Harga Cabe Merah Keriting di Banyumas Naik Drastis

EKONOMI

BANYUMAS, (PRLM).- Harga cabe merah keriting di pasar tradisional di Banyumas Jawa Tengah naik drastis. Dari semula hanya Rp 20.000 per kilogram, kini menjadi Rp 32.000 – Rp 35.000 per kg, tergantung kualitas cabe.

Penaikan harga cabe di pasar tradisional menurut pedagang akibat minimnya suplai dari petani.

Menurut Paryan (45), pedagang cabe di Pasar Wage Purwokerto dalam sepekan terakhir harga cabai merah keriting terus bergerak naik.

"Stok dari petani sudah mulai berkurang banyak sehingga harga terus merangkak naik, hampir setiap hari harga berubah,"jelasnya di Banyumas, Senin.

Jenis cabe rawit juga naik, seperti cabai rawit hijau dari pekan lalu dijual Rp 10.000 sekarang menjadi 15.000 per kg. Sementara cabai rawit merah dari Rp16.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

"Berdasarkan keterangan dari petani, minimnya suplai cabe dari petani karena buah dan bunga tanaman cabe banyak rontok akibat curah hujan yang tinggi."jelasnya.

Jika kondisi seperti ini katanya, maka harga cabe pada menjelang lebaran bisa menembus Rp 80.000 - 100 ribu per kg seperti lebaran tahun yang lalu. (A-99/A-26)***

Baca Juga

Tradisi Damai Membuat tidak Tegas

"Budaya 86" Harus Hilang di Pengawasan Ketenagakerjaan

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Budaya 86 atau "damai dalam menyelesaikan persoalan atau pelanggaran" dinilai sudah merasuk ke berbagai sektor kehidupan masyarakat tanpa kecuali di sektor pengawasan ketenagakerjaan.

Jokowi: Lemahnya Rupiah adalah Sinyal Perlunya Perbaikan Ekonomi

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Presiden Joko Widodo terus memperhatikan pelemahan pada nilai tukar rupiah yang sudah menembus angka Rp 13.000 sejak dua pekan terakhir. Presiden menilai, pelemahan rupiah itu merupakan sinyal perlunya perbaikan ekonomi Indonesia.

BTN Perluas Kredit Dukung Program 1 Juta Rumah

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyetujui setoran deviden kepada pemerintah hanya sebesar 20 persen dari laba bersih.

Harga Bawang di Tingkat Petani Mulai Turun

EKONOMI

CIREBON, (PRLM).- Harga bawang di tingkat petani mulai turun, dari semula Rp 25.000 per kg pekan lalu, saat ini menjadi Rp 20.000 per kg.

Petani pun semakin was-was, harga bawang bakal anjlok, menyusul adanya kabar pemerintah mau impor.