Dampak Pemerintah Menggantung Kenaikan Harga BBM

Industri Rumahan Kerupuk Jengkol Terpukul Kenaikan Harga Jengkol

EKONOMI

SOREANG, (PRLM).- Akibat harga bahan baku pembuatan kerupuk jengkol meroket sangat tajam, hingga sempat mencapai Rp 65 ribu per kilogram, sejumlah industri rumahan kerupuk jengkol di Kabupaten Bandung, terancam gulung tikar.

Salah satunya pemilik industri rumahan kerupuk jengkol yang terancam gulung tikar tersebut adalah kerupuk jengkol dengan merk dagang tiga sudut milik Anih (55), warga Kampung Cihamerang, Desa Batukarut, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.

Anih mengatakan bahwa sejak naiknya harga bahan dasar kerupuk jengkol tersebut, dia mengalami kerugian karena harga jual kerupuk jengkol mentah hanya Rp 11 ribu per kilogramnya.

"Jika kami naikkan para pelanggan akan menghentikan pembelian, dan nantinya para pekerja tak ada pekerjaan lain. Jika dilanjutkan, perusahaan akan merugi dan terancam gulung tikar," kata dia saat diwawancarai di kediamannya, Jumat (7/6/2013).

Anih berharap, agar pemerintah segera menekan kenaikan harga jengkol tersebut, karena, dua minggu lalu harga jengkol paling tinggi hanya, berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

"Jika harga jengkol tidak kembali ke harga semula, maka industri kami akan gulung tikar. Kenaikan ini terjadi, setelah pemerintah mengumumkan akan terjadinya kenaikan harga bahan bakar minyak pada pertengahan Juni ini" ujar Anih, yang telah turun temurun dalam memproduksi kerupuk ini. (A-211/A-88)***

Baca Juga

Apakah Buatan Cina Bisa Menjadi Merek Mewah?

EKONOMI

BEIJING, (PRLM).- Sudah sejak lama orang-orang kaya di Cina menengok ke Barat untuk mendapatkan produk-produk mewah yang mereka inginkan. Namun bisa jadi tren itu akan berubah.

Telah bermunculan label-label buatan Cina yang dinilai bisa menggoyahkan merek-merek mapan.

Kemarau Panjang Jadi Momentum Kebangkitan Garam Industri

EKONOMI

BANDUNG,(PRLM).- Anggota Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasluddin, meminta kepada Kementerian Kelautan Perikanan dan Kementerian Perindustrian agar momentum kemarau panjang tahun ini dijadikan kebangkitan industri garam dalam negeri yang mampu memenuhi kebutuhan garam industri dalam negeri.

MP3 Tingkatkan Produktivitas Hasil Pertanian

EKONOMI
PENYULUH mendampingi petani saat menggarap sawah mereka di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. Master Plan Penyuluh Pertanian (MP3) harus segera disusun untuk mengoptimalkan peran penyuluh dalam produksi pertanian jangka panjang.

BANDUNG, (PRLM).- Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat Entang Sastraatmadja menilai Master Plan Penyuluh Pertanian (MP3) di Jawa Barat sebagai hal yang mendesak untuk segera disusun dan direalisasikan.

Produksi Perikanan Budidaya Jabar Turun 20 Persen

EKONOMI
NELAYAN Dusun Bondet, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon menurunkan ikan hasil tangkapan dari perahu mereka beberapa waktu lalu. Fenomena Elnino membuat ikan di laut makin banyak mudah ditangkap, namun menurunkan pasokan air untuk p

BANDUNG (PRLM).- Produksi perikanan budidaya Jawa Barat (Jabar) menurun 10-20 persen sejak memasuki musim kemarau. Kondisi itu akibat fenomena elnino yang menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah Jawa Barat dan mengurangi pasokan air untuk budidaya ikan.