Headlines

Tarian Umbul Buka Rangkaian Penyelenggaraan Pesona Budaya Jabar

RETNO HY/"PRLM"
RETNO HY/"PRLM"
TARIAN Umbul yang dibawakan delapan penari wanita dan delapan penari pria pada pembukaan Pesona Budaya Jawa Barat di Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House), Kamis (16/5/2013).*

BANDUNG,(PRLM).-Tarian Umbul yang dibawakan delapan penari wanita dan delapan penari pria membuka rangkaian penyelenggaraan Pesona Budaya Jawa Barat yang menampilkan potensi seni budaya Kabupaten Sumedang.

Rangkaian Pesona Budaya Jawa Barat sejak Kamis (16/5/2013) bertempat di Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House) akan berakhir Sabtu (18/6/2013).

Semula seni Umbul dikenal dalam gerak atau tarian dalam pertunjukan reog. Gerak tarian yang mengandung unsur erotik dan kelucuan ini menjadi landasan intuisi di dalam penciptaan kesenian

Kesenian Umbul kini dikembangkan menjadi sebuah tarian yang mempunyai ciri khas tersendiri dan disajikan dalam bentuk ruang yang berbeda. Ada juga yang berpendapat bahwa seni tersebut berasal dari lndramayu, dibawa oleh salah seorang seniman lndramayu bernama Kalsip.

Semula ditampilkan dalam pertunjukan longer. Seniman longer ini sangat dikenal oleh masyarakat pendukungnya telah mencetak penari handal dan terkenal bernama Isrem.

Sosok penari inilah menjadi toiok ukur untuk perkembangan seni tersebut, bahkan menjadi pionir dengan nama Samaran Ma jaer. Seni umbul diperkirakan muncul pada tahun 1940, kemudian tumbuh dan berkembang di daerah Cijambe, Desa Parugpug, Kec. Paseh, Sumedang.

Ciri khas tari Umbul adalah gerakan pinggul yang berbau erotis. Tapi karena dibawakan oleh kaum pria maka kesenian tari Umbul cenderung menjadi kesenian yang mengundang tawa. (A-87/A-89)***

Komentari di Facebook !
Customize This