Dana Rintisan BOS SMA/SMK Belum Bisa Digratiskan

SOREANG,(PRLM).-Pemerintah pusat mengalokasikan dana rintisan BOS untuk SMA/SMK sebesar Rp 1 juta per bulan mulai Juli 2013. Sedangkan Pemprov Jabar kemungkinan akan membantu Rp 250.000,- /siswa/tahun, dan Pemkab Bandung Rp 31.000,-/tahun/siswa.

"Antara Januari sampai Juni 2013 pemerintah pusat masih memberikan bantuan Rp 10.000,-/bulan/siswa. Sedangkan bantuan Rp 1 juta/siswa/tahun baru berlaku mulai Juli 2013," kata Kabid SMA dan SMK Disdikbud Kab. Bandung. Dr. Hj. Tita Lestari, di ruang kerjanya, Rabu (22/5).

Menurut Tita, bantuan dari Pemkab Bandung baru sebesar Rp 31.000,-/siswa/tahun yang sedang dalam proses pencairan. "Kami rencanakan untuk tahun depan akan terjadi kenaikan sebesar Rp 300.000,-/siswa/tahun atau Rp 20 miliar. Kalau tahun ini baru Rp 2,5 miliar," katanya.

Tita mengharapkan agar SMA dan SMK untuk mengurangi biaya yang ditarik dari para siswanya. "Kalau kita hitung tahun ini tiap siswa SMA dan SMK akan mendapatkan rintisan BOS Rp 1,28 juta per siswa tiap tahunnya atau sebulan Rp 100.000,-. Kalau sekolah memungut biaya ke siswa Rp 200.000,- per bulan, maka sekolah seharusnya hanya memungut Rp 100.000,- per bulan," katanya.(A-71/A-107)***

Baca Juga

Tingkatkan Kreatifitas Anak Butuh Peran Guru dan Orangtua

MENGGAMBAR pemandangan menjadi salah satu hal yang umum dilakukan oleh seorang anak. Uniknya, selalu ada kesamaan ketika seseorang menggambar pemandangan. Yakni gunung, dengan jalan setapak dan sawah di sekitarnya juga matahari yang terbit di sela-sela gunung.

Mahasiswa STIE Ekuitas Diprioritaskan Bekerja di Bank BJB

BANDUNG,(PR).- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas akan menyeleksi mahasiswa untuk masuk kelas yang diprioritaskan diterima di Bank Jabar Banten (BJB). Sekitar 20 mahasiswa akan dibina mulai semester V.

Mendikbud: Full Day School Baru Kajian

JAKARTA,(PR).- Sistem belajar mengajar dengan konsep 'Full Day School' baru di tahap kajian. Berbagai kemungkinan terkait penerapan konsep 'Full Day School' masih dipelajari dan dikaji lebih dalam.