Kab. Bandung Hanya Punya 35 Alat Pembaca E-KTP

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kab. Bandung, Drs. H. Salimin mengatakan, idealnya setiap instansi yang melayani publik seperti Kemenag, kepolisian, imigrasi, perbankan, dan lain-lain memiliki alat pembaca e-KTP atau card reader.

“Ada 40 instansi yang diharuskan memiliki alat pembaca e-KTP, namun sampai saat ini baru Pemkab Bandung dan kecamatan-kecamatan yang mempunyai card reader,” ucap Salimin di komplek Pemkab Bandung, Jumat (10/5/13).

Jumlah card reader di Kab. Bandung juga amat terbatas hanya 35 buah untuk keperluan aktivasi e-KTP. “Untuk pengadaan card reader tidak mudah sebab barangnya tidak ada di pasaran dan masih dimonopoli satu perusahaan. Pemkab Bandung saja tak bisa melakukan pengadaan card reader sehingga hanya memakai kiriman dari Kemendagri,” ucapnya.

Mengenai fotokopi e-KTP, Salimin mengatakan, sebaikya jangan dilakukan karena bisa merusak chipnya sesuai dengan surat edaran Kemendagri. “Saya hanya bisa mengatakan itu sesuai dengan pesan dari Mendagri. Perlu duduk bersama antara Kemendagri dan instansi-instansi pelayanan publik untuk mengatasi masalah ini,” ujarnya. (A-71/A-88)***

Baca Juga

Produksi Meningkat 20 Persen

Warga Gajah Mekar Panen dengan Sistem Jajar Legowo

BANDUNG RAYA
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM

SOREANG,(PRLM).- Para petani Desa Gajah Mekar, Kec. Kutawaringin, melakukan panen raya seluas 20 hektare dengan sistem tanam jajar legowo 21. Dengan sistem ini berhasil meningkatkan produksi sampai 20 persen dibandingkan sistem tanam tradisional.

Perda K3 Belum Berikan Efek Jera

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, pembuang sampah sembarangan harus dihukum secara adat semisal ditegur atau hukuman sosial lainnya. Namun, aparat pemerintah juga harus memberikan contoh dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Penahanan Bupati Sumedang Dinilai Berlebihan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Guru Besar Fakultas Hukum Unpad I Gde Pantja Astawa mengatakan penahanan Bupati Sumedang Ade Irawan patut dipertanyakan. Karena penahanan kepala daerah tersebut harus seizin menteri dalam negeri.

Korupsi GBLA, Urugan Harusnya 10 Cm, Ternyata Hanya 5 Cm

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Ketebalan pengurugan tanah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), yang seharusnya 10 Cm, ternyata hanya diurug 5 Cm, menjadi salah satu penyebab ditersangkakannya Sekdistarcip Kota Bandung.