Meski Gratis, Jadi Projek Tahunan

Buku Teks SD Kurikulum 2013 Berlaku Sekali Pakai

PENDIDIKAN

JAKARTA, (PRLM).- Tak ada buku warisan pada kurikulum 2013 jenjang pendidikan dasar (SD). Buku teks pelajaran jenjang sekolah dasar Kurikulum 2013 akan berlaku untuk sekali pakai. Pada tahun berikutnya, pemerintah akan mencetak buku baru atau setiap tahun ada projek mencetak buku pelajaran.

“Buku akan dicetak tiap tahun karena buku untuk SD tidak bisa digunakan untuk (peserta didik) berikutnya karena dicoret-coret,” kata Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Ramon Mohandas di Kemdikbud, Jakarta, Rabu (5/6/13).

Ramon mengatakan, evaluasi peserta didik dilakukan dengan menilai portofolio. Pengukuran, kata dia, dilakukan secara otentik atas apa yang mereka lakukan dan dinilai secara kualitatif. “Semua aktivitas mereka dikumpulkan oleh guru dan bisa dilihat prosesnya dengan tugas yang diberikan,” katanya.

Ramon menyampaikan, pemerintah akan mencetak buku dan dibagikan kepada sebanyak jumlah peserta didik dan diberikan secara gratis. “Orang tua tidak akan dibebani. Dicetak gratis,” katanya.

Ramon menambahkan, untuk jenjang SD kelas 1 disiapkan sebanyak 10 buku untuk dua semester. Dia menyebutkan, untuk kelas 1 ada sebanyak delapan buku tema ditambah dengan buku agama. Namun, kata dia, buku yang dicetak saat ini baru untuk semester 1 sebanyak 5 buku masing-masing terdiri atas satu buku agama dan empat buku tema.

“Seharusnya untuk satu tahun kelas 1 ada 8 tema dan kelas 4 ada 9 tema. Tapi sekarang yang dikembangkan baru 4 buku pertama saja. Buku semestar kedua dikembangkan setelah ini selesai semua dan akan digunakan Januari tahun depan,” kata Ramon.

Adapun buku untuk jenjang SMP/MTs meliputi agama, PKN, bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya, prakarya, bahasa Inggris, serta pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Sementara untuk jenjang SMA/MA ada sembilan mata pelajaran yang wajib, tetapi yang dicetak baru tiga mata pelajaran yaitu sejarah, bahasa Indonesia, dan matematika. (A-88/kominfo)***

Baca Juga

Orang Tua Calon Siswa Lewat Jalur Afirmasi Resah

PENDIDIKAN
Orang Tua Calon Siswa Lewat Jalur Afirmasi Resah

BANDUNG,(PRLM).- Orang tua calon siswa pengguna Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)untuk jalur afirmasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015 merasa resah. Pemerintah dan sekolah diharapkan bersikap adil danselektif dalam menetapkan keputusan.

SMK Terbuka di KBB Dibuka Agustus 2015

PENDIDIKAN

NGAMPRAH, (PRLM).- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bandung Barat tahun ini kembali menggelar SMK terbuka dengan kuota sebanyak 200 orang. Program yang diperuntukkan bagi warga yang sudah menikah dan bekerja itu akan dimulai pada Agustus 2015 nanti.

SD Assalaam Adakan Raker Persiapan Tahun Ajaran Baru

PENDIDIKAN

BANDUNG,(PRLM).-Sebagai persiapan tahun ajaran baru 2015/2016 SD Assalaam Jln. Sasakgantung, Kota Bandung, mengadakan rapat kerja (raker) yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (11-12/7/2015).

Kharisma, Mahasiswi Cantik yang Jadi Tukang Ojek

PENDIDIKAN
JAKARTA, (PRLM).- Ibu Kota Jakarta dan daerah penyangga seperti Depok, macetnya luar biasa setiap hari. Kita tentu harus puter otak agar bisa sampai ke tempat tujuan untuk melakukan aktivitas.