Di Kampus Jatinangor

STEI ITB Buka Konsentrasi Strata 2 Cyber Security

PENDIDIKAN

BANDUNG, (PRLM).- Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) akan membuka konsentrasi cyber security. Program untuk strata dua (S2) untuk sementara dibuka dalam bentuk peminatan atau konsentrasi di bawah prodi Teknik Elektro untuk kemudian ke depannya akan diupayakan dibuka dalam bentuk program studi.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB Prof.Dr. Wawan Gunawan A. Kadir mengatakan kehadiran program cyber security menjadi hal yang sangat mendesak dewasa ini. Perkembangan Information Communication Technology (ICT) yang membuat segalanya serba mudah mendorong semakin banyak kejahatan dunia maya dengan hadirnya hacker-hacker (peretas). Security menjadi point yang harus dijaga terutama dengan cerita smart society.

"STEI ITB dan juga Korea Selatan punya concern yang sama ke arah sana karena itu kita dapat grand dari Korea Selatan. Saat ini sedang dibangun satu bangunan, fasilitas dan proses pendidikan jenjang strata dua untuk cyber security di kampus ITB Jatinangor," kata Wawan di sela-sela ICT For Smart Society "Think Ecosystem Act Convergence" di Aula Barat ITB, Jln. Ganeca, Kota Bandung, Kamis (23/5/2013).

Wawan mengemukakan grand yang diterima ITB totalnya sebanyak lima hingga enam juta USD. Di luar negeri seperti Korea Selatan sudah punya pendidikan cyber security tapi di Indonesia belum ada dan ITB yang pertama membuat program pendidikan ini. "Center security untuk ICT ini sudah menjadi tuntutan karena keamanan data-data sudah banyak sekali yang diserang. Website Presiden juga dijebol," ujar Wawan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan untuk angkatan pertama yang dibuka pada tahun ajaran baru ini bulan Agustus akan diprioritaskan untuk alumni ITB khususnya dari STEI. Kerjasama dengan Lembaga Sandi Negara dan Kementerian Komunikasi dan Informasi. Selain pendidikan jenjang S2 juga akan diberikan pelatihan-pelatihan kepada instansi-instansi pemerintah yang membutuhkan.

"Bukan berarti kami menutup untuk yang lain. Hanya untuk tahun pertama khusus diperuntukan alumni ITB karena waktu mendesak dan beasiswa terbatas. Setelah itu tahun depan akan dibuka untuk umum karena kami juga concern dengan bangsa ini," kata Wawan. (A-208/A_88)***

Baca Juga

‎"Lambang Swara" Akan Memperkuat Mulok Seni Sunda

PENDIDIKAN
KEPALA Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Asep Hilman (kiri) menyerahkan secara simbolis buku "Lambang Swara" karya Atang Warsita kepada para tokoh Sunda dan pemerhati Seni Karawitan dan pendidikan. Penyair Etti RS salah satunya penerima buku tersebut.*

BANDUNG, (PRLM).- "Lambang Swara" dipastikan akan menjadi bahan masukan untuk memperkuat materi bahan pelajaran muatan lokal (mulok) seni Sunda di sekolah.

Siswa SMKN Penerbangan Laporkan Tindak Kekerasan

PENDIDIKAN
KAPOLRES  Majalengka Ajun Komisaris Besar Yudhi Sulistianto Wahid sedang memberikan penjelasan soal pelarangan tindakan aksi kekerasan terhadap tiga orang siswa SMK Negeri Penerbangan, Kertajati yang mendapatkan aksi kekerasan dari seniornya ketika melapo

MAJALENGKA,(PRLM).- Tiga siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Penerbangan Kertajati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka diduga dianiaya seniornya hingga mengalami luka lecet, satu di antaranya sempat jatuh pingsan.

Masuk Sekolah di Purwakarta Pakai Salam Sunda

PENDIDIKAN
Masuk Sekolah di Purwakarta Pakai Salam Sunda

PURWAKARTA, (PRLM).-Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meminta siswa sekolah di Purwakarta akan mempunyai salam baru, yaitu salam sunda.

Saat siswa ketika masuk ke kelas diharapkan siswa mengucapkan sampurasun, dan gurunya membalas dengan ucapan rampes.

Ujian Nasional 2015

Petugas Memindari Lembar Jawaban

PENDIDIKAN
PETUGAS memindai lembar jawaban Ujian Nasional SMP, di Kantor Dinas Pendidikan Jabar, Jalan Rajiman, Kota Bandung, Kamis (7/5/2015).