Harga Cabe Merah Keriting di Banyumas Naik Drastis

EKONOMI

BANYUMAS, (PRLM).- Harga cabe merah keriting di pasar tradisional di Banyumas Jawa Tengah naik drastis. Dari semula hanya Rp 20.000 per kilogram, kini menjadi Rp 32.000 – Rp 35.000 per kg, tergantung kualitas cabe.

Penaikan harga cabe di pasar tradisional menurut pedagang akibat minimnya suplai dari petani.

Menurut Paryan (45), pedagang cabe di Pasar Wage Purwokerto dalam sepekan terakhir harga cabai merah keriting terus bergerak naik.

"Stok dari petani sudah mulai berkurang banyak sehingga harga terus merangkak naik, hampir setiap hari harga berubah,"jelasnya di Banyumas, Senin.

Jenis cabe rawit juga naik, seperti cabai rawit hijau dari pekan lalu dijual Rp 10.000 sekarang menjadi 15.000 per kg. Sementara cabai rawit merah dari Rp16.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

"Berdasarkan keterangan dari petani, minimnya suplai cabe dari petani karena buah dan bunga tanaman cabe banyak rontok akibat curah hujan yang tinggi."jelasnya.

Jika kondisi seperti ini katanya, maka harga cabe pada menjelang lebaran bisa menembus Rp 80.000 - 100 ribu per kg seperti lebaran tahun yang lalu. (A-99/A-26)***

Baca Juga

BI Longgarkan Aturan Valas untuk Dorong Pasar Domestik

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Bank Indonesia (BI) melonggarkan beberapa aturan pertukaran mata uang asing untuk mendorong dan memperdalam pasar valuta asing domestik di negara ini.

Tol Cisumdawu dan Waduk Jatigede Harus Dongkrak Perekonomian Daerah

EKONOMI

SUMEDANG, (PRLM).- Dua projek besar yang sudah dan sedang dibangun di Kabupaten Sumedang yakni Waduk Jatigede dan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) harus mampu mendongkrak perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Tim Khusus Pemkab Bandung untuk Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadan

EKONOMI

SOREANG, (PRLM).- Untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan, Pemerintah Kabupaten Bandung akan membentuk tim khusus.

Tim tersebut terdiri dari petugas Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, kepolisian, serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Kecelakaan Kerja di Indonesia Terus Meningkat

EKONOMI

DEPOK, (PRLM).- Tingkat kecelakaan kerja di Indonesia tergolong tinggi dan cenderung meningkat setiap tahunnya. Peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja perlu diupayakan untuk melindungi aset human capital dan menunjang keunggulan kompetitif bangsa.