KPK Terus Telusuri Aliran Dana Kasus Korupsi Kuota Impor Daging Sapi

NASIONAL

DEPOK, (PRLM).-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). terus menelusuri aliran dana kasus korupsi impor daging sapi yang melibatkan Ahmad Fatanah selain kepada Ayu Azhari dan Vitalia Shesya. Saat ini KPK masih mengumpulkan bukti - bukti dan memanggil pihak yang terkait dengan kasus tersebut.

"Kami akan terus periksa, fokus kepada kemana aliran dana tersebut,"ujar Wakil Ketua KPK Busyro Muqaddas dalam diskusi di Bank Jabar Banten, Depok, Selasa (7/5/2013).

Dia mengatakan, terakhir dana tersebut sempat mengalir ke artis cantik Ayu Azhari, dan Vitalia. Saat ini baru dua selebritis itu yang diperiksa.

Namun pihaknya terus mengumpulkan bukti - bukti dan memanggil pihak yang terkait. "Semuanya terus diperiksa, kalau masih perlu dipanggil lagi akan kami periksa lagi," ujarnya.

Selain Vitalia, artis Ayu Azhari juga menerima uang sebanyak Rp20 juta dan USD 1.800 dari Fathanah. Menurut Ayu, uang tersebut untuk kampanye calon dari PKS di sejumlah daerah.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita uang tersebut dari tangan Ayu Azhari yang diduga pemberian dari Ahmad Fathanah.

Namun meski telah mengembalikan sejumlah uang dan barang yang diperoleh dari tersangka kasus suap impor daging Sapi, Ahmad Fathanah, bukan berarti Ayu Azhari akan lepas begitu saja. Busyro berkata KPK bisa kembali memanggil Ayu jika masih diperlukan pemeriksaan lanjutan dalam proses penyelidikan.

Busyro menegaskan bahwa yang saat ini KPK lakukan adalah dalam rangka pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Jika benar ditemukan pada selain Ayu Azhari dan model cantik Vitalia Sesha, Busyro menegaskan maka harta itu akan disita.

Namun, kata dia, KPK belum bisa menjerat Ayu Azhari dan Vitalia dengan UU TPPU. "Belum sampai ke TPPU, nanti kita lihat perkembangannya ya," kata dia. (A-185/A-89)***

Baca Juga

Muktamar Ke-47 Muhammadiyah

Muhammadiyah Peduli Isu Krisis Air

NASIONAL

MAKASSAR, (PRLM).- Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin menyatakan, kepengurusan Muhammadiyah yang baru mesti melanjutkan peneguhan sikap pandangan Muhammadiyah pada Pancasila dan darul syahada, yang mampu memberi andil bagi kemajuan bangsa.

Kementerian ESDM Lakukan Penguatan Kegunungapian

NASIONAL

YOGYAKARTA,(PRLM).- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan melakukan penguatan Badan Geologi sehingga lembaga tersebut memiliki keunggulan di berbagai bidang termasuk teknologi dan keilmuan.

Muktamar Ke-47 Muhammadiyah

Haedar Direstui Pimpin Muhammadiyah

NASIONAL
Haedar Direstui Pimpin Muhammadiyah

MAKASSAR, (PRLM).- Dr Haedar Nashir, putra asli Jawa Barat yang berkiprah di Muhammadiyah, mengukirkan sejarah dengan memimpin organisasi berlambang matahari lima tahun ke depan.

Sultan Lantik Gatot Jadi Plt Bupati Sleman

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, melantik Gatot Saptadi sebagai Penjabat sementara atau Plt Bupati Sleman, di Bangsal Kepatihan, Senin (10/8/2015).