KPK Terus Telusuri Aliran Dana Kasus Korupsi Kuota Impor Daging Sapi

NASIONAL

DEPOK, (PRLM).-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). terus menelusuri aliran dana kasus korupsi impor daging sapi yang melibatkan Ahmad Fatanah selain kepada Ayu Azhari dan Vitalia Shesya. Saat ini KPK masih mengumpulkan bukti - bukti dan memanggil pihak yang terkait dengan kasus tersebut.

"Kami akan terus periksa, fokus kepada kemana aliran dana tersebut,"ujar Wakil Ketua KPK Busyro Muqaddas dalam diskusi di Bank Jabar Banten, Depok, Selasa (7/5/2013).

Dia mengatakan, terakhir dana tersebut sempat mengalir ke artis cantik Ayu Azhari, dan Vitalia. Saat ini baru dua selebritis itu yang diperiksa.

Namun pihaknya terus mengumpulkan bukti - bukti dan memanggil pihak yang terkait. "Semuanya terus diperiksa, kalau masih perlu dipanggil lagi akan kami periksa lagi," ujarnya.

Selain Vitalia, artis Ayu Azhari juga menerima uang sebanyak Rp20 juta dan USD 1.800 dari Fathanah. Menurut Ayu, uang tersebut untuk kampanye calon dari PKS di sejumlah daerah.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita uang tersebut dari tangan Ayu Azhari yang diduga pemberian dari Ahmad Fathanah.

Namun meski telah mengembalikan sejumlah uang dan barang yang diperoleh dari tersangka kasus suap impor daging Sapi, Ahmad Fathanah, bukan berarti Ayu Azhari akan lepas begitu saja. Busyro berkata KPK bisa kembali memanggil Ayu jika masih diperlukan pemeriksaan lanjutan dalam proses penyelidikan.

Busyro menegaskan bahwa yang saat ini KPK lakukan adalah dalam rangka pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Jika benar ditemukan pada selain Ayu Azhari dan model cantik Vitalia Sesha, Busyro menegaskan maka harta itu akan disita.

Namun, kata dia, KPK belum bisa menjerat Ayu Azhari dan Vitalia dengan UU TPPU. "Belum sampai ke TPPU, nanti kita lihat perkembangannya ya," kata dia. (A-185/A-89)***

Baca Juga

Penutupan Jalur Pendakian Selo Diperpanjang

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Pencinta petualangan, terutama pendakian ke Gunung Merapi, dari wilayah Selo, Boyolali harus bersabar karena penutupan pendakian diperpanjang, dari semula 15-30 Mei ("PR" Online 22/5/2015) diteruskan sampai 15 Juni.

Kanwil BPN Jatim Pimpin Korps Alumni Agraria

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Musyawarah Nasional Keluarga Alumni Perguruan Tinggi (Kapti) Agraria ke-5 menetapkan Muhtar Deluma sebagai ketua umum.

Transportasi Barang dan Jasa

Pembangunan Tol Trans Sumatera dalam Tiga Tahap

NASIONAL

SABAHBALAU, (PRLM).- Rencana pembangunan segmentasi konstruksi jalan Tol Trans Sumatera di Lampung akan dibangun tiga tahap. Jalan tol direncanakan melintasi Bakauheni, Lampung Selatan melewati sebelah Timur Kota Bandar Lampung hingga Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Pukat Nilai Penangkapan Novel tak Jelas

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).-Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM menilai penangkapan penyidik KPK, Novel Baswedan yang dilakukan oleh Bareskrim Polri tidak jelas.