Akta Kelahiran Usia 60 Hari ke Atas Kini tak Perlu Penetapan Pengadilan Lagi

SOREANG, (PRLM).- Pengurusan akta kelahiran untuk anak-anak yang berusia di atas 60 hari maupun setahun kini makin mudah dan murah. Anak-anak yang berusia di atas setahun dan belum memiliki akta kelahiran kini tak perlu lagi harus mengurus surat penetapan ke Pengadilan Negeri (PN) terlebih dulu.

"Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 18/PUU-XI/2013 tertanggal 30 April 2013 sehingga mulai 1 Mei keputusan ini langsung berlaku efektif," kata Kabid Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kab. Bandung, Iwan Ridwan, di ruang kerjanya, Selasa (7/5/13).

Selama ini untuk anak-anak yang berusia di atas setahun sesuai dengan UU No. 23/2006 pasal 32 ayat (2) mewajibkan anak-anak berusia setahun harus mendapatkan penetapan PN sebelum mengurus akta kelahiran.

"Untuk mendapatkan putusan PN itu tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Dari putusan PN Bale Bandung untuk mendapatkan penetapan PN ditetapkan biaya Rp 250.000 untuk warga yang mampu dan warga tak mampu Rp 141.000," katanya.

Namun ketentuan itu tak berlaku lagi dengan adanya keputusan MK. "Bahkan MKsudah menyebarkan surat keputusan kepada pengadilan-pengadilan agar meniadakan sidang penetapan akta kelahiran. Disdukcasip Kab. Bandung mulai 1 Mei langsung melayani masyarakat untuk akta kelahiran tanpa adanya surat penetapan PN," katanya. (A-71/A-88)***

Baca Juga

Bandung Kembangkan Wisata Legenda

BANDUNG, (PR).- Kabupaten Bandung punya cara unik mendatangkan wisatawan. Literasi cerita-cerita budaya, kisah legenda atau mitos yang ada di Kabupaten Bandung dijadikan senjata pamungkas yang akan dikolaborasikan dengan kekuatan adat setempat.

Banjir, Sejumlah Akses Jalan Tak Bisa Dilalui

SOREANG,(PR).-Kamis 28 April 2016, banjir masih menggenangi sejumlah kawasan di Kabupaten Bandung. Sejumlah akses jalan pun digenangi luapan air banjir yang berasal dari Sungai Citarum. Para pengguna jalan terpaksa harus mencari jalur lain karena jalan yang biasa dilalui tergenang banjir.

Waspada, Jalan Berlubang Mulai Banyak di Bandung

BANDUNG, (PR).- Warga mengeluhkan lubang yang banyak muncul di jalan-jalan Kota Bandung akibat gerusan air cileuncang. Selain menghambat laju lalu-lintas, lubang-lubang ini juga membahayakan para pengguna jalan.