BPBD DKI: Katulampa Siaga III

JAKARTA, (PRLM).- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan akan terjadi banjir di pemukiman penduduk pada di Kelurahan Bidara Cina, Kp. Melayu, Bukit Duri, Cawang dan Rawajati, Jakarta akibat debit air di Sungai Katulampa meningkat. Berdasarkan info dari Posko Dinas PU, Pintu Air Katulampa siaga III dengan ketinggian air mencapai 150 cm, kondisi tersebut berlangsung sejak pukul 18.00 namun pada pukul 19.00 ketinggian air dilaporkan menurun hingga level 110 cm tapi masih diatas ambang batas siaga III (80cm).

"Hal tersebut diperkirakan akan mengakibatkan banjir di pemukiman penduduk pada Kelurahan Bidara Cina, Kp. Melayu, Bukit Duri, Cawang dan Rawajati. BPBD DKI telah memerintahkan seluruh jajaran BPBD dan mengkoordinasikan SKPD terkait, Walikota, Camat hingga Lurah untuk mempersiapkan lokasi evakuasi, logistik dan peralatan," ucap Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui rilis yang diterima "PRLM", di Jakarta, Selasa (7/5/13).

Sutopo menambahkan, BPBD telah menghimbau kepada para warga yang dilalui oleh Sungai Ciliwung agar waspada serta mempersiapkan segala sesuatunya karena akan datangnya banjir itu.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, telah terjadi peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir Pukul 19.30 WIB di wilayah Bogor, Dermaga, Sawangan, Bojonggede, Cibinong, Depok, Margonda, Lenteng agung, Pejaten, Cimanggis, Cibubur, Pasar Rebo, Pasar Minggu, Kalibata, Pancoran, Senayan, Fatmawati, Kemang, Sudirman, Pejompongan, Pdk Cabe, Pamulang, Ciputat, Bintao, Kebayoran, Senayan, Lbk bulus, Cilandak dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih berlangsung hingga Pukul 21.00 WIB dan meluas ke wilayah Halim, Cililitan, Lubang buaya, Jati asih, Bantargebang, Bekasi, Cakung, Kalimalang, Duren sawit, Pdk gede, Klender, Rawamangun, Cipinang, Jatinegara, Kpg melayu, Matraman, salemba, Gambir, Senen, Kemayoran, Cempaka putih dan sekitarnya," ucapnya.

Dia menambahkan, bila kondisi cuaca signifikan masih berlanjut, akan dilakukan update sebelum masa berlaku peringatan dini berakhir. (A-194/A-108)***

Baca Juga

Puan Maharani Tutup Rangkaian Diskusi YSNB

JAKARTA, (PR).- Diskusi Panel Serial (DSP) bersama Yayasan Suluh Nuswantara Bakti (YSNB) yang digagas Pontjo Sutowo resmi ditutup setelah digelar selama satu tahun setengah. Penutupan DSP dihadiri Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani.

Berusia 39 Tahun, BPJS Ketenagakerjaan Bidik Pekerja Rentan

JAKARTA, (PR).- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar peringatan Hari Ulang Tahun ke-39. Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menyatakan, dirinya dan jajaran direksi akan terus berusaha memberikan perlindungan yang terbaik kepada seluruh pekerja.

Korban Gempa Aceh Mendapat Santunan dari Kementerian Sosial

JAKARTA, (PR).- Korban gempa Aceh akan mendapat santunan dari Kementerian Sosial.

Santunan kematian untuk korban meninggal dunia sebesar Rp 15 juta per orang. Sementara korban luka mendapat bantuan sebesar Rp 5 juta per orang.

Bebenah Kampung, Bangun Rumah untuk Kaum Dhuafa

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua Yayasan Tzu Chi, Sugianto Kusuma alias Aguan tidak ada letihnya memperhatikan kebutuhan kaum dhuafa. Sesuai dengan bidang yang digelutinya, yakni usaha properti, Sugianto membantu kaum dhuafa dalam pengadaan rumah layak huni.