DPRD Segera Panggil KPU Kota Cirebon

CIREBON, (PRLM).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon bakal memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, untuk dimintai klarifikasinya terkait dugaan pelanggaran etika sejumlah komisioner KPU.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Lili Eliyah seusai menerima perwakilan komunitas untuk penataan kebijakan publik (Komunal) di ruang kerjanya Selasa (14/5/2013).

Komunal melaporkan dugaan pelanggaran etika yang dilakukan beberapa komisioner KPU Kota Cirebon.

Di antara dugaan yang dilaporkan yakni masuknya komisioner Subhan Alba di daftar calon sementara (DCS) calon legislatif DPRD Jabar dari Partai Nasdem, sebelum mengantongi SK mundur dari KPU Jabar.

Dugaan pelanggaran lain yakni suami dan kerabat komisioner Dita Hudayani tercatat di DCS DPRD Kota Cirebon, namun Dita tidak mengumumkan hal tersebut ke publik. Begitu juga dengan komisioner Emrizal, yang kerabatnya juga tercatat di DCS sebagai calon legislatif.

Menurut Lili, soal dugaan pelanggaran etika, sebenarnya sudah ada institusi sendiri yang menanganinya yakni Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Termasuk juga soal keuangan juga kan nanti ada audit dari institusi terkait," katanya.

Namun, katanya, dewan akan memanggil KPU Kota Cirebon, untuk memberikan klarifikasinya.

Hanya memang, kata Lili, pemanggilan KPU Kota Cirebon bukan khusus terkait soal laporan dugaan pelanggaran etika yang dilakukan komisioner KPU saja. "Ada sejumlah hal lain yang bakal diminta penjelasannya," katanya.

Dikatakan Lili, sesuai jadwal yang tercatat, pemanggilan KPU oleh Komisi A diagendakan pada 20 Mei mendatang. (A-92/A-26).***

Baca Juga

Pengacara Sebut Bupati Ojang Masih Kader PDIP

JAKARTA, (PR).- Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, Bupati Subang Ojang Sohandi masih tercatat sebagai Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Hal tersebut disampaikan kuasa hukum Ojang dari PDIP, Gregorius Jako di Gedung KPK, Rabu, 25 Mei 2016.

PPP Pertahankan Ivan Haz Sebagai Kader

JAKARTA, (PR).- Walau pun i anggota DPR RI FPPP Fanny Safriansyah (Ivan Haz) telah secara resmi dipecat sebagai anggota DPR RI oleh Majelis Kehormtan Dewan (MKD) DPR RI, namun yang bersangkutan tetap dipertahankan sebagai kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Perbatasan Sambas dan Serawak Terbuka, Ekonomi Meningkat

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta kembali mengingatkan rakyat Indonesia soal wilayah perbatasan, karena wilayah perbatasan adalah wilayah yang sangat strategis dan potensial bagi rakyat Indonesia.

Legislatif Dukung Perppu Perlindungan Anak

JAKARTA, (PR).- Sejumlah fraksi DPR RI memandang positif atas diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak. Namun masih ada perbedaan pendapat mengenai hukuman tambahan kebiri kimiawi seperti yang diatur dalam perppu.