Disparbudpora Kabupaten Sukabumi Akan Terapkan Wisata Terintegrasi

WISATA

PALABUHANRATU, (PRLM).- Untuk meningkatkan tingkat kedatangan wisatawan ke Kabupaten Sukabumi, Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sukabumi tengah menerapkan rancangan wisata terintegrasi.

"Rencana ini masih dalam tahap pengembangan dan survei, nantinya wisatawan dapat menikmati berbagai macam objek wisata dengan mudah," ujar Kepala Seksi (Kasi) Hiburan dan Rekreasi Objek Daya Tarik Wisata, Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sukabumi, Asep Yadi Setiawan, Selasa (21/5/2013).

Asep mengatakan, Disparbudpora saat ini tengah menata kembali beberapa objek pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Hal tersebut dilakukan selain untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan juga untuk memperindah kawasan-kawasan objek pariwisata yang berada di Kabupaten Sukabumi.

Saat ini Disparbudpora Kabupaten Sukabumi juga tengah mempromosikan objek wisata menyelam (diving), sebagai sarana pariwisata alternatif bagi para pencinta keindahan alam bawah laut.

Namun, berbeda halnya dengan Bunaken dan Raja Ampat yang terkenal akan keindahan terumbu karang. Di Kabupaten Sukabumi justru mengenalkan akan keindahan tebing di bawah laut, yang tentunya menjadi sensasi tersendiri bagi para penyelam.

"Ada beberapa spot (titik) menyelam di Kabupaten Sukabumi seperti Ujung Genteng, Karang Hantu, Pantai Cikepuh, Cikolombong, dan di Ciemas. Keindahan spot menyelam di sini bukan menjual keindahan terumbu karang, tetapi lebih kepada keindahan tebing di bawah laut dan main arus," kata Asep.

Dia menambahkan meski terbilang baru wisata menyelam ini mulai digemari oleh wisatawan lokal khusunya para komunitas menyelam. "Kategori menyelam di sini bisa untuk pemula sampai profesioanal, tergantung spot yang dipilihnya. Biasanya waktu yang paling pas untuk menyelam di bulan Mei sampai Agustus," katanya.

Adapun kedalaman penyelaman untuk setiap titik penyelaman umumnya bervariasi mulai dari 10 sampai 40 meter. Namun, untuk bisa menikmati keindahan bawah laut pantai selatan Kabupaten Sukabumi tergantung pada cuaca dan pola arus laut yang pas. (A-193/A_88)***

Baca Juga

Pelatihan "Agritourism on Business Development"

WISATA
PESERTA pelatihan "Agritourism on Business Development" menyimak penjelasan cara mengolah teh, di stan "Colours of Indonesia Agritourism", di Clarity Hotel, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Senin (3/8/2015). Acara yang dihadiri 16 negara Asia itu, diharapk

Bule Ikut Lomba Balap Karung di Malioboro

WISATA
YOGYAKARTA, (PRLM).– Untuk memeriahkan perayaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-70, paguyuban pedagang kaki lima (PKL) Malioboro menggelar sejumlah perlombaan di Jalan Malioboro, Yogyakarta.
 

Kepulauan Spratly Diusulkan Jadi Kawasan Pariwisata

WISATA

MANILA, (PRLM).- Organisasi US-Pinoys for Good Governance (USP4GG) mengusulkan pembentukan zona pariwisata di perairan tersebut yang diklaim – baik seluruhnya maupun sebagian – oleh Cina, Vietnam, Taiwan, Filipina, Malaysia dan Brunei.

Pulau Rusa Alor Menjadi Unggulan Wisata

WISATA
MENTERI Pariwisata Arief Yahya (kanan) siap mendukung program Bupati Alor, Amon Djobo yang akan menggelar Festival Bahari Alor.*

JAKARTA, (PRLM).- Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT) dikenal dengan Pulau Rusanya. Wilayah yang berdekatan dengan Australia dan Timor Leste ini menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Alor pun kini makin dikenal dengan sebutan Alam Lestari Orangnya Ramah (ALOR).