KPU Kota Bandung Tetapkan Delapan Bapaslon Telah Penuhi Semua Persyaratan

POLITIK
KETUA Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung, Appipudin (kedua kiri) didampingi jajarannya menyampaikan pemaparan saat acara Penetapan dan Pengumuman  Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung yang memenuhi persyaratan di Kantor KPU Kota Bandung, Jln
ARMIN ABDUL JABBAR/PRLM
KETUA Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung, Appipudin (kedua kiri) didampingi jajarannya menyampaikan pemaparan saat acara Penetapan dan Pengumuman Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung yang memenuhi persyaratan di Kantor KPU Kota Bandung, Jln. Soekarno-Hatta, Selasa (7/5/2013). *

BANDUNG, (PRLM).- KPU Kota Bandung menetapkan delapan bakal pasangan calon (bapaslon) lolos dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013.

Kedelapan bapaslon tersebut dinyatakan telah memenuhi semua persyaratan untuk maju sebagai pasangan calon.

"Bahwa berdasarkan uraian pokja pencalonan dalam rapat pleno, dapat disimpulkan kedelapan bapaslon telah memiliki dasar hukum yang kuat untuk ditetapkan sebagai pasangan calon dalam Pilwalkot Bandung 2013," kata Ketua KPU Kota Bandung Apipudin saat mengumumkan hasil rapat pleno penetapan pasangan calon di Aula KPU Kota Bandung, Selasa (7/5/13).

Apipudin menambahkan, delapan bapaslon yang lolos ditetapkan melalui SK yang disampaikan kepada tim kampanye masing-masing kandidat..

Seperti diketahui, delapan bapaslon yang lolos tersebut adalah Wawan Dewanta-M Sayogo, Wahyudin Karnadinata-Toni Aprilani, Budi Setiawan-Rizal Firdaus, Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim, Edi Siswadi-Erwan Setiawan, MQ Iswara-Asep Dedy Ruyadi, Ayi Vivananda-Nani Suryani, Ridwan Kamil-Oded M Danial.

Apipudin menuturkan, proses penetapan pasangan calon diawali serangkaian tahapan yang harus dilalui setiap bapaslon.

"Setelah menerima berkas pendaftaran pada 10 Februari-17 Maret 2013, kami melakukan penelitian yang hasilnya disampaikan kepada tim kampanye. Setelah itu dilakukan verifikasi tahap pertama serta dilakukan perbaikan berkas pendaftaran bapaslon yang belum lengkap dari 1-14 April 2013," ucapnya

Dari hasil pemeriksaan, Apipudin menuturkan semua berkas persyaratan dinyatakan lengkap setelah KPU melakukan verifikasi administrasi dan faktual. Berkas persyaratan tersebut berupa berupa dukungan parpol, dukungan perseorangan, persyaratan individu bapaslon.

"Semua bapaslon juga telah mengikuti pemeriksaan kesehatan pada 22-24 Maret 2013. Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang ditandatangani dokter, semua bapaslon dinyatakan mampu secara jasmani rohani," ujar Apipudin.

Seusai penetapan dan pengumuman pasangan calon, beberapa tim sukses menyambut gembira keputusan KPU meloloskan delapan kandidat untuk maju dalam Pilwalkot Bandung 2013. (A-201/A-89)***

Baca Juga

Mendagri Tawarkan Tiga Opsi soal Calon Tunggal Pilkada

POLITIK
JAKARTA, (PRLM).– Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menawarkan tiga opsi apabila muncul calon tunggal di sejumlah daerah pada pelaksanaan pilkada serentak.
 

Banyak Pejabat dan Tokoh Senang Jadi Kepala Tikus

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menuturkan masalah krusial yang dihadapinya selama delapan bulan menjadi menteri.

Pilkada Serentak 2015

Presiden tak Mau Keluarkan Perppu

POLITIK

BOGOR,(PRLM).- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dipastikan tidak akan mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu). Hal ini dikemukakan Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) Husni Kamil Manik di Istana Bogor, Selasa (5/8/2015) setelah bertemu dengan Jokowi.

Pilkada Serentak 2015

Di Dunia, Belum Ada Model Pilkada Serentak

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-Peneliti LIPI Siti Zuhro menegaskan Pilkada serentak ini belum ada rule model-nya di dunia, dan Indonesia baru melaksanakan yang pertama kali pada 9 Desember 2015 mendatang.