Dewan Segera Bentuk Pansus Dampak Jatigede

SUMEDANG, (PRLM).- DPRD Kab. Sumedang akan segera membuat Panitia Khusus (Pansus) Penanganan Dampak Sosial Pembangunan Waduk Jatigede (PDSPWJ). Pansus tersebut akan dibentuk, guna membantu penyelesaian berbagai permasalahan dampak sosial pembangunan Waduk Jatigede yang hingga kini belum juga terselesaikan.

“Pansus Jatigede ini akan dibentuk, setelah masa reses dewan. Mudah-mudahan, minggu depan proses pembentukannya sudah dimulai. Pembentukan pansus ini secara resmi akan disahkan melalui sidang paripurna,” kata Anggota DPRD Kab. Sumedang dari Fraksi PKS, Ermi Triaji di gedung DPRD Kab. Sumedang, Kamis (23/5/13).

Menurut dia, pembentukan pansus itu, sebelumnya sudah disepakati oleh rapat pimpinan dewan, fraksi dan komisi. Bahkan dalam rapat tersebut, diundang langsung sejumlah perwakilan warga OTD (orang terkena dampak) pembangunan Jatigede.

“Keanggotaan pansus tersebut, dari perwakilan semua fraksi. Jumlah perwakilan fraksi 2-3 orang, terutama yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) setempat yakni dapil 4 yang tahu betul kondisi di lapangan,” kata Ermi yang juga Anggota Komisi D DPRD Kab. Sumedang.

Lebih jauh ia menjelaskan, pembentukan Pansus PDSPWJ tersebut, diharapkan mampu membantu mengurai benang kusut berbagai permasalahan dampak sosial Jatigede yang begitu kompleks.

Pansus akan bekerja membantu menyelesaikan permasalahan Jatigede secara teknis. Seperti halnya membantu menyelesaikan permasalahan pembayaran ganti rugi lahan, bangunan serta tanaman milik OTD yang terlewat pada pembebasan lahan tahun 1982-1986.

Selain itu, pansus juga akan membantu secara teknis proses relokasi warga OTD. Rencananya warga OTD akan direlokasi ke Desa Conggeang Kulon, Kec. Conggeang dan Desa Sakurjaya, Kec. Ujungjaya. (A-67/A-88)***

Baca Juga

PKL Kertabumi dan Taman Bencong Akan Direlokasi

KARAWANG, (PR).- Dengan dibonceng sepeda motor Wakil Bupati Karawang, Jimmy Ahmad Zamakshari, memantau keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Kertabumi dan Taman Bencong, Karawang Barat, Kamis. 28 Juli 2016.

245 Rumah Terendam Banjir

PARIGI, (PR).- Akibat diguyur hujan Kamis 28 Juli 2016 malam, ratusan rumah di Kabupaten Pangandaran terendam banjir.

Korban Tewas Kecelakaan Bangbayang Dapat Santunan Rp 25 Juta

SUKABUMI, (PR).- PT Jasa Raharja Perwakilan Sukabumi-Cianjur segera memberikan santunan bagi ahli waris korban kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Sabtu 30 Juli 2016. Santunan akan diserahkan Senin 1 Juli 2016.

Polisi Bekuk Enam Pelaku Curanmor

SUKABUMI, (PR).- Aparat dari Polres Sukabumi Kota membekuk 6 tersangka pencuri motor, yakni Mulyana alias Ahong (46), Mubarok alias Atong (34), Usup alias Jimi (40), Deni alias Cireng (20), Sandi alias Apen (22) dan Anang alias Odong (43).