Pemungutan Suara Pilwalkot Bandung Bisa Dua Putaran

BANDUNG, (PRLM).- Jumlah swing voters dalam Pemilihan Wali Kota Bandung (Pilwalkot) Bandung 2013 diperkirakan mencapai 51,47 persen dari jumlah pemilih. Kemungkinan besar, Pilwalkot Bandung juga akan berlangsung dua putaran.

Hasil survey itu diutarakan Ketua Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika (PK2S) Universitas Padjadjaran Toni Toharudin, dalam konferensi pers di Gedung MIPA Unpad, Jln. Ir. Djuanda, Senin (13/5/2013).

"Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1.700 responden, didapatkan bahwa meskipun tingkat partisipasi politik saat ini cukup tinggi yaitu 91,68 persen, namun jumlah swing voters juga tinggi, lebih dari 50 persen," kata Toni.

"Jika tidak mampu teryakinkan, swing voters itu akan menjadi golput, tapi bisa juga menjadi potensi bagi calon yang serius menggarap visi misinya dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat," tuturnya.

Dengan banyaknya pasangan, Toni mengatakan bahwa tingkat golput diperkirakan mencapai 40 persen. Jumlah tersebut juga jauh lebih tinggi daripada golput saat Pilwalkot Bandung tahun 2008 yang mencapai 30,19 persen, atau golput dalam Pilgub Jabar yang mencapai 36 persen.

Tidak adanya tokoh sentral dengan popularitas tinggi juga disebutkan Toni menjadi alasan banyaknya swing voters. Menurut dia, secara umum tingkat popularitas para calon yang akan bertarung dalam Pilwalkot Bandung tidak cukup tinggi.

"Tingkat popularitas masing-masing calon masih di bawah 40 persen, kalaupun ada yang terbilang tinggi juga berasal dari pejabat di Pemkot Bandung," ujarnya.

Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa para calon masih harus lebih giat lagi untuk rangka memperkenalkan diri kepada masyarakat.

Menurut dia, angka tersebut masih mungkin berubah mengingat waktu pencoblosan yang masih dalam hitungan bulan. Selain itu, perubahan angka juga sangat tergantung kepada peran para calon dalam menarik hati pemilih dilihat dari visi dan misi para calon serta berbagai program realistis yang akan ditawarkan. (A-175/A_88)***

Baca Juga

Biaya Pilkada Serentak 2017 Capai Rp 4,2 Triliun

JAKARTA, (PR).- Besarnya biaya Pilkada yang dikeluarkan dari pajak yang dibayar rakyat, akan terbuang sia-sia jika proses tahapan Pilkada tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya.

KPU Belum Bagikan Bahan Kampanye Pilkada Cimahi

CIMAHI, (PR).- Sepuluh hari setelah masa kampanye dimulai pada 28 Oktober 2016 lalu, sampai saat ini Komisi Pemilihan Umum Kota Cimahi masih belum membagikan bahan peraga kampanye kepada ketiga tim sukses pasangan calon peserta Pilkada Cimahi 2017.

Atty, Cawalkot Cimahi Paling Kaya

CIMAHI, (PR).- Seluruh peserta Pilkada Cimahi 2017 sudah menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Dari enam calon wali kota/wakil wali kota, calon wali kota petahana Atty Suharti diketahui memiliki harta yang paling banyak.