Pendidikan Bukan Hanya Proses Transformasi Pengetahuan

KASUBDIT Pembelajaran & Evaluasi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Enah Suminah memberikan penjelasan dihadapan lebih dari 200  guru Taman Kanak-Kanak Kota Bandung dalam One Day Workshop Smart Character Bu
WIDI KUSUMA/PRLM
KASUBDIT Pembelajaran & Evaluasi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Enah Suminah memberikan penjelasan dihadapan lebih dari 200 guru Taman Kanak-Kanak Kota Bandung dalam One Day Workshop Smart Character Building with Fun-Doh di SMAN 8, Jln. Selontongan, Kota Bandung, Sabtu (18/5/2013).*

BANDUNG,(PRLM).- Manusia Indonesia dibentuk melalui pendidikan nasional merupakan manusia komprehensif. Artinya cerdas dari segi intelektual, emosional dan sprituall. Pendidikan anak usia dini memiliki posisi strategid mencapai tujuan tersebut karena sebagai landasan awal dalam proses pendidikan selanjutnya.

"Pendidikan bukan hanya proses transformasi pengetahuan dan keterampilan tapi terpenting adalah pemupukan karakter dan pemupukan attitude," kata Kasubdit Pembelajaran & Evaluasi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Enah Suminah dalam One Day Workshop Smart Character Building with Fun-Doh di SMAN 8, Jln. Selontongan, Kota Bandung, Sabtu (18/5/2013). Lokakarya itu dihadiri 265 guru Taman Kanak-Kanak Kota Bandung.

Menurut dia, pendidikan harus terjadi di semua bidang, tidak hanya di sekolah tapi juga di masyarakat dan rumah. Attitude ini bisa saja membuat semua orang menjadi berbeda. Perilaku merupakan hal kecil tapi dapat membuat perbedaan besar.

"Kalau kita kehilangan duit tidak masalah tapi kalau kehilangan atitude atau karakter maka kehilangan semuanya. Karakter itu kejayaan umat tapi tanpa karakter maka hilang kejayaan bangsa. Begitu karakter hilang maka hanya tubuh saja," ujar Enah. (A-208/A_88)***

Baca Juga

PGRI Berharap Banyak pada Muhadjir Effendy

JAKARTA,(PR).- Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) optimistis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, Muhadjir Effendy, dapat melanjutkan perjuangan untuk memperbaiki dunia pendidikan Indonesia. Ini karena Muhadjir bukan tokoh baru dalam dunia pendidikan.

Siswa Sulawesi Utara Belajar di Kebun Teh Rancabali

SOREANG,(PR).- Sebanyak 20 siswa SMA/SMK Sulawesi Utara belajar di Jawa Barat untuk Program Pertukaran Pelajar Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2016 yang di gagas Kementerian BUMN.

Namanya Dicatut, Wakil Rektor Unpas Lapor Polisi

BANDUNG,(PR).- Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pasundan Jaja Suteja melapor ke Kepolisian Resor Kota Besar Bandung terkait pencatutan namanya dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unpas. Akibatnya, 4 calon mahasiswa menjadi korban penipuan.

Anies Baswedan Enggan Komentari Wacana Full Day School

JAKARTA, (PR).- Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan enggan berkomentar tentang pendidikan full day school atau sekolah sehari penuh yang diwacanakan penggantinya, Muhadjir Effendy.