Disparbudpora Kabupaten Sukabumi Akan Terapkan Wisata Terintegrasi

PALABUHANRATU, (PRLM).- Untuk meningkatkan tingkat kedatangan wisatawan ke Kabupaten Sukabumi, Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sukabumi tengah menerapkan rancangan wisata terintegrasi.

"Rencana ini masih dalam tahap pengembangan dan survei, nantinya wisatawan dapat menikmati berbagai macam objek wisata dengan mudah," ujar Kepala Seksi (Kasi) Hiburan dan Rekreasi Objek Daya Tarik Wisata, Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sukabumi, Asep Yadi Setiawan, Selasa (21/5/2013).

Asep mengatakan, Disparbudpora saat ini tengah menata kembali beberapa objek pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Hal tersebut dilakukan selain untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan juga untuk memperindah kawasan-kawasan objek pariwisata yang berada di Kabupaten Sukabumi.

Saat ini Disparbudpora Kabupaten Sukabumi juga tengah mempromosikan objek wisata menyelam (diving), sebagai sarana pariwisata alternatif bagi para pencinta keindahan alam bawah laut.

Namun, berbeda halnya dengan Bunaken dan Raja Ampat yang terkenal akan keindahan terumbu karang. Di Kabupaten Sukabumi justru mengenalkan akan keindahan tebing di bawah laut, yang tentunya menjadi sensasi tersendiri bagi para penyelam.

"Ada beberapa spot (titik) menyelam di Kabupaten Sukabumi seperti Ujung Genteng, Karang Hantu, Pantai Cikepuh, Cikolombong, dan di Ciemas. Keindahan spot menyelam di sini bukan menjual keindahan terumbu karang, tetapi lebih kepada keindahan tebing di bawah laut dan main arus," kata Asep.

Dia menambahkan meski terbilang baru wisata menyelam ini mulai digemari oleh wisatawan lokal khusunya para komunitas menyelam. "Kategori menyelam di sini bisa untuk pemula sampai profesioanal, tergantung spot yang dipilihnya. Biasanya waktu yang paling pas untuk menyelam di bulan Mei sampai Agustus," katanya.

Adapun kedalaman penyelaman untuk setiap titik penyelaman umumnya bervariasi mulai dari 10 sampai 40 meter. Namun, untuk bisa menikmati keindahan bawah laut pantai selatan Kabupaten Sukabumi tergantung pada cuaca dan pola arus laut yang pas. (A-193/A_88)***

Baca Juga

Suara 1.000 Angklung, Mengetuk Pintu Pasar Wisman Osaka

Di antara pasar Pariwisata Asia Pacific - China, Hongkong, Taiwan, Macau, Korea - Negeri Sakura Jepang memang paling alot. Tidak mudah menaikkan jumlah kunjungan wisman dari Negeri Matahari Terbit itu, meskipun sudah dimasukkan dalam list top 5 pasar utama oleh Kemenpar.

Terbang ke Papua, Citilink Perkuat Akses Pariwisata

JAYAPURA, (PR).- Gunung tertinggi di Tanah Air dan diselimuti salju abadi, ada di Papua. Tempat snorkeling dan menyelam terbaik juga ada di Papua. Akan tetapi tidak banyak orang berkesempatan terbang ke pulau paling timur di Indonesia itu.

Menteri Pariwisata Kunjungi Kantor Air Asia

JAKARTA, (PR).- Program roadshow Menteri Pariwisata Arief Yahya berlanjut ke kantor Air Asia, di Jalan Marsekal Suryadharma (M-1) No 1, Cengkareng, Tangerang.

Jokowi: Tentukan Inti Ekonomi Indonesia

JAKARTA, (PR).- Setelah kunjungan kerja (kunker) dalam rangkaian menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 dan ASEAN ke Tiongkok dan Laos, Presiden Joko Widodo punya kesan yang sangat tegas dan masuk akal.