SMA Kristen 1 BPK Penabur dan SMA Katolik Santo Aloysius 1 Berprestasi Nasional

JAKARTA, (PRLM).- Dua dari delapan sekolah berprestasi pada ujian nasional (UN) 2013 ini ada di Kota Bandung, yakni SMA Kristen 1 BPK Penabur dan SMA Katolik Santo Aloysius 1.

Demikian disampaikan dalam konferensi pers hasil UN SMA sederajat, di Jakarta, Kamis (23/5/13).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh secara khusus memberikan apresiasinya pada sekolah yang memilki rata-rata nilai ujian nasional (UN) murni lebih tinggi dari rata-rata nilai sekolah atau nilai rapor. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah tersebut betul-betul berkualitas dan terbukti tidak mengerek nilai siswa semata-mata untuk meluluskan mereka.

Dari segi individual, nilai tertinggi UN SMA murni diperoleh Ni Kadek Vani Apriyanti dari SMA Negeri 4 Denpasar, Bali diikuti oleh Aditya Agam Nugraha dari SMA Negeri 1 Surakarta, Jawa Tengah. Dalam daftar 12 siswa dengan nilai tertinggi, SMA Negeri 4 Denpasar mewakilkan lima murid mereka. Sekolah eks-RSBI dengan 296 siswa ini juga menjadi sekolah dengan nilai rata-rata UN murni tertinggi, yakni 9,17.

Dalam pemaparan hasil UN SMA ini, Kemendikbud dan BSNP sekali lagi menegaskan sikap mereka terkait keberadaan UN. Anggota BSNP Djemari Mardapi mengungkapkan, selain sebagai instrumen pemetaan, UN juga dibutuhkan untuk tolok-ukur perbaikan-perbaikan yang dibutuhkan dalam layanan pendidikan.

“UN perlu dilakukan rutin setiap tahun karena siswanya selalu berbeda. Siapa bisa menjamin siswa sekarang sama dengan siswa sebelumnya? Untuk itulah dibutuhkan UN,” katanya.

Menteri Nuh menjanjikan, semua pandangan mengenai UN akan dipertemukan dalam konvensi nasional September mendatang. Semua tokoh yang selama ini bersuara keras menolak pelaksanaan UN akan ia undang. (A-165/A-88)***

Baca Juga

UNS Seleksi Mahasiswa untuk Dikirim Magang ke Taiwan

SOLO, (PR),- Sebanyak 100 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, mendapatkan pelatihan tentang keterampilan atau life skill untuk meningkatkan kemandirian dan kewirausahaan melalui program kemitraan dengan industri berskala internasional, Sab

LIPI Gelar Seminar Perkembangan Teknologi Bidang Elektromagnetik

JAKARTA, (PR).- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian menggelar seminar bertajuk "Communication Technology on Electromagnetic Compatibility (EMC): Satellite and Digital TV", berlangsung di Serpong, Kota Tangerang Selatan,

Karya Mahasiswa Dipamerkan di Open House FSRD Universitas Maranatha

BANDUNG, (PR).- Perkembangan seni dan desain bisa dilihat dari dunia kampus. Ide yang tumbuh kemudian diwujudkan dalam karya dengan latar belakang mahasiswa biasanya lebih orisinal. Pasalnya, mereka mendapat tuntutan untuk menyelesaikan tugas sehingga kreativas harus digali sedalam mungkin.

Diana Mayasari Raih Nilai UN Sempurna Se-Jawa Barat

CIREBON, (PR).- Diana Mayasari, siswa SMPN 7 Kota Cirebon meraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi se-Jawa Barat. Diana meraih nilai sempurna 10, untuk semua mata pelajaran yang diujikan pada UN tahun 2016.