Lulusan SD Wajib Kantongi Ijazah Diniyah Takmiliyah

PERWAKILAN dari Kecamatan Kutawaringin mengikuti defile pada peluncuran wajib belajar Diniyah Taklimiyah (DT) di Lapangan Upakarti, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Senin (13/5/2013). Penerapan wajib belajar di Kabupaten Bandung
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM
PERWAKILAN dari Kecamatan Kutawaringin mengikuti defile pada peluncuran wajib belajar Diniyah Taklimiyah (DT) di Lapangan Upakarti, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Senin (13/5/2013). Penerapan wajib belajar di Kabupaten Bandung, pertama di Indonesia, mulai tahun ajaran 2013/2014 mendatang. Ijazah DT akan menjadi salah syarat untuk daftar di sekolah lanjutan.*

SOREANG, (PRLM).- Lulusan SD yang akan melanjutkan ke jenjang SMP/MTs. maupun lulusan SMP yang akan ke SMA/SMK/MA diwajibkan mengantongi ijazah diniyah takmiliyah mulai tahun ajaran 2013/2014. Namun diniyah takmiliyah bisa mengeluarkan surat keterangan sedang belajar bagi siswa SD dan SMP yang belum mengantongi ijazah.

"Jumlah santri diniyah takmiliyah lebih dari 200.000 orang, jumlah guru sekitar 10.000 orang, dan jumlah ustaz 3.000 orang," kata Kasi Pendidikan Diniyah dan Pesantren Kemenag Kab. Bandung, H. Oni Suryana, saat peluncuran diniyah takmiliyah di Lapangan Upakarti, Senin (13/5/2013).

Sesuai dengan peraturan pemerintah (PP), kata Oni, kedudukan diniyah takmiliyah adalah non formal untuk melengkapi pendidikan agama di sekolah-sekolah umum yang masih kurang. Kab. Bandung sendiri sudah mengeluarkan Perda No. 7/2000 dan Perbup No. 34/2007 soal wajib belajar diniyah takmiliyah.

Dengan adanya Perda dan Perbup itu, kata Oni, maka lulusan SD dan SMP yang akan melanjutkan ke jenjang sekolah tinggi harus mengantongi ijazah diniyah takmiliyah. "Apabila belum ada ijazah, maka siswa SD dan SMP tersebut harus memiliki surat keterangan sedang belajar diniyah takmiliyah," ucapnya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

UNBK 2017, Peran Guru TIK Sangat Diandalkan

BANDUNG, (PR).- Bidang Pendidikan Menengah Umum Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Rakor "Revitalisasi Musyawarah Guru TIK Jawa Barat dalam Mendukung Program Dinas Provinsi Jawa Barat Terkait Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi", Jumat 27

Riset Peternakan Bisa Percepat Kemandirian Pangan

JAKARTA, (PR).- Implementasi hasil riset dan teknologi pada sektor peternakan akan mempercepat kemandirian pangan nasional terutama untuk mewujudkan target swasembada daging.

Cerita Menteri Susi dan Penghargaan ITB

BANDUNG, (PR).- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak pernah lupa cerita unik saat dirinya meraih penghargaan Ganesha Widya Jasa Aditama Award dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Penghargaan tersebut diterimanya pada 2011 lalu.

Insinyur Harus Ikut Sertifikasi Profesi

BANDUNG,(PR).- Wakil Rektor dua Unisba, Rahmat Ceha menyatakan, lulusan teknik perguruan tinggi baru menyandang gelar sarjana teknik (ST) dan tidak akan bisa langsung meraih gelar insinyur.