DPRD Segera Panggil KPU Kota Cirebon

CIREBON, (PRLM).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon bakal memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, untuk dimintai klarifikasinya terkait dugaan pelanggaran etika sejumlah komisioner KPU.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Lili Eliyah seusai menerima perwakilan komunitas untuk penataan kebijakan publik (Komunal) di ruang kerjanya Selasa (14/5/2013).

Komunal melaporkan dugaan pelanggaran etika yang dilakukan beberapa komisioner KPU Kota Cirebon.

Di antara dugaan yang dilaporkan yakni masuknya komisioner Subhan Alba di daftar calon sementara (DCS) calon legislatif DPRD Jabar dari Partai Nasdem, sebelum mengantongi SK mundur dari KPU Jabar.

Dugaan pelanggaran lain yakni suami dan kerabat komisioner Dita Hudayani tercatat di DCS DPRD Kota Cirebon, namun Dita tidak mengumumkan hal tersebut ke publik. Begitu juga dengan komisioner Emrizal, yang kerabatnya juga tercatat di DCS sebagai calon legislatif.

Menurut Lili, soal dugaan pelanggaran etika, sebenarnya sudah ada institusi sendiri yang menanganinya yakni Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Termasuk juga soal keuangan juga kan nanti ada audit dari institusi terkait," katanya.

Namun, katanya, dewan akan memanggil KPU Kota Cirebon, untuk memberikan klarifikasinya.

Hanya memang, kata Lili, pemanggilan KPU Kota Cirebon bukan khusus terkait soal laporan dugaan pelanggaran etika yang dilakukan komisioner KPU saja. "Ada sejumlah hal lain yang bakal diminta penjelasannya," katanya.

Dikatakan Lili, sesuai jadwal yang tercatat, pemanggilan KPU oleh Komisi A diagendakan pada 20 Mei mendatang. (A-92/A-26).***

Baca Juga

WAKIL Ketua Umum Gerindra Fadli Zon saat diwawancarai usai Diskusi di Galeri Kafe Cikini, Rabu (23/4/2014). Fadli mengatakan Gerindra saat ini jalin komunikasi dengan partai-partai islam. Dia mengatakan hari ini Pak Prabowo bertemu dengan Ustad Hilmi di B

DPR dan KMP Belum Carikan Pengganti Fahri Hamzah

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua DPR Fadhli Zon berharap masalah yang dihadapi koleganya di pimpinan DPR, Fahri Hamzah dengan PKS bukanlah agenda setting. Dia memandang kasus-kasus besar dapat mengganggu stabilitas koalisi merah putih.

Muktamar PPP Dihadiri 1.761 Peserta

JAKARTA, (PR).- Muktamar VIII PPP yang digelar di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta sejak Jumat, 8 April 2016 hingga Senin, 11 April 2016 diikuti oleh 1.767 peser

Kisruh Pembahasan Tatib DPD Bukan Soal Perebutan Kekuasaan

JAKARTA, (PR).- Unsur pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menolak anggapan kisruhnya pembahasan Tata Tertib (tatib) DPD RI sebagai persoalan perebutan kekuasaan. Akan tetapi persoalan lebih kepada perseteruan antara supremasi politik dan hukum.

Ratusan Parpol se-Asia Berkumpul di Jakarta

JAKARTA, (PR).- Ratusan partai politik se-Asia yang tergabung dalam International Conference of Asian Political Parties (ICAPP) akan bertemu di Jakarta dari 22 April sampai 24 April 2016. Pertemuan itu akan menjadi ajang kerjasama antar partai politik di berbagai bidang.