Dunia Internasional Khawatirkan Situasi Terkini di Turki

LUAR NEGERI

ISTANBUL, (PRLM).-Banyak kalangan baik itu di Turki maupun internasional khawatir dengan mengeskalasinya demosntrasi tersebut karena ini bisa menjerumuskan negara itu dalam konflik internal yang panjang.

Ujung-ujungnya, jika tak ada solusi memadai, konflik tersebut bisa memicu instabilitas keamanan, bukan hanya di Turki, melainkan juga ke negara tetangga di Asia dan Eropa.

Protes yang awalnya dipicu dari kebijakan pemerintah yanga kan mengubah Taksim Gezi menjadi mal, kini berubah menjadi demonstrasi anti-pemerintah.

Para demonstran dari berbagai elemen di Turki itu menilai selama 10 tahun berkuasa, Erdogan membuat banyak kebijakan yang mengutamakan kepentingan partainya yang berbau Islam itu.

Padahal,UUD Turki dengan tegas menyatakan bahwa agama tak boleh dicampuradukkan dengan pemerintah.

Dalam hal ini, konstitusi Turki mengamanahkan bahwa negara harus sekular dan moderat. Bahkan, bapak pendiri Turki Mustafa Kemal yang merupakan pahlawan nasional itu, semasa hidupnya selalu mengingatkan warganya bahwa tak boleh ada islamisasi di dalam negara.

Kemal sendiri dikenal sebagai pemimpin Turki yang sangat liberal yang melarang semua hal yang berbau agama mencampuri pemerintahan.

Filosofi ini terus dijaga sehingga Turki memiliki karakter yang sangat berbeda dengan negara mayoritas berpenduduk Muslim lainnya.

Di Turki, aborsi, prostitusi, alkohol, homoseksual, transgender dilegalkan, tetapi belakangan ini, Erdogan mulai mengintervensi kebebasan warganya.

Salah satunya, meloloskan UU pembatasan minuman beralkohol yang kemudian memicu kemarahan banyak warga Turki yang menganggap larangan itu pembatasan kebebasan. (A-133/A-89)****

Baca Juga

3 Wartawan Dibunuh dalam Seminggu di Meksiko

LUAR NEGERI

MEKSIKO, (PRLM).- Organisasi-organisasi hak media meminta kepada pihak berwenang Meksiko agar menyelidiki dengan seksama pembunuhan tiga orang wartawan dalam satu minggu di negara-negara bagian Oaxaca, Veracruz, dan Guanajuato.

Castro Muncul di Depan Umum Bersama Para Ahli Keju

LUAR NEGERI

HAVANA, (PRLM).- Untuk pertama kalinya sejak lebih dari sebulan, mantan pemimpin Kuba Fidel Castro kembali tampil di depan umum.

Badai Akibatkan Banjir dan Mati Listrik di Filipina Utara

LUAR NEGERI

MANILA, (PRLM).- Sebuah badai tropis menghantam Filipina utara, Minggu (5/7), mengakibatkan banjir dan mati listrik di beberapa kota. Pemerintah negara itu mengirim tim-tim pertolongan ke kawasan-kawasan dataran rendah untuk mengevakuasi warga.

Puluhan Warga Desa Dikejutkan Pesta Seks 500 Swinger

LUAR NEGERI

GLOUCESTERSHIRE, (PRLM).- Warga desa yang tenang dan nyaman dibuat kaget denngan kedatangan lebih dari 500 swinger (bertukar pasangan untuk hubungan intim) mendatangi daerah mereka untuk festival pesta seks akhir pekan.