri untuk menggunakan produk garam lokal harus segera disambut pemerintah.

Kebijakan Moneter Bisa Longgar jika AS Naikkan Suku Bunga

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Bank Indonesia akan memiliki kekeluasaan untuk melonggarkan kebijakan moneternya setelah bank sentral AS atau The Fed menaikkan suku bunga, menurut seorang pejabat Bank Indonesia.

Indonesia - Amerika Gali Potensi Kerja Sama Energi

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah Indonesia akan melakukan semua upaya agar dapat terus mengembangkan sektor energi, salah satunya dengan memperkuat kerjasama di bidang energi dengan Amerika Serikat.

Sapi Lokal Belum Mencukupi Permintaan Pasar

EKONOMI

TASIKMALAYA, (PRLM).- Menanggapi terkait mahalnya harga daging sapi di pasaran, Kabid Peternakan, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya, Edi Ruhaedi, Kamis (6/8/2015) menjelaskan, di Kota Tasikmalaya ada sapi lokal.