Debat Pilkada KBB Berlangsung Rabu (8/5/2013)

NGAMPRAH, (PRLM).-Debat Calon Bupati-Wakil Bupati Bandung Barat Periode 2013-2018 putaran pertama akan berlangsung Rabu (8/5/2013) ini di Jalan Pacuankuda, Arcamanik, Kota Bandung.

Debat kelima pasangan calon ini akan disiarkan secara langsung di salah satu stasiun TV lokal (Bandung TV) mulai pukul 19.30 WIB.

Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kabupaten Bandung Barat, Iing Nurdin mengatakan, debat putaran pertama ini akan mengetengahkan tema seputar pemerintahan, pembangunan daerah, dan tata ruang.

Tiga panelis yang akan dihadirkan yaitu Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf, Tokoh Masyarakat Bandung Barat, Dr. Toto Saputra, dan Pakar Ilmu Pemerintahan dari Universitas Jenderal Ahmad Yani, Agus Subagyo.

"Debat ini akan disiarkan selama 1,5 jam dan dibagi ke dalam empat sesi," katanya, Selasa (7/5).

Pada sesi pertama, kata Iing, setiap pasangan calon akan diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi mereka yang kemudian akan ditanggapi para panelis.

Setiap pasangan calon nantinya akan menjawab pertanyaan panelis untuk mempertajam visi dan misi mereka.

Pada sesi kedua, setiap pasangan calon diminta untuk memberikan solusi terkait dengan masalah pemerintahan dan pembanguan di Kabupaten Bandung Barat. Pernyataan setiap pasangan calon tersebut akan ditanggapi oleh pasangan calon lain.

Isu seputar pemerintahan, pembangunan, dan tata ruang di Kabupaten Bandung Barat semakin meruncing saat memasuki sesi ketiga.

Pada sesi ini, setiap pasangan calon diminta untuk menanggapi atau menjawab pertanyaan masyarakat yang sudah direkam sebelumnya. Lalu, pernyataan tersebut kembali akan ditanggapi oleh pasangan calon lain.

“Pada sesi keempat, setiap pasangan calon diberi kesempatan untuk menyampaikan kesimpulan. Pada sesi ini, calon wakil dari setiap pasangan bisa ambil bagian,” kata Iing

Pada debat putaran pertama tersebut, tidak dibuka sesi khusus dari setiap pasangan calon untuk mengajukan pertanyaan kepada pasangan calon lain. Namun, menurut Iing, interaksi antarpasangan calon sudah terwakili pada sesi kedua dan ketiga.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat, Asep Mamat menambahkan, para pendukung diperbolehkan masuk ke ruang debat, tetapi hanya dibatasi sampai 20 orang untuk setiap pasangan calon.

Dia meminta agar para pendukung mengikuti acara debat dengan tertib dan tidak melakukan hal-hal yang mengganggu kegiatan tersebut.

Selain debat Rabu (8/5) ini, KPU Kabupaten Bandung Barat selanjutnya akan menggelar debat putaran kedua, yakni pada Minggu (12/5) dan Rabu (15/5).

Debat putaran kedua akan mengangkat tema soal ekonomi bekerja sama dengan Kadin dan bertempat di Pusdikter, Jalan Gadobangkong.

Sementara debat putaran ketiga akan berlangsung di Hotel Masion Pine, Kota Baru Parahyangan dan mengangkat tema soal pembangunan dan ekonomi.

Soal dana penyelenggaraan debat kandidat di stasiun televisi itu, Asep mengatakan, KPU menganggarkan dana Rp 45 juta untuk setiap putaran. "Itu sudah termasuk biaya perlengkapan, sewa tempat, konsumsi, dan sebagainya," katanya. (A-192/A-89)***

Baca Juga

Kinerja Wakil Rakyat dari Golkar Akan Dievaluasi

BANDUNG, (PR).- Golkar Jawa Barat akan menerapkan standar pengukuruan kinerja anggota dewan, bupati/wali kota dan juga pengurus Golkar di Jawa Barat dan kabupaten/kota. Hal itu dilakukan untuk transparansi sekaligus mengukur kinerja pengurus partai dalam rangka mengabdi ke rakyat Jawa Barat.

Setya Novanto Sangat Bergantung pada Aburizal Bakrie

JAKARTA, (PR).- Delapan kandidat kini akan bersaing memperebutkan posisi ketua umum Partai Golkar. Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai, salah satu kandidat, Setya Novanto, memiliki kesempatan yang cukup besar dalam bursa pemilihan ketua umum.

Pastikan Munaslub Lancar, Golkar Gelar Pramunas

NUSA DUA, (PR).- Sebelum pembukaan Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar, Sabtu, 14 Mei 2016, malam, terlebih dahulu akan dilaksanakan pra munas. Dijadwalkan pramunas akan berlangsung hingga sore.

Putusan Sela Status Quo Menangkan Fahri Hamzah

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyampaikan terima kasihnya kepada majelis hakim di pengadilan negeri Jakarta Selatan, yang telah membuat putusan sela, dengan status quo bagi kasus pemecatan dirinya.