Dewan Segera Bentuk Pansus Dampak Jatigede

SUMEDANG, (PRLM).- DPRD Kab. Sumedang akan segera membuat Panitia Khusus (Pansus) Penanganan Dampak Sosial Pembangunan Waduk Jatigede (PDSPWJ). Pansus tersebut akan dibentuk, guna membantu penyelesaian berbagai permasalahan dampak sosial pembangunan Waduk Jatigede yang hingga kini belum juga terselesaikan.

“Pansus Jatigede ini akan dibentuk, setelah masa reses dewan. Mudah-mudahan, minggu depan proses pembentukannya sudah dimulai. Pembentukan pansus ini secara resmi akan disahkan melalui sidang paripurna,” kata Anggota DPRD Kab. Sumedang dari Fraksi PKS, Ermi Triaji di gedung DPRD Kab. Sumedang, Kamis (23/5/13).

Menurut dia, pembentukan pansus itu, sebelumnya sudah disepakati oleh rapat pimpinan dewan, fraksi dan komisi. Bahkan dalam rapat tersebut, diundang langsung sejumlah perwakilan warga OTD (orang terkena dampak) pembangunan Jatigede.

“Keanggotaan pansus tersebut, dari perwakilan semua fraksi. Jumlah perwakilan fraksi 2-3 orang, terutama yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) setempat yakni dapil 4 yang tahu betul kondisi di lapangan,” kata Ermi yang juga Anggota Komisi D DPRD Kab. Sumedang.

Lebih jauh ia menjelaskan, pembentukan Pansus PDSPWJ tersebut, diharapkan mampu membantu mengurai benang kusut berbagai permasalahan dampak sosial Jatigede yang begitu kompleks.

Pansus akan bekerja membantu menyelesaikan permasalahan Jatigede secara teknis. Seperti halnya membantu menyelesaikan permasalahan pembayaran ganti rugi lahan, bangunan serta tanaman milik OTD yang terlewat pada pembebasan lahan tahun 1982-1986.

Selain itu, pansus juga akan membantu secara teknis proses relokasi warga OTD. Rencananya warga OTD akan direlokasi ke Desa Conggeang Kulon, Kec. Conggeang dan Desa Sakurjaya, Kec. Ujungjaya. (A-67/A-88)***

Baca Juga

Dompet Dhuafa Jadikan Masjid Pusat Pemberdayaan

BOGOR, (PR).- Masjid sebagai salah satu tempat ibadah umat Muslim juga memiliki peran penting lainnya. Kehadirannya tidak hanya sebagai bangunan untuk salat, zikir, dan mengaji. Sejatinya, masjid juga dapat menjadi pusat pemberdayaan dan ekonomi.

guru, menanti, realisasi, janji, bupati,

Guru Menanti Realisasi Janji Rudy untuk Perbaiki Sekolah

GARUT, (PR).-Bupati Garut Rudy Gunawan berjanji, pekan depan akan memperbaiki bangunan SD Negeri Dunguswiru II yang salah satu lokalnya ambruk. Pihak sekolah mengharapkan realisasi perbaikan sebelum tahun ajaran baru dimulai.

SATUAN Polisi Pamong Praja memperhatikan sebuah alat berat di lokasi galian tanah pengurugan tol di Ruas Jalan Lingkar Utara Majalengka, Senin (1/9/2014). Di wilayah tersebut ada sejumlah lokasi galian tanah untuk pengurugan tol Cikampek- Palimanan-Kertaj

Satpol PP Tutup Galian Tanah Merah di Pagaden

SUBANG, (PR).- Tim gabungan Satpol PP bersama Unit Tindak Pidana Tertentu Polres Subang menghentikan operasional sekaligus menyegel lokasi penambangan galian tanah merah di Kampung/Desa Jabong Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang.