Stadion Utama Sepakbola Bandung Lautan Api (SUS BLA) Diresmikan

BANDUNG, (PRLM).- Di tengah guyuran hujan deras Stadion Utama Sepakbola Bandung Lautan Api (SUS BLA) diresmikan Wali Kota Bandung Dada Rosada, Jumat (10/5/13).

Diharapkan pembangunan salah satu Stadion terbesar di Indonesia ini menjadi tonggak bagi prestasi olahraga di Jawa Barat (Jabar) dan Kota Bandung.

Sejumlah atraksi kesenian ditampilkan pada acara pembukaan tersebut. Warga yang hadir bergemuruh saat satu persatu lampu stadion mati.

Tak lama kemudian atraksi kesenian pun ditampilkan dengan diawali lampu yang menyala kembali. Atraksi kesenian berupa tari topeng, pencak silat dipentaskan di pinggir lapangan.

Pada pembukaan turut hadir, antara lain Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Dede Yusuf, dan Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda.

Dalam sambutannya Dada Rosada berharap keberadaan SUS BLA menjadi inspirasi lahirnya prestasi olahraga di Kota Bandung.

"Sengaja kita tak membuat panggung agar kita berlatih kehujanan. Senasib sepenanggungan sama-sama kehujanan," tuturnya.

Dia menuturkan, pembangunan SUS BLA berawal dari tekad Pemkot Bandung untuk membangun infrastruktur olahraga yang berkualitas. "Sudah saatnya Persib memiliki stadion bertaraf internasional," ucapnya.

Dia menambahkan, pembangunan stadion mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat Kota Bandung.

"Gubernur Jabar Ahmad Heryawan memastikan akan membantu pembiayaan stadion sebagaimana yang dilakukan pendahulunya," ujarnya.

Dikatakan, pada tahun 2008 isu pembangunan stadion semakin menguat setelah penonton meluber ke lapangan saat menyaksikan pertandingan Persib melawan Persik Kediri.

"Alhamdulillah stadion BLA sebagai stadion kedua terbesar setelah Gelora Bung Karno, telah selesai hari ini. Dengan total Rp 970 miliar yang terdiri dari Rp 685 miliar dari APBD Kota Bandung, sedangkan sisanya Rp 285 miliar berasal dari APBD Jabar," kata Dada.

Dia menuturkan, kapasitas stadion mencapai 38 ribu kursi dengan dilengkapi fasilitas untuk penyandang difabel. Seusai sambutan, Wali Kota Bandung menandatangani prasasti peresmian SUS BLA.

Sementara itu, Ahmad Heryawan saat memberikan sambutan meralat pernyataan Dada Rosada terkait alokasi anggaran pembangunan stadion.

"Alokasi anggaran Pemerintah Provinsi Jabar sebesar Rp 285 miliar itu pada tahun lalu. Pada 2013 sudah disediakan anggaran murni RP 100 miliar serta pada perubahan anggaran untuk fasilitas tambahan sebesar Rp 100 miliar," katanya.

Untuk itu, pembangunan Stadion kebanggan masyarakat Jabar dan Kota Bandung tersebut diperkirakan menelan dana sekitar Rp 1,1 triliun hingga penyelesaiannya tuntas.

Heryawan menyatakan sebagai daerah dengan penduduk terbesar di Indonesia, stadion-stadion lain akan dibangun pula di sejumlah daerah di Jabar. (A-201/A-89)***

Baca Juga

Matthews Menang Sprint Etape XVI

ROMAN SUR ISERE,(PR).- Memenangi adu sprint finis di lomba balap sepeda paling bergengsi Tour de France (TdF) tak harus jadi milik sprinter terkemuka. Hal ini dibuktikan oleh Michael Matthews (26) asal Australia.

Striker Chelsea Kenedy Menyesali Video Rasisme yang Dibuatnya

GUANGZHOU, (PR).- Striker Chelsea Robert Kenedy mengaku menyesal dengan unggahan video berbau rasisme yang dibuatnya pada akun instagramnya. Ia akhirnya menyampaikan permintaan maaf setelah mendapatkan teguran dari klub, dan juga kecaman dari warga Tiongkok.

AJC 2017, Peluang Indonesia Raih Gelar Makin Berat

TANGERANG SELATAN, (PR).- Indonesia tinggal menyisakan satu wakil saja di sektor ganda campuran Asia Junior Championship 2017 nomor perorangan, setelah tiga pasangan Merah Putih lainnya tumbang di babak ketiga.

Pelanggaran Doping, UEFA Denda Manchester United

BERN, (PR).- Manchester United dan dua pemain mereka didenda UEFA, setelah mereka gagal memenuhi peraturan-peraturan anti-doping UEFA. Hal tersebut diutarakan badan sepak bola Eropa itu pada Senin, 31 Juli 2017 waktu setempat.