Dunia Internasional Khawatirkan Situasi Terkini di Turki

ISTANBUL, (PRLM).-Banyak kalangan baik itu di Turki maupun internasional khawatir dengan mengeskalasinya demosntrasi tersebut karena ini bisa menjerumuskan negara itu dalam konflik internal yang panjang.

Ujung-ujungnya, jika tak ada solusi memadai, konflik tersebut bisa memicu instabilitas keamanan, bukan hanya di Turki, melainkan juga ke negara tetangga di Asia dan Eropa.

Protes yang awalnya dipicu dari kebijakan pemerintah yanga kan mengubah Taksim Gezi menjadi mal, kini berubah menjadi demonstrasi anti-pemerintah.

Para demonstran dari berbagai elemen di Turki itu menilai selama 10 tahun berkuasa, Erdogan membuat banyak kebijakan yang mengutamakan kepentingan partainya yang berbau Islam itu.

Padahal,UUD Turki dengan tegas menyatakan bahwa agama tak boleh dicampuradukkan dengan pemerintah.

Dalam hal ini, konstitusi Turki mengamanahkan bahwa negara harus sekular dan moderat. Bahkan, bapak pendiri Turki Mustafa Kemal yang merupakan pahlawan nasional itu, semasa hidupnya selalu mengingatkan warganya bahwa tak boleh ada islamisasi di dalam negara.

Kemal sendiri dikenal sebagai pemimpin Turki yang sangat liberal yang melarang semua hal yang berbau agama mencampuri pemerintahan.

Filosofi ini terus dijaga sehingga Turki memiliki karakter yang sangat berbeda dengan negara mayoritas berpenduduk Muslim lainnya.

Di Turki, aborsi, prostitusi, alkohol, homoseksual, transgender dilegalkan, tetapi belakangan ini, Erdogan mulai mengintervensi kebebasan warganya.

Salah satunya, meloloskan UU pembatasan minuman beralkohol yang kemudian memicu kemarahan banyak warga Turki yang menganggap larangan itu pembatasan kebebasan. (A-133/A-89)****

Baca Juga

"TIDAK ada lagi pertanyaan apakah kita akan menemukan planet seperti Bumi, tapi pertanyaannya adalah kapan (menemukannya)," kata Steve Howell, ilmuwan proyek misi Kepler.*

Planet yang Dapat Ditinggali Ditemukan di Proxima Centauri

SEBUAH Planet yang diduga dapat ditinggali selain bumi yang terdekat ternyata ada di dekat tata surya kita. Para ilmuwan menyatakan bahwa penelitian terhadap bintang terdekat dengan matahari, Proxima Centauri, menunjukkan adanya planet yang seukuran bumi beredar mengelilinginya.

Gerhana Matahari Cincin bisa Disaksikan Secara Daring

Gerhana matahari cincin terjadi apabila penampang bulan (saat puncak gerhana) tidak menutup seluruh penampang Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran penampang bulan lebih kecil dari penampang Matahari.

Patung Lilin Anggun Hadir di Museum Madame Tussauds

HARI ini, Sabtu 3 September 2016, di Bangkok, Anggun meluncurkan patung lilin sosoknya di Museum Madame Tussauds yang bergengsi di hadapan para penggemar dan media dari Asia dan Eropa. 

Jokowi dan Turnbull Bahas Bicara Soal Sapi

JAKARTA,(PR).- Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di ASEM Villa, Viantiane Laos, Kamis 8 September 2016. Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan peningkatan kerja sama bidang ekonomi dan maritim.