Dana Rintisan BOS SMA/SMK Belum Bisa Digratiskan

SOREANG,(PRLM).-Pemerintah pusat mengalokasikan dana rintisan BOS untuk SMA/SMK sebesar Rp 1 juta per bulan mulai Juli 2013. Sedangkan Pemprov Jabar kemungkinan akan membantu Rp 250.000,- /siswa/tahun, dan Pemkab Bandung Rp 31.000,-/tahun/siswa.

"Antara Januari sampai Juni 2013 pemerintah pusat masih memberikan bantuan Rp 10.000,-/bulan/siswa. Sedangkan bantuan Rp 1 juta/siswa/tahun baru berlaku mulai Juli 2013," kata Kabid SMA dan SMK Disdikbud Kab. Bandung. Dr. Hj. Tita Lestari, di ruang kerjanya, Rabu (22/5).

Menurut Tita, bantuan dari Pemkab Bandung baru sebesar Rp 31.000,-/siswa/tahun yang sedang dalam proses pencairan. "Kami rencanakan untuk tahun depan akan terjadi kenaikan sebesar Rp 300.000,-/siswa/tahun atau Rp 20 miliar. Kalau tahun ini baru Rp 2,5 miliar," katanya.

Tita mengharapkan agar SMA dan SMK untuk mengurangi biaya yang ditarik dari para siswanya. "Kalau kita hitung tahun ini tiap siswa SMA dan SMK akan mendapatkan rintisan BOS Rp 1,28 juta per siswa tiap tahunnya atau sebulan Rp 100.000,-. Kalau sekolah memungut biaya ke siswa Rp 200.000,- per bulan, maka sekolah seharusnya hanya memungut Rp 100.000,- per bulan," katanya.(A-71/A-107)***

Baca Juga

Perguruan Tinggi Swasta Dukung Penghapusan Kopertis

JAKARTA, (PR).- Perguruan tinggi swasta mendukung rencana pemerintah untuk membentuk Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (L2PT). Pasalnya, L2PT akan membuat kualitas pendidikan tinggi menjadi lebih baik dan kompetitif di tingkat dunia.

Mendikbud Akui Masih Ada Pungli

JAKARTA, (PR).- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengakui masih banyak terjadi praktik pungutan liar di dalam proses penyelenggaraan pendidikan nasional.

Riset Inovasi Teknologi Harus Mudah Dipahami Masyarakat

MAKASSAR, (PR).- Dosen dan peneliti diharapkan mampu mengomunikasikan hasil riset inovasi teknologi dengan lebih baik. Pasalnya, hingga saat ini, manfaat kecanggihan teknologi tak selalu dianggap penting bagi masyarakat.

Unpad Diminta Dorong Pembangunan Ekonomi

SUMEDANG, (PR).-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap, Universitas Padjadjaran (Unpad) terus memperkuat perannya sebagai lembaga pendorong pembangunan ekonomi (agent of economic development) serta perguruan tinggi yang mencetak p