KPK Terus Telusuri Aliran Dana Kasus Korupsi Kuota Impor Daging Sapi

NASIONAL

DEPOK, (PRLM).-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). terus menelusuri aliran dana kasus korupsi impor daging sapi yang melibatkan Ahmad Fatanah selain kepada Ayu Azhari dan Vitalia Shesya. Saat ini KPK masih mengumpulkan bukti - bukti dan memanggil pihak yang terkait dengan kasus tersebut.

"Kami akan terus periksa, fokus kepada kemana aliran dana tersebut,"ujar Wakil Ketua KPK Busyro Muqaddas dalam diskusi di Bank Jabar Banten, Depok, Selasa (7/5/2013).

Dia mengatakan, terakhir dana tersebut sempat mengalir ke artis cantik Ayu Azhari, dan Vitalia. Saat ini baru dua selebritis itu yang diperiksa.

Namun pihaknya terus mengumpulkan bukti - bukti dan memanggil pihak yang terkait. "Semuanya terus diperiksa, kalau masih perlu dipanggil lagi akan kami periksa lagi," ujarnya.

Selain Vitalia, artis Ayu Azhari juga menerima uang sebanyak Rp20 juta dan USD 1.800 dari Fathanah. Menurut Ayu, uang tersebut untuk kampanye calon dari PKS di sejumlah daerah.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita uang tersebut dari tangan Ayu Azhari yang diduga pemberian dari Ahmad Fathanah.

Namun meski telah mengembalikan sejumlah uang dan barang yang diperoleh dari tersangka kasus suap impor daging Sapi, Ahmad Fathanah, bukan berarti Ayu Azhari akan lepas begitu saja. Busyro berkata KPK bisa kembali memanggil Ayu jika masih diperlukan pemeriksaan lanjutan dalam proses penyelidikan.

Busyro menegaskan bahwa yang saat ini KPK lakukan adalah dalam rangka pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Jika benar ditemukan pada selain Ayu Azhari dan model cantik Vitalia Sesha, Busyro menegaskan maka harta itu akan disita.

Namun, kata dia, KPK belum bisa menjerat Ayu Azhari dan Vitalia dengan UU TPPU. "Belum sampai ke TPPU, nanti kita lihat perkembangannya ya," kata dia. (A-185/A-89)***

Baca Juga

Pangarmatim Beri Reward Prajurit yang Berprestasi

NASIONAL

SURABAYA, (PRLM).- Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H, M.A.P memberikan penghargaan (reward) kepada 23 prajurit Koarmatim mulai pangkat tamtama, bintara, perwira dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berprestasi di bidang olah raga dan profesiona

Sidang Mahkamah Konstitusi, KPK Lepas Tangan Terkait Bukti Rekaman Kriminalisasi

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Komisi Pemberantasan Korupsi lepas tangan terkait keberadaan bukti kriminalisasi lembaga antirasuah tersebut.

Sikap lepas tangan KPK terlihat dalam sidang judicial review (uji materi) pasal 32 ayat (2) Undang - Undang KPK di Mahkamah Konstitusi, Selasa (30/6/2015).

Evakuasi Puing-puing Hercules Ditargetkan Selesai Hari Ini

NASIONAL
MEDAN, (PRLM).- Proses evakuasi jenazah dan pemindahan puing-puing pesawat Hercules C-130 di Jalan Jaming Ginting, Medan, Sumatra Utara, ditargetkan sel

Alutsista Tua Ancaman Kader Bangsa Terbaik

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) tua semacam pesawat Hercules yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6/2015) menjadi ancaman keselamatan bagi kader-kader bangsa terbaik di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).