Harga Cabe Merah Keriting di Banyumas Naik Drastis

EKONOMI

BANYUMAS, (PRLM).- Harga cabe merah keriting di pasar tradisional di Banyumas Jawa Tengah naik drastis. Dari semula hanya Rp 20.000 per kilogram, kini menjadi Rp 32.000 – Rp 35.000 per kg, tergantung kualitas cabe.

Penaikan harga cabe di pasar tradisional menurut pedagang akibat minimnya suplai dari petani.

Menurut Paryan (45), pedagang cabe di Pasar Wage Purwokerto dalam sepekan terakhir harga cabai merah keriting terus bergerak naik.

"Stok dari petani sudah mulai berkurang banyak sehingga harga terus merangkak naik, hampir setiap hari harga berubah,"jelasnya di Banyumas, Senin.

Jenis cabe rawit juga naik, seperti cabai rawit hijau dari pekan lalu dijual Rp 10.000 sekarang menjadi 15.000 per kg. Sementara cabai rawit merah dari Rp16.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

"Berdasarkan keterangan dari petani, minimnya suplai cabe dari petani karena buah dan bunga tanaman cabe banyak rontok akibat curah hujan yang tinggi."jelasnya.

Jika kondisi seperti ini katanya, maka harga cabe pada menjelang lebaran bisa menembus Rp 80.000 - 100 ribu per kg seperti lebaran tahun yang lalu. (A-99/A-26)***

Baca Juga

Yunani Tutup Bank, Berlakukan Pengendalian Modal

EKONOMI

ATHENA, (PRLM).- Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras hari Minggu (28/6/2015) mengatakan bank-bank di negara itu akan ditutup dan penarikan tunai dibatasi akibat kebuntuan utang yang semakin mendalam antara Yunani dan para pemberi pinjaman internasional.

Perpres Harus Mampu Kendalikan Harga Barang

EKONOMI

BANDUNG,(PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Perpres tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting untuk mengendalikan ketersediaan dan stabilitas harga.

Rakyat Inginkan Harga-harga Kebutuhan Turun

EKONOMI

JAKARTA,(PRLM).-Kontroversi mengenai reshuffle Kabinet Kerja seharusnya tidak perlu menjadi wacana publik karena yang diinginkan masyarakat saat ini adalah bagaimana pemerintah berbuat mengamankan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran.

Kerjasama Aliansi Bisnis Bank Bjb

EKONOMI
Kerjasama Aliansi Bisnis Bank Bjb