Stadion Utama Sepakbola Bandung Lautan Api (SUS BLA) Diresmikan

BANDUNG, (PRLM).- Di tengah guyuran hujan deras Stadion Utama Sepakbola Bandung Lautan Api (SUS BLA) diresmikan Wali Kota Bandung Dada Rosada, Jumat (10/5/13).

Diharapkan pembangunan salah satu Stadion terbesar di Indonesia ini menjadi tonggak bagi prestasi olahraga di Jawa Barat (Jabar) dan Kota Bandung.

Sejumlah atraksi kesenian ditampilkan pada acara pembukaan tersebut. Warga yang hadir bergemuruh saat satu persatu lampu stadion mati.

Tak lama kemudian atraksi kesenian pun ditampilkan dengan diawali lampu yang menyala kembali. Atraksi kesenian berupa tari topeng, pencak silat dipentaskan di pinggir lapangan.

Pada pembukaan turut hadir, antara lain Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Dede Yusuf, dan Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda.

Dalam sambutannya Dada Rosada berharap keberadaan SUS BLA menjadi inspirasi lahirnya prestasi olahraga di Kota Bandung.

"Sengaja kita tak membuat panggung agar kita berlatih kehujanan. Senasib sepenanggungan sama-sama kehujanan," tuturnya.

Dia menuturkan, pembangunan SUS BLA berawal dari tekad Pemkot Bandung untuk membangun infrastruktur olahraga yang berkualitas. "Sudah saatnya Persib memiliki stadion bertaraf internasional," ucapnya.

Dia menambahkan, pembangunan stadion mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat Kota Bandung.

"Gubernur Jabar Ahmad Heryawan memastikan akan membantu pembiayaan stadion sebagaimana yang dilakukan pendahulunya," ujarnya.

Dikatakan, pada tahun 2008 isu pembangunan stadion semakin menguat setelah penonton meluber ke lapangan saat menyaksikan pertandingan Persib melawan Persik Kediri.

"Alhamdulillah stadion BLA sebagai stadion kedua terbesar setelah Gelora Bung Karno, telah selesai hari ini. Dengan total Rp 970 miliar yang terdiri dari Rp 685 miliar dari APBD Kota Bandung, sedangkan sisanya Rp 285 miliar berasal dari APBD Jabar," kata Dada.

Dia menuturkan, kapasitas stadion mencapai 38 ribu kursi dengan dilengkapi fasilitas untuk penyandang difabel. Seusai sambutan, Wali Kota Bandung menandatangani prasasti peresmian SUS BLA.

Sementara itu, Ahmad Heryawan saat memberikan sambutan meralat pernyataan Dada Rosada terkait alokasi anggaran pembangunan stadion.

"Alokasi anggaran Pemerintah Provinsi Jabar sebesar Rp 285 miliar itu pada tahun lalu. Pada 2013 sudah disediakan anggaran murni RP 100 miliar serta pada perubahan anggaran untuk fasilitas tambahan sebesar Rp 100 miliar," katanya.

Untuk itu, pembangunan Stadion kebanggan masyarakat Jabar dan Kota Bandung tersebut diperkirakan menelan dana sekitar Rp 1,1 triliun hingga penyelesaiannya tuntas.

Heryawan menyatakan sebagai daerah dengan penduduk terbesar di Indonesia, stadion-stadion lain akan dibangun pula di sejumlah daerah di Jabar. (A-201/A-89)***

Baca Juga

Ini Klub Liga Premier yang Terkena Dampak Brexit

SAAT ini Inggris akan memulai rencana keluar dari keanggotaannya di Uni Eropa akan berdampak kepada tim sepakbola Premier Inggris. Perdana Menteri Inggris Theresa May resmi menandatangani surat untuk menerapkan Pasal 50 (Article 50).

Garuda Menangi Babak Playoff Pertama

SURABAYA, (PR).- Bank BJB Garuda Bandung merebut kemenangan di playoff pertama Divisi Merah Indonesia Basketball League (IBL) 2017. Menghadapi tim tuan rumah, CLS Knight Surabaya di GOR Kertajaya, Surabaya, Jumat, 31 Maret 2017, Garuda terbang tinggi dan merebut kemenangan 75-73.

Akan Berlaga di Asia, Lifter Angkat Berat Jabar Minim Perhatian

BANDUNG, (PR).- Meski akan membela nama daerah dan Indonesia di Kejuaraan Angkat Berat Asia, Mei 2017 mendatang, perhatian terhadap atlet Jawa Barat sangat minim. Jangankan untuk nutrisi dan suplemen, sarana latihan pun belum mendapat dukungan optimal dari pengurus PABBSI maupun pemerintah.

Patriot Candrabhaga FC Diperkenalkan

BEKASI, (PR).- Pemerintah Kota Bekasi resmi memperkenalkan tim sepakbola kebanggaannya Patriot Candrabhaga Football Club, Rabu 5 April 2017.