Kependudukan

Akta Kelahiran Usia 60 Hari ke Atas Kini tak Perlu Penetapan Pengadilan Lagi

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Pengurusan akta kelahiran untuk anak-anak yang berusia di atas 60 hari maupun setahun kini makin mudah dan murah. Anak-anak yang berusia di atas setahun dan belum memiliki akta kelahiran kini tak perlu lagi harus mengurus surat penetapan ke Pengadilan Negeri (PN) terlebih dulu.

"Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 18/PUU-XI/2013 tertanggal 30 April 2013 sehingga mulai 1 Mei keputusan ini langsung berlaku efektif," kata Kabid Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kab. Bandung, Iwan Ridwan, di ruang kerjanya, Selasa (7/5/13).

Selama ini untuk anak-anak yang berusia di atas setahun sesuai dengan UU No. 23/2006 pasal 32 ayat (2) mewajibkan anak-anak berusia setahun harus mendapatkan penetapan PN sebelum mengurus akta kelahiran.

"Untuk mendapatkan putusan PN itu tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Dari putusan PN Bale Bandung untuk mendapatkan penetapan PN ditetapkan biaya Rp 250.000 untuk warga yang mampu dan warga tak mampu Rp 141.000," katanya.

Namun ketentuan itu tak berlaku lagi dengan adanya keputusan MK. "Bahkan MKsudah menyebarkan surat keputusan kepada pengadilan-pengadilan agar meniadakan sidang penetapan akta kelahiran. Disdukcasip Kab. Bandung mulai 1 Mei langsung melayani masyarakat untuk akta kelahiran tanpa adanya surat penetapan PN," katanya. (A-71/A-88)***

Baca Juga

MUI Kab. Bandung Bentuk Majelis Taklim Wanita

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Majelis Ulama Indonesia (MuI) Kab. Bandung membentuk Majelis Taklim Wanita (MTW) Rahmatul Ummat dengan pelantikannya di Gedung Ormas Islam, Selasa (7/4/2015). Kepengurusan MTW Rohmatul Ummat sampai cabang di 31 kecamatan yang ada.

Warga Bisa Gunakan Lagi Jembatan Mandalahaji

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Setelah rusak parah akibat dihantam banjir bandang pada tahun 2012 lalu akhirnya jembatan Mandalahaji dibangun dan siap diresmikan, Kamis (9/4/2015). Pembangunan jembatan membutuhkan anggaran tak kurang dari Rp 2,6 miliar dari APBD Kab. Bandung.

Lanud Sulaiman Peringati HUT TNI AU

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Upacara peringatan hari Jadi ke-69 Angkatan Udara dilaksanakan di lapangan apel staf II Lanud Sulaiman, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Kamis (9/4/2015), dengan inspektur upacara Asisten Intelijen Kaskorpaskhas Kolonel Psk Bambang Haryono.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Polda Jabar Dampingi Tim BPKP dan Mabes Polri, Usut GBLA

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama penyidik Mabes Polri didampingi penyidik Polda Jabar, mendatangi lagi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk keempat kalinya dalam rangka penyidikan Tindak Pindana Korupsi stadion bertaraf internasional tersebut.