Kependudukan

Akta Kelahiran Usia 60 Hari ke Atas Kini tak Perlu Penetapan Pengadilan Lagi

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Pengurusan akta kelahiran untuk anak-anak yang berusia di atas 60 hari maupun setahun kini makin mudah dan murah. Anak-anak yang berusia di atas setahun dan belum memiliki akta kelahiran kini tak perlu lagi harus mengurus surat penetapan ke Pengadilan Negeri (PN) terlebih dulu.

"Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 18/PUU-XI/2013 tertanggal 30 April 2013 sehingga mulai 1 Mei keputusan ini langsung berlaku efektif," kata Kabid Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kab. Bandung, Iwan Ridwan, di ruang kerjanya, Selasa (7/5/13).

Selama ini untuk anak-anak yang berusia di atas setahun sesuai dengan UU No. 23/2006 pasal 32 ayat (2) mewajibkan anak-anak berusia setahun harus mendapatkan penetapan PN sebelum mengurus akta kelahiran.

"Untuk mendapatkan putusan PN itu tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Dari putusan PN Bale Bandung untuk mendapatkan penetapan PN ditetapkan biaya Rp 250.000 untuk warga yang mampu dan warga tak mampu Rp 141.000," katanya.

Namun ketentuan itu tak berlaku lagi dengan adanya keputusan MK. "Bahkan MKsudah menyebarkan surat keputusan kepada pengadilan-pengadilan agar meniadakan sidang penetapan akta kelahiran. Disdukcasip Kab. Bandung mulai 1 Mei langsung melayani masyarakat untuk akta kelahiran tanpa adanya surat penetapan PN," katanya. (A-71/A-88)***

Baca Juga

Karang Taruna Dukung Arahan Ridwan Kamil

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Karang Taruna Kota Bandung mengimbau seluruh unit Karang Taruna di Kota Bandung untuk tidak meminta sumbangan yang mengganggu lalu lintas di jalan. Imbauan tersebut sesuai arahan Wali Kota Bandung, Ridwani Kamil.

PMI Kota Bandung Bantu Sediakan Air Bersih di 3 Kecamatan

BANDUNG RAYA
PMI Kota Bandung Bantu Sediakan Air Bersih di 3 Kecamatan

BANDUNG, (PRLM).- Kebutuhan air bersih warga tiga kecamatan krisis air bersih setiap hari terbantu distribusi PMI Kota Bandung. Kebutuhan air bersih wilayah Bandung timur dan selatan semakin meningkat akibat sumur warga mulai mengering, pabrik dan PDAM mengurangi jatah pasokan air.

Stok Daging Sapi Ludes Dalam Waktu 1 Jam

BANDUNG RAYA
OPERASI pasar daging sapi yang dilakukan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) bekerja sama dengan Bulog disambut antusias oleh masyarakat Cimahi.*

CIMAHI, (PRLM).- Mengantisipasi kelangkaan daging sapi akibat aksi mogok jualan pedagang daging sapi di Kota Cimahi, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) bekerja sama dengan Bulog menggelar operasi pasar (OP) daging sapi di 2 lokasi pasar tradisional di Kot

Bunuh Mantan Pacar, Wanda Dituntut 18 Tahun Penjara

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Wanda Zaki (17), terdakwa kasus pembunuhan terhadap siswi SMKN 1 Bandung, Yusi Husaeni (18), dituntut 18 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bandung.