Akibat Susno "Berlindung" ke Polda?

Neta S Pane, "Penggantian Kapolda Jabar Terasa Aneh"

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Indonesia Police Watch (IPW) menilai keputusan Mabes Polri untuk memutasi 11 Kapolda adalah hal yang biasa. Sebab, perpindahan dilakukan karena adanya sejumlah perwira tinggi dan Kapolda yang akan pensiun.

Namun, IPW mencatat ada enam poin yang menarik untuk dicermati dari mutasi menjelang pergantian Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Nanan Sukarna dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo. Salah satunya, IPW menilai penggantian Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Tubagus Anis Angkawijaya terasa aneh karena yang bersangkutan belum lama menjabat sebagai kapolda.

"Pertama, dimunculkannya perwira-perwira muda untuk memegang wilayah (jadi Kapolda). Dalam hal ini, Kapolri sepertinya ingin mempersiapkan perwira-perwira mudanya untuk mengantisipasi pemilu dan pilpres 2014," ucap Ketua Presidium IPW Neta S Pane kepada "PRLM", di Jakarta, Sabtu (8/6/2013).

Kedua, dimunculkannya perwira-perwira dari lembaga pendidikan Polri untuk memegang wilayah (jadi kapolda). "Di sini Kapolri sepertinya ingin balas jasa kepada perwira-perwira yang sudah sekian lama mengabdi di lembaga pendidikan sehingga diberi kesempatan untuk memegang jabatan strategis, seperti kapolda," tuturnya.

Strategi ini juga, kata dia, untuk menepis asumsi bahwa lembaga pendidikan adalah "tempat pembuangan". Ketiga, khusus untuk Jabar, pergantiannya tergolong aneh karena kapoldanya baru menjabat, belum ada setahun.

"Bandingkan dengan Kapolda Sumatera Utara dan Jawa Timur yang sudah dua tahun lebih. Sehingga patut dipertanyakan, apakah pergantian Kapolda Jabar itu berkaitan dengan kasus Susno Duadji yang berlindung ke Polda Jabar saat akan ditangkap aparat kejaksaan," ujarnya.

"IPW memberi apresiasi kepada kapolri yang telah melakukan mutasi besar-besaran ini. Para kapolda baru diharapkan bekerja profesional sebagai polisi," tutur Neta. (A-194/A-88)***

Baca Juga

Ribuan Pekerja PT Freeport Resah

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Serikat pekerja PT Freeport Indonesia mengaku resah dengan adanya gugatan citizen lawsuit dari sejumlah pihak yang mengatasnamakan rakyat Indonesia atas perpanjangan izin ekspor di perusahaan itu dan tuntutan agar kontrak karya tidak diperpanjang.

Denpal Divif 2 Kostrad Produksi Lantak Senjata Ringan

NASIONAL

MALANG, (PRLM).- Detasemen Peralatan Divif 2 Kostrad terdiri atas satu Kompi Markas dan tiga Kompi Peralatan. Di dalam kompi peralatan terdapat beberapa seksi yang menangani perbaikan, perawatan dan pembekalan materiil, baik yang berupa kendaraan, senjata dan munisi.

Ferry Pastikan takkan Ada Lagi Sengketa Proyek Pengembangan Bandara

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan memastikan tak akan ada lagi sengketa yang terjadi antarinstansi dalam proyek pengembangan Bandara Syamsuddin Noor (Banjarmasin) dan Bandara Juanda (Sidoarjo).

Di Hadapan DPD, Kepala Daerah dan Dubes Asing

Kemlu Perkuat Diplomasi Ekonomi untuk berantas Kemiskinan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Luar Negeri akan terus bekerja keras dalam memperkuat fungsi diplomasi ekonomi agar dapat berkontribusi terhadap pemberantasan kemiskinan serta meningkatkan standar pendidikan dan kesehatan bagi rakyat Indonesia.