Akta Kelahiran Usia 60 Hari ke Atas Kini tak Perlu Penetapan Pengadilan Lagi

SOREANG, (PRLM).- Pengurusan akta kelahiran untuk anak-anak yang berusia di atas 60 hari maupun setahun kini makin mudah dan murah. Anak-anak yang berusia di atas setahun dan belum memiliki akta kelahiran kini tak perlu lagi harus mengurus surat penetapan ke Pengadilan Negeri (PN) terlebih dulu.

"Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 18/PUU-XI/2013 tertanggal 30 April 2013 sehingga mulai 1 Mei keputusan ini langsung berlaku efektif," kata Kabid Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kab. Bandung, Iwan Ridwan, di ruang kerjanya, Selasa (7/5/13).

Selama ini untuk anak-anak yang berusia di atas setahun sesuai dengan UU No. 23/2006 pasal 32 ayat (2) mewajibkan anak-anak berusia setahun harus mendapatkan penetapan PN sebelum mengurus akta kelahiran.

"Untuk mendapatkan putusan PN itu tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Dari putusan PN Bale Bandung untuk mendapatkan penetapan PN ditetapkan biaya Rp 250.000 untuk warga yang mampu dan warga tak mampu Rp 141.000," katanya.

Namun ketentuan itu tak berlaku lagi dengan adanya keputusan MK. "Bahkan MKsudah menyebarkan surat keputusan kepada pengadilan-pengadilan agar meniadakan sidang penetapan akta kelahiran. Disdukcasip Kab. Bandung mulai 1 Mei langsung melayani masyarakat untuk akta kelahiran tanpa adanya surat penetapan PN," katanya. (A-71/A-88)***

Baca Juga

Emil Curhat Rumitnya "Ngobrol" dengan DPRD

BANDUNG, (PR).-Wali Kota Bandung Ridwan Kamil curhat perihal rumitnya dinamika politik dalam merumuskan kebijakan-kebijakan kota. Satu dari sekian banyak hambatan adalah komunikasi dengan DPRD.

Cegah Penyebaran Virus Zika Dengan "3M Plus"

BANDUNG, (PR),- Pencegahan penyebaran virus zika sama seperti pencegahan terhadap penyakit demam berdarah dengue dan chikungunya. Langkah yangbisa dilakukan adalah pemberantasan sarang nyamuk dan gerakan "3M plus".

Warga Tolak Ajukan Izin Sewa Lahan ke PT KAI

BANDUNG, (PR).- Warga terdampak penggusuran di Jalan Setasiun Barat menolak mengajukan izin sewa lahan ke PT KAI untuk berdagang lagi. Mereka bersikukuh hanya akan bernegosiasi dengan Pemkot Bandung yang pernah menjanjikan relokasi dan lahan jualan lagi pada mereka.

Locafore Jazz Festival Kembali Hadir di Kota Baru Parahyangan

NGAMPRAH, (PR).- Locafore Art Design and Jazz Festival kembali hadir di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat setelah tahun lalu tertunda pelaksanaannya. Festival musik jazz, desain, dan kesenian itu akan berlangsung pada 3-4 September 2016.