Dilakukan Pemerintah

Sistem Monitoring BBM Bakal Dipasang di SPBU dan 100 Juta Mobil

EKONOMI

BANDUNG, (PRLM).- Pemerintah akan menerapkan Radio Frequency Identification (RFID) dalam program pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. Untuk itu, DPR mendesak agar pemerintah segera menyiapkan dasar hukum agar Sistem Monitoring dan Pengendalian (SMP) BBM dapat dilaksanakan secara efektif.

"Selain itu Pemerintah harus melakukan kajian yang komprehensif terhadap penerapan RFID ini agar tidak terjadi masalah dalam implementasi di lapangan dan kegagalan seperti program-program pengendalian yang telah digulirkan sebelumnya," kata anggota Komisi VII DPR, Rofi Munawar, dalam rilisnya ke "PRLM", Rabu (22/5/13).

RFID tersebut akan dipasang di hampir 100 juta kendaraan bermotor dan ratusan SPBU di seluruh Indonesia. "Tentu ini bukan pekerjaan mudah dan dapat dilakukan dalam waktu yang terbatas. Karenanya Pemerintah harus mampu melakukan simulasi dan perencanaan yang baik jika sistem ini diterapkan," katanya.

Selain sosialisasi yang massif dan efektif terhadap konsumen, namun juga harus meyakinkan bahwa seluruh SPBU telah siap menerapkan sistem ini. "Pemerintah berencana menerapkan per Juli teknologi RFID sudah terpasang di hampir 276 SPBU dan kendaraan roda empat di Jabodetabek, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. RFID yang dalam kegiatan teknisnya dapat melakukan monitoring secara onilne dan realtime laju distribusi dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan tren konsumsi yang tercatat pada smart card di kendaraan bermotor roda empat," katanya.(A-71/A-88)***

Baca Juga

Produksi Perikanan Budidaya Jabar Turun 20 Persen

EKONOMI
NELAYAN Dusun Bondet, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon menurunkan ikan hasil tangkapan dari perahu mereka beberapa waktu lalu. Fenomena Elnino membuat ikan di laut makin banyak mudah ditangkap, namun menurunkan pasokan air untuk p

BANDUNG (PRLM).- Produksi perikanan budidaya Jawa Barat (Jabar) menurun 10-20 persen sejak memasuki musim kemarau. Kondisi itu akibat fenomena elnino yang menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah Jawa Barat dan mengurangi pasokan air untuk budidaya ikan.

Bursa Saham Asia Turun Tajam

EKONOMI

SEOUL, (PRLM).- Aktivitas ekonomi yang lamban di Cina dan jatuhnya harga-harga minyak memicu penurunan tajam di bursa-bursa saham Asia dalam perdagangan Senin (3/8/2015).

LKA-ESDA Minta Menteri ESDM dan Kepala SKK Migas Lebih Fokus

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi diminta lebih fokus dalam menjaga dan mendorong produksi migas nasional ke depan.

Anjlok, Harga Tomat di Tingkat Petani dan Pedagang

EKONOMI
Anjlok, Harga Tomat di Tingkat Petani dan Pedagang

INDRAMAYU,(PRLM).- Di lahan 1 hektare miliknya, Ida (51) menaruh harapan keuntungan dari hasil tani tomat. Setiap hari kebun kecilnya itu ia rawat dengan memberi pupuk dan air.