DPRD Segera Panggil KPU Kota Cirebon

POLITIK

CIREBON, (PRLM).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon bakal memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, untuk dimintai klarifikasinya terkait dugaan pelanggaran etika sejumlah komisioner KPU.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Lili Eliyah seusai menerima perwakilan komunitas untuk penataan kebijakan publik (Komunal) di ruang kerjanya Selasa (14/5/2013).

Komunal melaporkan dugaan pelanggaran etika yang dilakukan beberapa komisioner KPU Kota Cirebon.

Di antara dugaan yang dilaporkan yakni masuknya komisioner Subhan Alba di daftar calon sementara (DCS) calon legislatif DPRD Jabar dari Partai Nasdem, sebelum mengantongi SK mundur dari KPU Jabar.

Dugaan pelanggaran lain yakni suami dan kerabat komisioner Dita Hudayani tercatat di DCS DPRD Kota Cirebon, namun Dita tidak mengumumkan hal tersebut ke publik. Begitu juga dengan komisioner Emrizal, yang kerabatnya juga tercatat di DCS sebagai calon legislatif.

Menurut Lili, soal dugaan pelanggaran etika, sebenarnya sudah ada institusi sendiri yang menanganinya yakni Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Termasuk juga soal keuangan juga kan nanti ada audit dari institusi terkait," katanya.

Namun, katanya, dewan akan memanggil KPU Kota Cirebon, untuk memberikan klarifikasinya.

Hanya memang, kata Lili, pemanggilan KPU Kota Cirebon bukan khusus terkait soal laporan dugaan pelanggaran etika yang dilakukan komisioner KPU saja. "Ada sejumlah hal lain yang bakal diminta penjelasannya," katanya.

Dikatakan Lili, sesuai jadwal yang tercatat, pemanggilan KPU oleh Komisi A diagendakan pada 20 Mei mendatang. (A-92/A-26).***

Baca Juga

‎Pembahasan PKPU Pencalonan Paling Alot

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum mengakui pembahasan peraturan KPU tentang pencalonan kepala daerah paling alot dibanding sembilan PKPU lainnya. KPU melakukan simulasi-simulasi untuk mengetahui dampak atas pilihan yang diambil.

Jika Hari Ini Pendaftaran, Kubu Siapakah yang Ikut Pilkada?

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Perselisihan internal di Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sampai saat ini masih dalam proses penyelesaian. Baik di pengadilan tata usaha negara maupun pengadilan negeri.

Deden Rumaji tak Akan Bersaing dengan Dadang Naser

POLITIK

SOREANG, (PRLM).- Wakil Bupati Bandung Deden Rukman Rumaji mengatakan, dirinya ikut mendaftarkan diri dalam seleksi calon bupati dan calon wakil bupati Bandung di Partai Gerindra karena faktor koalisi antara Partai Gerindra dan PAN.

KPU Cianjur Rekrut 160 Anggota PPK

POLITIK

CIANJUR, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur berhasil merekrut 160 anggota Panitia Pemililihan Kecamatan (PPK) setelah melakukan berbagai tahapan seleksi.