Buruh di Kamboja Hanya Dibayar Rp 600 Ribu per Bulan

LUAR NEGERI

TOKYO, (PRLM).- Sama seperti di Bangladesh, industri garmen termasuk sepatu merupakan penyerap tenaga kerja terbesar di Kamboja. Dilaporkan, lebih dari setengah juta jiwa rakyat Kamboja bekerja di 500 pabrik garmen dan sepatu dengan upah minimum antara Rp 600 ribu sampai dengan Rp 750 ribu per bulan.

Nilai ekspor industri garmen dan sepatu di Kamboja pada 2012 lalu cukup besar, mencapai 4 miliar dolar AS atau Rp 40 triliun.

Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (16/5/13), setelah kasus runtuhnya pabrik garmen di Bangladesh yang menewaskan lebih dari 1.100 orang, kini pabrik sepatu olah raga "Wing Star" di Provinsi Kampong Speu, Phnom Penh, Kamboja, runtuh yang menyebabkan dua buruh tewas dan tujuh lainnya luka parah. Pabrik tersebut memproduksi sepatu merek ternama dunia "Asics". (A-133/A-108)***

Baca Juga

Israel Memburu Pembakar Bayi Palestina

LUAR NEGERI

DUMA, (PRLM).- Seorang bayi Palestina di kampung Duma, kota Nablus, tewas dalam aksi pembakaran yang diduga dilakukan pemukim Yahudi di Tepi Barat. Hal tersebut diungkapkan jubir kepolisian Israel, Luba Samri seperti dilaporkan BBC News, Jumat.

Jual Kapal Perang Batal, Prancis Siap Bayar Kompensasi ke Rusia

LUAR NEGERI

PARIS, (PRLM)- Prancis setuju membayar kompensasi kepada Rusia untuk pembatalan penjualan dua kapal perang, menurut pejabat Rusia.

Pembatalan penjualan itu terjadi sesudah pecah konflik di Ukraina timur, di mana Rusia dituduh mendukung kelompok separatis.

India dan Bangladesh Akhiri Konflik Wilayah Perbatasan

LUAR NEGERI

DHAKA, (PRLM).- India dan Bangladesh merayakan diakhirinya ketidakjelasan selama 68 tahun bagi puluhan ribu orang yang tinggal di sepanjang perbatasan yang dikuasai oleh kedua negara.

Inggris dan Prancis Blokir Migran yang Lewati Eurotunnel

LUAR NEGERI

LONDON, (PRLM).- Inggris dan Prancis hari Minggu (2/8/2015) mengatakan "prioritas utama" mereka adalah memblokir arus besar ribuan migran yang akan masuk ke Inggris melalui Eurotunnel, atau terowongan bawah laut yang menghubungkan kedua negara tersebut.