Dana Rintisan BOS SMA/SMK Belum Bisa Digratiskan

PENDIDIKAN

SOREANG,(PRLM).-Pemerintah pusat mengalokasikan dana rintisan BOS untuk SMA/SMK sebesar Rp 1 juta per bulan mulai Juli 2013. Sedangkan Pemprov Jabar kemungkinan akan membantu Rp 250.000,- /siswa/tahun, dan Pemkab Bandung Rp 31.000,-/tahun/siswa.

"Antara Januari sampai Juni 2013 pemerintah pusat masih memberikan bantuan Rp 10.000,-/bulan/siswa. Sedangkan bantuan Rp 1 juta/siswa/tahun baru berlaku mulai Juli 2013," kata Kabid SMA dan SMK Disdikbud Kab. Bandung. Dr. Hj. Tita Lestari, di ruang kerjanya, Rabu (22/5).

Menurut Tita, bantuan dari Pemkab Bandung baru sebesar Rp 31.000,-/siswa/tahun yang sedang dalam proses pencairan. "Kami rencanakan untuk tahun depan akan terjadi kenaikan sebesar Rp 300.000,-/siswa/tahun atau Rp 20 miliar. Kalau tahun ini baru Rp 2,5 miliar," katanya.

Tita mengharapkan agar SMA dan SMK untuk mengurangi biaya yang ditarik dari para siswanya. "Kalau kita hitung tahun ini tiap siswa SMA dan SMK akan mendapatkan rintisan BOS Rp 1,28 juta per siswa tiap tahunnya atau sebulan Rp 100.000,-. Kalau sekolah memungut biaya ke siswa Rp 200.000,- per bulan, maka sekolah seharusnya hanya memungut Rp 100.000,- per bulan," katanya.(A-71/A-107)***

Baca Juga

Tunjangan Profesi Guru Madrasah dan BOS Madrasah Bisa Dicairkan

PENDIDIKAN

JAKARTA, (PRLM).- Tunjangan profesi guru madrasah swasta dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk madrasah seharusnya sudah bisa dicairkan sesuai SK penetapan penerimaan tunjangan profesi di Madrasah oleh satker di masing-masing Kanwil Provinsi yang berkoordinasi dengan Kankemenag Kabupaten/Ko

Mengapa Banyak Mahasiswa Tiongkok Kuliah di AS?

PENDIDIKAN

PRLM - Lebih dari seperempat juta mahasiswa asal Tiongkok mengenyam pendidikan di universitas-univesitas Amerika Serikat. Jumlah itu mencapai sepertiga dari seluruh mahasiswa internasional di AS dan merupakan peningkatan lima kali lipat sejak 2000.

Pramuka SMK Ahmad Yani Gelar Persami

PENDIDIKAN

MALANG, (PRLM).- Sebanyak 40 anggota pramuka SMK Ahmad Yani Jabung Malang di bawah binaan Satuan Kikavtai 2 Divif 2 Kostrad mengikuti Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Asrama Kikavtai 2 Jabung Malang.

Fernando Rojas Dapat Undangan 8 Universitas Elit

PENDIDIKAN

CALIFORNIA, (PRLM).- Fernando Rojas (17 tahun) adalah putera imigran asal Meksiko. Kedua orangtuanya putus sekolah. Ayahnya, Raul Rojas (59 tahun) adalah seorang operator mesin, sementara ibunya, Maria, adalah seorang penjahit.