Kemenparekraf Beri Penghargaan Toilet Bersih di Bandara

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan memberikan penghargaan kepada 20 bandara di 19 Provinsi dalam ajang "Toilet Umum Bersih" yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

Ajang "Toilet Umum Bersih" dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan). Pemilihan "Toilet Umum Bersih" juga mendukung pengelolaan objek wisata yang profesional dan terwujudnya citra destinasi pariwisata yang baik dan berdaya saing.

Sebelum menilai toilet bersih di bandara, Kemenparekraf telah melakukan kegiatan sejenis dengan sasaran toileh bersih di museum, kebun binatang, dan taman rekreasi. Jadi kegiatan "Toilet Umum Bersih" di bandara, merupakan kegiatan yang keempat.

Naning S. Adiwoso, Ketua Asosiasi Toilet Indonesia mengakui, selama ini belum ada peta toilet baik di kota besar maupun kota kecil. Hal itu jelas sangat menyulitkan para wisatawan, baik asing maupun domestik saat mencari toileh di objek wisata. Selain itu perlu juga didorong, adanya toileh bersih yang berstandar internasional.

Sementara itu, Dirjen Destinasi Kemenparekraf, Firmansyah Rahim mengatakan, penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Bandara Internasional/Nasional diadakan tiap dua tahun. Mengapa objek penilaian terarah kepada toileh bandara, kareana selama ini lokasi tersebut menjadi perhatian utama para wisatawan. "Karena bandara adalah tempat pertemuan multiculture dan multiras, di mana toilet menjadi salah satu kebutuhan wisata yang tidak dapat dihindarkan, sekaligus sebagai marketing tools pariwisata," ujarnya (Mun/A-147)***

Baca Juga

Tekad Tim Shelter Rohingya: Selesai Sebelum Ramadhan

NASIONAL
Tekad Tim Shelter Rohingya: Selesai Sebelum Ramadhan

ACEH,(PRLM).-‎Tim Kemanusiaan ACT untuk Rohingya di Aceh Utara bergegas menyiapkan integrated community shelter (ICS) Rohingya, begitu Pemkab Aceh Utara memberi kabar kepastian menyediakan lahan.

Dirjianstraops, "Biasakan Peduli, Kenali, dan Atasi"

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Direktur Strategi dan Operasi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Dirjianstraops) Kolonel Laut (P) Samsudin Safari Panjaitan, M.Si (Han) berbagi metode cara berpikir dan cara bertindak yang bisa diaplikasikan, diimplementasikan dalam kehidupan bekerja dan juga dalam kehidupa

Satgas Pamtas RI-RDTL Adakan Donor Darah

NASIONAL

BELU, (PRLM).- Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad kembali menggelar kegiatan donor darah massal selama bertugas di Atambua, Kabupaten Belu. Kegiatan donor yang diselenggarakan, dibarengi dengan kegiatan penyuluhan narkoba dan sosialisasi BPJS.

Dompet Dhuafa Targetkan Himpun Rp 80 Miliar

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Lembaga zakat Dompet Dhuafa menargetkan penghimpunan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) dapat mencapai Rp 80 Miliar di bulan Ramadhan 1436 Hijriah. Target ini dicanangkan atas dasar tren setiap tahunnya di mana penghimpunan zakat terus meningkat setiap Ramadhan.