Headlines

Cipta Kreasi Lagu Spirit For Persib"

PRLM - Harian Pikiran Rakyat selama ini dianggap sebagai media massa yang berpengaruh di Jawa Barat. Demikian juga dengan Persib, yang menjadi magnet bagi ribuan penggemar sepak bola di Jawa Barat. Kini, kedua ikon beda bidang di Jawa Barat ini bersinergi dalam urusan musik. Gelaran cipta kreasi lagu untuk Persib diadakan oleh Pikiran Rakyat dengan tajuk “Spirit For Persib”, yang berhadiah total Rp 50 juta.

Selain itu, sepuluh pemenang bakal dibikinkan album kompilasi dan juara favorit akan dibuatkan video klipnya. Pula, promo *road show* di berbagai kota telah menanti kesepuluh pemenang tersebut. Program “Spirit For Persib” ini diharapkan bukan hanya memunculkan lagu yang berpotensi menjadi yel-yel *bobotoh* di stadion, tetapi juga mendorong lahirnya musisi lokal bertalenta untuk diorbitkan di level nasional.

Walaupun diutamakan grup musik atau band, musisi solo juga diperbolehkan menjadi peserta. Jawa Barat, terutama Bandung, yang telah dianggap sebagai episentrum pergerakan musik tanah air, dengan ditandai maraknya kemunculan band-band indie berkualitas, menjadi salah satu landasannya. Ketua Panitia “Spirit For Persib”, Ricky Primansyah menjelaskan hal tersebut di sela-sela *technical meeting* program “Spirit For Persib” di Bober Tropica, Jln. LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (2/5/13) lalu.

Ricky menyebutkan, mekanisme persyaratan untuk “Spirit For Persib” terdiri atas beberapa hal. Di antaranya ialah peserta merupakan Warga Negara Indonesia dan masyarakat Jawa Barat, yang berusia maksimal 30 tahun. Aransemen musik dan lirik lagu merupakan karya orisinal yang tidak mengandung unsur politik ataupun SARA.

Walaupun genre musiknya tidak dibatasi, Ricky mengatakan, muatan lirik harus harus memberikan inspirasi dan bisa menjadi penyemangat.

“Formulir pendaftaran bisa diperoleh di kantor Markom PR, Jalan Asia-Afrika 77, Bandung atau di kantor PRFM, Jalan Braga. Formulir juga bisa diunduh di *website* www.pikiran-rakyat.com. Informasi jelasnya ada di *website*itu juga. Yang pasti, setiap lagu harus dikirimkan dalam bentuk CD dengan format mp3. Harus disertakan pula lirik lagu, foto peserta, formulir pendaftaran, dan kupon pendaftaran yang bisa didapat di koran "PR",” ucapnya.

Pendaftaran peserta di program “Spirit For Persib” ini tidak dibebani biaya. Setiap karya lagu bisa dikirimkan ke *drop box* yang tersedia di kantor "PR", kantor PRFM, serta kantor perwakilan "PR" di Tasikmalaya, Cirebon, Garut, Purwakarta, Bogor, dan Sukabumi hingga batas akhir pengiriman pada 22 Mei 2013.

“Untuk *road to program* ‘Spirit For Persib’ ini, kami juga menggelar *activation* di Car Free Day (CFD). Jadi bakal ada senam pagi, *live performance* dan berbagai *games* di enam kota, yaitu Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Purwakarta, Bogor, dan Sukabumi,” tambah Ricky.

Lagu-lagu terbaik, kata Ricky, bakal dipilih oleh jajaran juri yang telah berpengalaman di dunia musik. Mereka adalah Noey (produser musik dan pendiri Java Jive), Budi Arab (pendiri Time Bomb Blues), Ully (vokalis The Timebomb), Didong (pentolan Didong n Friends), dan Milly Malia Mildawani (Redaktur Hiburan "PR").

Noey menuturkan, setelah pengiriman demo lagu ditutup pada 22 Mei 2013, dewan juri bakal memilih 20 band untuk ditampilkan dalam *live* audisi pada tiga minggu kemudian. Sepuluh pemenang bakal langsung diumumkan beberapa saat setelah 20 band tersebut menampilkan performanya.

“Walaupun cipta kreasi lagu ini didedikasikan untuk Persib, tetapi kami tidak mengharuskan lirik lagunya memuat kata Persib. Aransemennya juga tidak harus *upbeat*. Yang penting lirik dan musiknya bagus dan bisa memberikan inspirasi bagi Persib. Siapa tahu, yang tadinya hanya suka musik bisa jadi ikutan suka Persib. Atau sebaliknya, karena ingin memberi dukungan kepada Persib, kreativitas bermusik seseorang jadi terangsang,” kata Noey. (Hendro Susilo/”PR”/A-88)***

×