Dewan Segera Bentuk Pansus Dampak Jatigede

JAWA BARAT

SUMEDANG, (PRLM).- DPRD Kab. Sumedang akan segera membuat Panitia Khusus (Pansus) Penanganan Dampak Sosial Pembangunan Waduk Jatigede (PDSPWJ). Pansus tersebut akan dibentuk, guna membantu penyelesaian berbagai permasalahan dampak sosial pembangunan Waduk Jatigede yang hingga kini belum juga terselesaikan.

“Pansus Jatigede ini akan dibentuk, setelah masa reses dewan. Mudah-mudahan, minggu depan proses pembentukannya sudah dimulai. Pembentukan pansus ini secara resmi akan disahkan melalui sidang paripurna,” kata Anggota DPRD Kab. Sumedang dari Fraksi PKS, Ermi Triaji di gedung DPRD Kab. Sumedang, Kamis (23/5/13).

Menurut dia, pembentukan pansus itu, sebelumnya sudah disepakati oleh rapat pimpinan dewan, fraksi dan komisi. Bahkan dalam rapat tersebut, diundang langsung sejumlah perwakilan warga OTD (orang terkena dampak) pembangunan Jatigede.

“Keanggotaan pansus tersebut, dari perwakilan semua fraksi. Jumlah perwakilan fraksi 2-3 orang, terutama yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) setempat yakni dapil 4 yang tahu betul kondisi di lapangan,” kata Ermi yang juga Anggota Komisi D DPRD Kab. Sumedang.

Lebih jauh ia menjelaskan, pembentukan Pansus PDSPWJ tersebut, diharapkan mampu membantu mengurai benang kusut berbagai permasalahan dampak sosial Jatigede yang begitu kompleks.

Pansus akan bekerja membantu menyelesaikan permasalahan Jatigede secara teknis. Seperti halnya membantu menyelesaikan permasalahan pembayaran ganti rugi lahan, bangunan serta tanaman milik OTD yang terlewat pada pembebasan lahan tahun 1982-1986.

Selain itu, pansus juga akan membantu secara teknis proses relokasi warga OTD. Rencananya warga OTD akan direlokasi ke Desa Conggeang Kulon, Kec. Conggeang dan Desa Sakurjaya, Kec. Ujungjaya. (A-67/A-88)***

Baca Juga

Petani Lahan Genangan Waduk Darma Berpacu Manfaatkan Kemarau

JAWA BARAT
Petani Lahan Genangan Waduk Darma Berpacu Manfaatkan Kemarau

KUNINGAN, (PRLM).- Para petani penggarap tanah timbul dalam area genangan Waduk Darma, akhir-akhir ini tengah berpacu mengolah dan menanami lahan garapanya masing-masing agar tanamannya bisa dipanen sebelum musim kemarau berakhir.

Tertimpa Kandang Ayam, Empat Orang Tewas

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Empat pekerja bangunan tewas setelah tertimpa benteng pembangunan peternakan ayam. Keempatnya tewas seketika saat tengah menyusun tembok pada ketinggian sekitar 12 meter. Diduga kecelakaan terjadi akibat pondasi bangunan yang menyalahi aturan.

Perwakilan 16 Negara Kunjungi Balai Besar Penelitan Tanaman Padi Sukamandi

JAWA BARAT
Perwakilan 16 Negara Kunjungi Balai Besar Penelitan Tanaman Padi Sukamandi

SUBANG, (PRLM).- Perwakilan 16 negara yang tergabung dalam 'Council for partnership on rice research in Asia' (Corra) mengunjungi Balai Besar Penelitian Tanaman Padi di Sukamandi Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang.

Bupati Cianjur Perintahkan Cabut Izin Peternakan

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Saleh memerintahkan izin usaha peternakan yang menewaskan empat pekerja bangunan di Kampung Cimumput Desa Jamali Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur, dicabut. Selain diduga terdapat kesalahan kontruksi, peternakan tersebut ternyata tidak berizin.