Harga Cabe Merah Keriting di Banyumas Naik Drastis

EKONOMI

BANYUMAS, (PRLM).- Harga cabe merah keriting di pasar tradisional di Banyumas Jawa Tengah naik drastis. Dari semula hanya Rp 20.000 per kilogram, kini menjadi Rp 32.000 – Rp 35.000 per kg, tergantung kualitas cabe.

Penaikan harga cabe di pasar tradisional menurut pedagang akibat minimnya suplai dari petani.

Menurut Paryan (45), pedagang cabe di Pasar Wage Purwokerto dalam sepekan terakhir harga cabai merah keriting terus bergerak naik.

"Stok dari petani sudah mulai berkurang banyak sehingga harga terus merangkak naik, hampir setiap hari harga berubah,"jelasnya di Banyumas, Senin.

Jenis cabe rawit juga naik, seperti cabai rawit hijau dari pekan lalu dijual Rp 10.000 sekarang menjadi 15.000 per kg. Sementara cabai rawit merah dari Rp16.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

"Berdasarkan keterangan dari petani, minimnya suplai cabe dari petani karena buah dan bunga tanaman cabe banyak rontok akibat curah hujan yang tinggi."jelasnya.

Jika kondisi seperti ini katanya, maka harga cabe pada menjelang lebaran bisa menembus Rp 80.000 - 100 ribu per kg seperti lebaran tahun yang lalu. (A-99/A-26)***

Baca Juga

Stok Menipis, Harga Gabah Kering Gilik Naik

EKONOMI
SEJUMLAH petani di Blok Sukamandi, Desa Mekaraharja, Kecamatan Talaga sedang memanen sawahnya beberapa waktu lalu. Harga gabah di Kabupaten Majalengka kini telah mencapai Rp 600.000 per kuintal hingga Rp 610.000 per kuintal.*

MAJALENGKA,(PRLM).- Harga gabah kering giling di hampir semua wilayah di Kabupaten Majalengka telah mencapai Rp 600.000 per kuintal hingga 610.000 per kuintal. Harga gabah diprediksi masih akan mengalami kenaikan karena sebagian besar petani baru memulai musim tanam.

Hadapi MEA, Perusahaan Wajib Terapkan K3

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dakhiri menegaskan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) selain peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), seluruh perusahaan diminta juga untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkungan ker

Sejumlah Pedagang PIC Keluhkan Sepinya Pengunjung

EKONOMI

CIANJUR,(PRLM).-Sejumlah pedagang yang baru saja menempati Pasar Induk Cianjur (PIC) Pasir Hayam mengaku mengeluhkan sepi pengunjung dibandingkan denga tempat usaha mereka yang lama. Sejak dipindahkan pada akhir Desember 2015 lalu, pengunjung atau pembeli terasa semakin sepi.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan Terintegrasi dengan LRT dan MRT

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah memutuskan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan secara terintegrasi dengan kereta ringan atau light rail transit (LRT) untuk Bandung Raya dan Jakarta.