Ijazah Diniyah Takmiliyah Rawan Dijualbelikan

SOREANG, (PRLM).- Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jabar mewanti-wanti agar tidak ada jual beli ijazah maupun surat keterangan sedang belajar Diniyah Takmiliyah berkaitan dengan kewajiban melampirkan ijazah Diniyah Takmiliyah untuk melanjutkan ke SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA. Sedangkan warga meminta agar kewajiban ijazah Diniyah Takmiliyah untuk masuk ke SMA/SMK/MA karena SMP/MTs merupakan wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) 9 tahun.

“Dengan adanya kewajiban mengantongi ijazah Diniyah Takmilyah dikhawatirkan akan terjadi jual beli ijazah hanya agar bisa lulusan SD melanjutkan ke SMP/MTs dan lulusan SMP ke MA/SMK/SMA,” kata Kepala Kemenag Jabar, H. Saeroji, ketika dihubungi “PRLM”, Selasa (14/52013).

Diberitakan sebelumnya, lulusan SD yang akan melanjutkan ke jenjang SMP/MTs. maupun lulusan SMP yang akan ke SMA/SMK/MA diwajibkan mengantongi ijazah diniyah takmiliyah mulai tahun ajaran 2013/2014. Namun diniyah takmiliyah bisa mengeluarkan surat keterangan sedang belajar bagi siswa SD dan SMP yang belum mengantongi ijazah.
Sedangkan lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Madrasah Tsanawiyah (MTs) tidak diwajibkan memiliki ijazah Diniyah Takmiliyah karena mata pelajaran agamanya sudah banyak. Mata pelajaran agama di MI dan MTs sama dengan diniyah yakni Alquran Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Fikih, dan Bahasa Arab.

Lebih jauh Saeroji mengatakan, kewajiban belajar di diniyah takmiliyah tidak sebatas untuk mendapatkan ijazah melainkan pembentukan anak berakhlak baik. “Anak-anak juga dibiasakan beribadah sejak dini, bisa membaca dan memahami Alquran dengan baik, dan mempraktikkan dalam kesehariannya. Bukan sebatas selembar ijazah,” katanya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

UN Kertas Pensil SMP Butuh Pengawasan Sangat Ketat

JAKARTA, (PR).- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan Anies menuturkan, penyelenggaraan UNKP membutuhkan pengawasan yang lebih ketat dibandingkan UNBK. Total terdapat 647 ribu pengawas yang dikerahkan untuk penyelenggaraan UNKP tingkat SMP tersebut.

Ijazah Bisa Diverifikasi Online

SERPONG,(PR).- Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi meluncurkan Sistem Verifikasi Ijazah Online (SIVIL). Sistem ini digunakan untuk melakukan pengecekan keabsahan ijazah, apakah palsu atau tidak.

DHIS Gelar Pameran Sience Festival 2016

BANDUNG,(PR).- Untuk meningkatkan keinginan para siswa terhadap dunia sains, Darul Hikam International School (DHIS) mengadakan pameran sains bertajuk "Sience Festival 2016", Rabu 4 Mei 2016. Pameran di halaman DHIS jln. Ir. H. Djuanda 285 diikuti 24 jenis penelitian karya siswa.

Ini Alasan Pengumuman SNMPTN Dipercepat

JAKARTA,(PR).- Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 dimajukan satu hari dari jadwal sebelumnya. SNMPTN diumumkan Senin 9 Mei 2016 pukul 13.00 WIB ini, padahal sebelumnya dijadwalkan akan diumumkan pada Selasa 10 Mei 2016.