Indonesia Open Super Series Premier 2013, Turnamen Pertama dengan Teknologi Eye Hawk

OLAH RAGA

JAKARTA, (PRLM).- Indonesia Open Super Series Premier 2013 akan menjadi turnamen pertama yang akan memanfaatkan teknologi "eye hawk" pada bulutangkis. Pemanfaatan teknologi ini dilakukan guna mengukur keakuratan penempatan jatuhnya bola dalam pertandingan.

"Teknologi kamera slow-motion ini akan diujicoba di Piala Sudirman, dan Indonesia Open akan menjadi turnamen pertama yang akan menggunakan teknologi ini. Teknologi ini untuk memudahkan ketepatan posisi jatuhnya shuttlecock nanti, hingga nilai keakuratannya sangat tinggi," tutur Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) seperti yang dilangsir dalam situsnya.

Bagi beberapa cabang teknologi ini sudah terlebih dahulu digunakan, seperti di sepak bola dan tenis. Bulutangkis baru menilai penting penggunaannya setelah banyaknya kasus "inaccuracy" dalam keputusan hakim garis di Olimpiade London lalu. Pasalnya keputusan akurat hakim garus akan bisa menentukan hasil pertandingan.

Ketua Panitia Indonesia Open Super Series Premier 2013, Kusdarto, saat dihubungi wartawan, Senin (7/5/13) mengatakan, pihaknya merasa terhormat jika Indonesia Open akan menjadi turnamen pertama yang akan menerapkan teknologi instan reviews system tersebut.

"Saya kira ini system yang bagus, karena bulutangkis seharusnya sudah sangat membutuhkannya sejak dulu. Teknologi ini bisa sangat membantu meringankan kerja wasit dan hakim garis, serta meminimalisir error," ungkapnya.

Kendati sudah diputuskan akan diterapkan di Indonesia Open nanti, tapi Kusdarto mengaku dirinya belum tahu bagaimana nanti penerapannya di lapangan. Pasalnya menurut dia pihak BWF belum melakukan sosialisasi dengan pihak panpel sama sekali hingga hari ini.(A-161/A-108)***

Baca Juga

Hindari Jenuh, Atlet Pelatda Pencak Silat Jabar Road Show

OLAH RAGA

BANDUNG, (PRLM).- Menghindari kejenuhan yang dirasakan atlet Pelatda PON Jawa Barat, Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Pencak Silat Indoneisa (IPSI) Jawa Barat siap untuk mengadakan road show ke beberapa daerah yang berada di wilayah Jawa Barat.

Liga Spanyol

Real Madrid Isyaratkan Jual Asier Illarramendi

OLAH RAGA

MADRID, (PRLM).- Real Madrid mulai berpikir untuk menjual Asier Illarramendi. Pasalnya, performa sang gelandang tak kunjung membaik sejak didatangkan dari Real Sociedad dengan tebusan £23 juta pada dua tahun lalu.

MotoGP

Corti Akan Gantikan Stefan Bradl di GP Jerman

OLAH RAGA

SACHSENRING, (PRLM).- Pebalap MotoGP asal Jerman Stefan Bradl mengalami patah tulang skaphoid saat turun di Assen lalu dan terpaksa absen ketika balapan berlangsung di kampung halamannya pada akhir pekan ini.

Alko Lolos ke Final Turnamen Bola Voli Putri

OLAH RAGA
Alko Lolos ke Final Turnamen Bola Voli Putri

BANDUNG, (PRLM).- Tim Alko akhirnya memenangi duel seru dengan TNI AU, setelah menekuk tim tersebut 3-1 (26-25, 16-25, 25-18, 25-19), pada semifinal Open Turnamen Bola Voli Putri Ramadhan Cup IV Tahun 2015, di Lapangan Voli Macan, Jalan Macan, Kota Bandung, Rabu (8/7/2015).