Industri Rumahan Kerupuk Jengkol Terpukul Kenaikan Harga Jengkol

SOREANG, (PRLM).- Akibat harga bahan baku pembuatan kerupuk jengkol meroket sangat tajam, hingga sempat mencapai Rp 65 ribu per kilogram, sejumlah industri rumahan kerupuk jengkol di Kabupaten Bandung, terancam gulung tikar.

Salah satunya pemilik industri rumahan kerupuk jengkol yang terancam gulung tikar tersebut adalah kerupuk jengkol dengan merk dagang tiga sudut milik Anih (55), warga Kampung Cihamerang, Desa Batukarut, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.

Anih mengatakan bahwa sejak naiknya harga bahan dasar kerupuk jengkol tersebut, dia mengalami kerugian karena harga jual kerupuk jengkol mentah hanya Rp 11 ribu per kilogramnya.

"Jika kami naikkan para pelanggan akan menghentikan pembelian, dan nantinya para pekerja tak ada pekerjaan lain. Jika dilanjutkan, perusahaan akan merugi dan terancam gulung tikar," kata dia saat diwawancarai di kediamannya, Jumat (7/6/2013).

Anih berharap, agar pemerintah segera menekan kenaikan harga jengkol tersebut, karena, dua minggu lalu harga jengkol paling tinggi hanya, berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

"Jika harga jengkol tidak kembali ke harga semula, maka industri kami akan gulung tikar. Kenaikan ini terjadi, setelah pemerintah mengumumkan akan terjadinya kenaikan harga bahan bakar minyak pada pertengahan Juni ini" ujar Anih, yang telah turun temurun dalam memproduksi kerupuk ini. (A-211/A-88)***

Baca Juga

Dekopin Gugat Kemendestrans Soal Pembentukan BUMDes

SOLO, (PR).- Kebijakan Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendestrans) yang mendorong agar setiap desa mendirikan badan usaha milik desa (BUMDes), digugat Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) karena dengan kebijakan tersebut berarti mendorong tumbuhnya kapitalisme di desa.

Garuda Tambah Frekuensi Terbang ke 10 Destinasi

JAKARTA, (PR).- Sampai akhir tahun ini, Garuda Indonesia akan kedatangan empat pesawat ATR lagi. Pesawat kecil, dengan seats dua di kiri dan dua di kanan, menggunakan baling-baling untuk menjangkau 10 Top Destinasi Pariwisata Prioritas.

Angka Pengangguran di Jabar Bertambah

BANDUNG, (PR).- Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat jumlah pengangguran terbuka di Jawa Barat pada Februari 2016 bertambah 23.783 orang dibanding periode yang sama setahun sebelumnya.

Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan ke Banyuwangi

BANYUWANGI, (PR).- Bisikan maut Menpar Arief Yahya ke Direksi PT Garuda Indonesia terus membuahkan hasil. Satu per satu, komitmen maskapai penerbangan nasional milik BUMN ini mulai konkret untuk mendukung pengembangan pariwisata nasional.